Home
Artikel
Pendidikan
Pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMK
Pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMK - Waktu Ujian telah tiba, saatnya anda calon lulusan SMK harus menentukan langkah dari sekarang, tentunya dengan memilih pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMK. 

Bagi anda yang setelah lulus memilih kuliah saja maka tidak perlu mencari pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMK karena anda bisa menggunakan ijasah diploma/ sarjana untuk melamar pekerjaan kelak.

Pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMK

Sebelum lulus biasanya teman-teman SMK akan bingung untuk menentukan apakah mau bekerja atau kuliah. Kalau bekerja, tentunya mencari pekerjaan yang cocok untuk alumni SMK.

Lulus SMK mau kuliah atau bekerja? 

Jika Kuliah, Perguruan Tinggi (Universitas) dan Jurusan apa yang cocok?

Baca: Jurusan di SMK yang memiliki peluang peluang masa depan menjanjikan

Jika Bekerja, Pekerjaan apa yang cocok untuk lulusan SMK ?
Kerja apa ?
Kerja dimana ?
Dan lain sebagainya

Itulah gambaran pemikiran dari sebagian besar calon lulusan SMK. Pemikiran yang demikian adalah wajar, sebab ketika sekolah di SMK sebagian besar berharap bahwa ketika lulus kelak akan bisa langsung kerja.

Harapan kadang bertolak belakang dengan kenyataan, karena kenyataanya menjelang atau setelah lulus SMK timbul keraguan dan ketidak yakinan bahwa setelah lulus kelak bisa langsung bekerja.

Bahkan sebagian masih bingung dengan pekerjaan apa yang cocok untuk lulusan SMK kelak. Hal ini bisa dimaklumi karena banyaknya persaingan dan terbatasnya lowongan kerja untuk alumni SMK.

Bagi anda yang akan/ atau baru lulus SMK bingung mau kuliah atau bekerja, berikut pencerahan yang bisa menjadi gambaran anda untuk melangkah.

1. Kuliah


Walaupun lulusan SMK difokuskan untuk bisa langsung bekerja, tetapi tidak sedikit lulusan SMK yang langsung kuliah setelah lulus.

Jika anda memiliki keinginan yang kuat, dan dukungan dari orang tua maupun keluarga juga kuat, maka saya sarankan jangan pikir panjang, langsung saja KULIAH. Tetapi jika tidak ada dukungan dari orang tua maupun keluarga, maka saya sarankan untuk BEKERJA kemudian setelah memiliki cukup biaya anda bisa melanjutkan untuk kuliah.

Pertanyaanya adalah:
  • Kerja apa? 
  • Kerja dimana? 
  • Pekerjaan apa yang cocok?
  • Dan lain sebagainya.

2. Bekerja


Walaupun kebanyakan lulusan SMK memilih untuk bekerja, tetapi sebagian dari mereka masih bingung untuk mencari dan menentukan jenis pekerjaan yang cocok untuk alumni SMK. Dengan modal keterampilan saat sekolah, anda bisa menentukan jenis pekerjaan sesuai dengan bakat minat yang anda miliki.

Pekerjaan yang sesuai dengan bakat minat (hobi) akan terasa lebih ringan untuk dikerjakan walaupun pekerjaan sesungguhnya berat. Berbeda jika pekerjaan yang anda lakukan tidak sesuai dengan bakat dan minat (hobi) anda maka akan terasa berat walaupun jenis pekerjaanya ringan.

Alumni SMK biasanya sudah terlatih dan memiliki keterampilan (SKILL) yang baik untuk bekerja, sebab pelajaran di SMK sebagian besar adalah pelajaran Praktik (Produktif) yang merupakan ruh dari SMK itu sendiri. 

Selain pelajaran produktif yang porsinya banyak, anak SMK juga diwajibkan untuk magang/ Prakerin/ PKL (Praktik Kerja Lapangan) selama antara 3 sampai 6 bulan diperusahaan.

Dengan bekal pernah PKL inilah maka anak SMK sudah siap bekerja setelah lulus. Hanya saja sebagian besar dari anak SMK ini masih bingung untuk kerja apa.

Lalu pekerjaan yang cocok untuk Lulusan SMK itu apa?

