Iklan-header

Jurusan di SMK yang memiliki peluang masa depan menjanjikan

Jurusan di SMK yang memiliki peluang masa depan menjanjikan
Masa SLTA adalah masa transisi bagi perkembangan emosional anak, karena masa transisi inilah kamu yang merasa di usia ini harus berhati-hati dan jeli dalam melangkah. Bagi kamu yang sekarang masih duduk dibangku SMP maupun orang tua yang memiliki anak di SMP harus mengetahui peluang-peluang apa saja yang bisa diambil dalam menentukan Sekolah lanjutan. Setelah lulus dari SMP tentunya akan melanjutkan ke jenjang SLTA, nah di tingkat SLTA ada beberapa sekolah yang bisa dipilih antara lain SMA, SMK, dan MA. Sebagai orang tua maupun kamu yang masih duduk dibangku SMP tentunya harus mengetahui apa itu SMA/SMK/MA? Mulai dari Kurikulum, sistem pembelajaran sampai peluang-peluang apa saja yang bisa didapat dari jenjang tersebut. Peluang-peluang tersebut meliputi Peluang untuk melanjutkan studi (Kuliah) maupun peluang untuk bekerja atau bahkan berwiraswasta.

Baca : Perbedaan SMA dan SMK serta tips memilihnya

Dalam tulisan ini saya akan memberikan gambaran Jurusan di SMK yang memiliki peluang masa depan menjanjikan, peluang-peluang apa saja yang bisa kamu dapatkan kalau kamu melanjutkan ke SMK sesuai dengan jurusan yang ada di SMK. Kalau di Sekolah Menengah Atas (SMA) penjurusan dilakukan di kelas 11, yang berarti kamu belajar selama 1 tahun terlebih dahulu, baru kemudian kamu disuruh memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat yang biasanya berdasarkan nilai pada kelas 10. Berbeda dengani di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), kalau di SMK penjurusan akan langsung dilakukan sejak pertama mendaftar sehingga kamu langsung bisa memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat yang kamu miliki.

Bagi kamu yang masih bingung mau pilih jurusan apa di SMK, berikut ini jurusan di SMK  yang cukup menjanjikan untuk masa depan kamu. Setelah lulus dari SMK kamu bisa langsung bekerja maupun melanjutkan ke Perguruan Tinggi (Kuliah)

Jurusan Animasi
Jurusan di SMK yang memiliki peluang masa depan menjanjikan pertama adalah jurusan Animasi. Seperti halnya jurusan kuliah desain pada perguruan tinggi, jurusan Animasi di SMK ini kamu akan mempelajari bagaimana cara merancang dan membuat animasi, tentunya perancangan dan pembuatan animasi akan diajarkan dari tingkatan dasar terlebih dulu. Hal pertama yang akan kamu pelajari adalah basic animasi hingga pembuatan animasi dengan peralatan yang canggih.

Bagaimana prospek jurusan ini?.  Jurusan animasi di SMK ini bisa melakukan praktik kerja lapangan (PKL) di berbagai tempat yang ada kaitanya dengan media periklanan maupun perusahaan yang menggunakan animasi sebagai penunjang usahanya. Perusahaan periklanan, televisi dan industri perfilm-an sangat membutuhkan animator untuk menunjang produksinya. Dari sini kamu akan mendapatkan pengalaman kerja langsung sebagai animator yang dapat memudahkan kamu masuk di perusahaan tersebut karena telah menguasai dasar animasi.  Jika kamu mau melanjutkan kuliah jurusan Animasi, kamu sudah memiliki bekal dasar  ilmu animasi yang telah didapat di SMK sehingga memudahkan kamu dalam belajar. Apabila kamu tidak mau bekerja di perusahaan dan juga tidak kuliah, kamu bisa membuka usaha sendiri di bidang periklanan maupun perfilm-an


Jurusan Multimedia
Jurusan di SMK yang memiliki peluang masa depan menjanjikan berikutnya adalah jurusan Multimedia. Di jurusan Multimedia ini kamu akan mempelajari pengembangan web, perfilm-an, pengembangan multimedia, pengembangan permainan (game), hingga tentang produksi sinema dan perfilm-an.
Di SMK kamu tidak hanya belajar secara teori, tetapi kamu juga akan belajar secara praktik. Untuk pelajaran praktik tentu porsinya lebih banyak dari pada teorinya, karena memang tujuan dari SMK adalah memberi keterampilan khusus sehingga setelah lulus kamu akan menguasi Multimedia.

Di era digital seperti sekarang  ini, para lulusan jurusan Multimedia banyak banyak dicari. karena hampir semua perangkat digital membutuhkan seorang yang menguasai multimedia. Jadi kamu tidak usah ragu untuk masuk pada jurusan ini karena Pelajaran di SMK jurusan multimedia lebih banyak praktik. Alumni dari jurusan multimedia ini juga memiliki kesempatan yang luas untuk bekerja, kuliah maupun membuka usaha mandiri.