Baca: Prospek SMK Jurusan Teknik Sepeda Motor

Berikut ini jenis pekerjaan yang cocok untuk lulusan (alumni) SMK:

a. Teknisi

Untuk alumni SMK Teknik, pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang cocok, sebab urusan teknis seperti ini sudah menjadi makanan sehari hari bagi anak SMK teknik. Dengan berbekal pengalaman ketika PKL dan juga mata pelajaran praktik disekolah alumni SMK harusnya telah siap untuk menjadi teknisi.

Teknisi apa yang cocok?

Untuk menjadi teknisi yang handal, maka anda harus menguasai secara teknis trouble shooting pada mesin maupun peralatan/perangkat sesuai dengan jurusanya pada saat di SMK.

contoh :

  • IT SUPPORT (untuk alumni SMK jurusan TKJ)
  • Instalasi Jaringan Internet (untuk alumni SMK jurusan TKJ)
  • Jasa Service Komputer (untuk alumni SMK jurusan TKJ)
  • Jasa Maintenance alat berat (untuk alumni SMK jurusan Pemesinan)
  • Operator Mesin (untuk alumni SMK jurusan Teknik Mesin)
  • Operator Instalasi Listrik (untuk alumni SMK jurusan instalasi listrik)
  • Teknisi Listrik (untuk alumni SMK jurusan instalasi listrik)
  • Mekanik mobil (untuk alumni SMK jurusan Otomotif kendaraan ringan)
  • Dll

b. TNI/ POLRI

Menjadi TNI/ Polri adalah pekerjaan yang favorit bagi kalangan anak muda sekarang, begitu juga alumni SMK yang tak sedikit menginginkan pekerjaan ini. Menjadi TNI/Polri persyaratanya cukup mudah, salah satunya adalah lulusan SMA/SMK. Berbeda dengan pekerjaan ASN yang lain yang mensyaratkan harus lulus D3/D4/S1/S2 dan keterampilan khusus lainya.

Bagi alumni SMA sebaiknya untuk mendaftar Taruna TNI maupun POLRI. Biasanya SMA jurusan IPA yang bisa mendaftar untuk BINTARA dan TAMTAMA. 

Baca: Persyaratan Pendaftaran TNI AD/AU/AL

c. Programmer

Programmer merupakan pekerjaan khusus yang berkaitan dengan kode-kode program komputer untuk membuat aplikasi. Pekerjaan ini cocok untuk alumni SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) yang memang memiliki kompetensi coding.

d. Desainer

Desainer merupakan pekerjaan khusus yang berkaitan dengan program komputer desain grafis untuk merancang desain. Yang cocok untuk menjadi desainer adalah SMK jurusan Desain Grafis, SMK jurusan Teknik Gambar Bangunan, SMK jurusan multimedia, dll

e. Perkantoran

Menjadi karyawan perkantoran biasanya menjadi kebanggan tersendiri bagi karyawan lulusan SMK. Penampilan rapi, bersih dan disiplin merupakan ciri utama dari pekerja kantoran. Pekerjaan ini cocok untuk lulusan SMK jurusan Perkantoran, Akuntansi, RPL, perbankan, dll.

f. Koki atau Chef Hotel dan Restoran

Menjadi Koki atau Chef Hotel dan Restoran merupakan pekerjaan yang cocok untuk alumni SMK Jurusan Tata Boga, Perhotelan dan sejenisnya. Jenis pekerjaan seperti ini biasanya berada di Hotel, Restoran, Kafe, dan Sejenisnya.

g. Bisnis Online maupun Konvensional

Dunia Bisnis telah berkembang sangat pesat, munculnya Marketplace, Online Shop dan sejenisnya telah membuka peluang bagi anak muda jaman sekarang untuk membuka usaha/ bisnis. Jenis pekerjaan ini tidak terikat oleh ruang dan waktu karena pekerjaan ini dapat dilakukan kapanpun dan dari manapun melalui jaringan internet. 

Contohnya dengan menjadi Dropshiper, membuka online shop, Reseller, Jasa iklan, dll..

Baca: Keunggulan SMK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

Demikian jenis pekerjaan yang cocok untuk alumni SMK. Jika kalian adalah lulusan SMK dan tidak kuliah, upayakan untuk tidak menganggur.

No comments