Jurusan Broadcasting
Jurusan di SMK yang memiliki peluang masa depan menjanjikan berikutnya adalah Broadcasting, Jurusan ini hampiir sama dengan Multimedia, jurusan Broadcasting ini juga menjadi salah satu jurusan di SMK yang cukup menjanjikan. Seperti yang  telah kita ketahui bahwa setiap hari media massa seperti televisi dan radio tumbuh dengan begitu pesatnya, baik televisi lokal maupun nasional yang bermunculan dari berbagai daerah seperti kabupaten maupun provinsi. Saat ini televisi juga telah merambah ke dunia maya yang bisa diakses melalui jaringan internet menggunakan saluran televisi streaming.

Semua yang dibutuhkan dalam media penyiaran seperti radio dan televisi merupakan broadcaster yang professional. Di SMK jurusan Broadcasting kamu akan diajarkan dan dilatih menjadi broadcaster yang profesional. Pada era kebebasan pers seperti saat ini, jurusan Broadcasting sangat dibutuhkan. Selain itu, lulusan jurusan Broadcasting juga bisa bekerja di production house yang tidak kalah maraknya seiring banyaknya program televisi.

Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan
Jurusan di SMK yang memiliki peluang masa depan menjanjikan berikutnya adalah jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan ini kamu akan mempelajari perangkat keras (hardware) komputer maupun laptop sebagai dasar/ media dalam pembangunan dan pengembangan jaringan komputer.

Di SMK jurusan ini kamu tidak hanya belajar teori perangkat keras komputer, tetapi kamu juga bakalan mempelajari bagaimana cara mendiagnosa dan memperbaiki kerusakan komputer maupun laptop. Kamu akan belajar secara praktik mulai dari perbaikan komputer/ laptop, pembuatan jaringan LAN, WAN maupun Internet dengan media dan perangkat terbaru. Selain itu, kamu juga bakalan di ajarkan bagaimana mengkonfigurasi perangkat jaringan seperti Mikrotik, Cisco, dll yang merupakan perangkat jaringan paling banyak digunakan oleh perusahaan saat ini. Kamu juga akan belajar mengkonfigurasi Server sehingga ketika kamu lulus siap menjadi Administrator Jaringan Muda yang dapat mengelola sistem jaringan skala kecil maupun menengah.

Baca : Daftar Matapelajaran SMK Jurusan TKJ
Peluang kerja dari jurusan SMK ini adalah: Operator komputer, Teknisi Komputer/ Laptop, Teknisi Jaringan, Sistem Administrator baik di instansi Pemerintah maupun di Perusahaan kecil dan juga perusahaan besar. Selain bekerja di perusahaan, lulusan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan juga bisa berwirausaha dengan membuka service dan penjualan komputer/ laptop, Jasa pemasangan jaringan komputer dan internet, provider internet, dll. Jurusan Teknik komputer ini juga memiliki peluang yang besar untuk melanjutkan ke perguruan tinggi baik di jurusan komputer maupun jurusan lainya

Di era informasi seperti sekarang  ini, para lulusan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan banyak dicari. karena hampir semua kantor membutuhkan seorang operator, teknisi komputer maupun teknisi jaringan. Jadi kamu yang memiliki hobi utak atik komputer maka tidak usah ragu untuk masuk pada jurusan ini.

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak
Jurusan di SMK yang memiliki peluang masa depan menjanjikan berikutnya adalah jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Di Rekayasa Perangkat Lunak ini kamu akan mempelajari perangkat lunak (Software) komputer sebagai dasar/ media dalam pembangunan dan pengembangan aplikasi komputer.

Di SMK jurusan ini kamu mempelajari bagaimana cara membuat dan mengembangkan software komputer. Kamu akan belajar secara praktik mulai dari perancangan, pembuatan dan pengembangan aplikasi (software). Selain itu, kamu juga bakalan di ajarkan bagaimana cara menangani projek pengembangan software yang biasanya di gunakan di perusahaan dalam melakukan olah data, transaksi data dan penyimpanan data secara terpusat di database.

Peluang kerja dari jurusan SMK ini adalah: Operator komputer, Teknisi Komputer/ Laptop, perancang dan pembuat program komputer (Programer) di instansi Pemerintah maupun di Perusahaan kecil dan juga perusahaan besar. Selain bekerja di perusahaan, lulusan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak juga bisa berwirausaha dengan membuka service dan penjualan komputer/ laptop, Jasa pembuatan program komputer, dll. Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak  ini juga memiliki peluang yang besar untuk melanjutkan ke perguruan tinggi baik di jurusan komputer maupun jurusan lainya

Di era informasi seperti sekarang  ini, para lulusan jurusan rekayasa perangkat lunak (programer) banyak dicari. karena hampir semua kantor membutuhkan seorang operator, teknisi komputer maupun programer. Jadi kamu yang memiliki hobi utak atik komputer dan membuat program komputer tidak usah ragu untuk masuk pada jurusan ini.

Jurusan di SMK yang memiliki peluang masa depan menjanjikan

Jurusan Farmasi
Jurusan di SMK yang memiliki peluang masa depan menjanjikan berikutnya Jurusan Farmasi di SMK menjadi salah satu jurusan yang perlahan tapi pasti menjadi jurusan yang cukup menjanjikan dimasa yang akan datang. Di jurusan ini kamu  akan belajar tentang bahan-bahan kimia sebagai bahan dasar obat-obatan hingga cara peracikan obat.

Untuk Praktik Kerja Lapangan (PKL) jurusan Farmasi ini dapat berkontribusi pada toko obat, Apotek hingga Rumah Sakit baik swasta maupun negeri sebagai tenaga Farmasi. Jurusan Farmasi juga bisa
Peluang kerja dari jurusan ini adalah: tenaga farmasi di toko obat, apotik, rumah sakit dan lain sebagainya. Jurusan farmasi  ini juga memiliki peluang yang besar untuk melanjutkan ke perguruan tinggi baik di jurusan kesehatan maupun jurusan lainya
Jurusan Analisis Kimia

Di jurusan ini kamu akan belajar mengenal seputar zat-zat kimia mulai dari manfaat dan bahayanya zat-zat tersebut serta menganalisisnya. Sekilas ketika dilihat dari jenjang pendidikannya, jurusan ini terlihat mudah, pelajaran-pelajaran di jurusan ini hanya seputar analisa saja. Tetapi sebaliknya, pada jurusan  analisis kimia ini menawarkan tantangan berat dan tidak bisa dianggap remeh karena kaitanya dengan zat-zat kimia.

Ketika masuk di kelas 10, kamu yang jurusan Analisis Kimia akan langsung memulai pelajaran yang cukup rumit (kamu harus mengenal zat-zat kimia yang sangat banyak dan memiliki nama yang “aneh” yang sulit diucapkan oleh kebanyakan lidah orang indonesia). Pada jurusan Analisis Kimia para siswa akan dituntut untuk memiliki kemampuan lebih dalam perhitungan matematika dan hukum fisika. Sebanding dengan proses belajarnya, lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan di banyak perusahaan. Bidang pekerjaan untuk jurusan ini adalah yang berurusan dengan perkimiaan. SMK yang membuka jurusan Analis Kimia jumlahnya sedikit sehingga lulusannya pun masih sangat sedikit dan tentunya peluang kerjanya sangat banyak.

Jurusan Tata Boga
Jurusan di SMK yang memiliki peluang masa depan menjanjikan berikutnya adalan Tata Boga, berbeda dengan jurusan Analisis Kimia, jurusan Tata Boga ini sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Jurusan ini cukup populer diantara orang-orang awam yang tidak mengenal SMK. Namun meski menjadi jurusan yang umum, jurusan Tata Boga tetap menjanjikan masa depan yang cerah.

Jurusan ini memiliki prospek yang sangat bagus dan luas, sebab urusan boga kaitanya denga perut yang merupakan kebutuhan primer setiap orang. Lulusan dari jurusan ini tidak hanya bekerja di restoran atau hotel sebagai juru masak saja, tetapi lulusan dari jurusan Tata Boga bahkan bisa berwirausaha dengan membuka rumah makan, kafe, restoran, dll. Berbekal kemampuan memasaknya alumni jurusan ini memiliki peluang yang sangat terbuka untuk bekerja maupun berwirausaha.

Saat ini telah tumbuh dan berkembang  tempat-tempat nongkrong baru (kafe) ala anak muda yang menawarkan berbagai variasi makanan yang penuh inovasi. Makanan yang bervariasi penuh inivasi inilah hasil karya dari alumni Tata Boga.

Jurusan di SMK yang memiliki peluang masa depan menjanjikan

Tata Busana
Jurusan di SMK yang memiliki peluang masa depan menjanjikan berikutnya adala Tata Busana, banyak yang beranggapan bahwa alumni jurusan Tata Busana hanya akan menjadi jadi tukang jahit. Jika kamu masih beranggapan seperti itu, berarti kamu salah besar. Karena pada jurusan ini kamu akan mempelajari tren dan mode fashion terkini. Pada jurusan Tata Busana kamu juga akan  mempelajari cara membuat pakaian.

Pada  jurusan Tata Busana ini kamu akan dibekali cara menggambar, menggunting pola pakaian, memilih bahan hingga finishing menjadi pakaian jadi. Setelah lulus dari jurusan ini kamu bisa melanjutkan di perguruan tinggi dengan mengambil jurusan fashion sehingga kamu bisa menjadi seorang desainer yang handal

Jurusan Teknik Otomotif (Kendaraan Ringan)
Jurusan di SMK yang memiliki peluang masa depan menjanjikan berikutnya adalah Teknik Otomotif Kendaraan Ringan, banyak yang menganggap kalau anak teknik sukanya tawuran dan mempunya prestasi rendah. Kenyatannya tidak demikian, bahkan anak teknik banyak yang memiliki prestasi yang membanggakan ditingkat nasional, misalnya saja anak teknik telah berhasil membuat motor listrik, mobil. Ini menunjukkan bahwa Jurusan Teknik Otomotif tidaklah buruk bahkan jurusan ini merupakan jurusan yang cukup menjanjikan.

Di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan, kamu akan  dikenalkan dengan mesin-mesin otomotif seperti, mesin motordan mobil hingga cara merakit maupun cara memperbaiki kerusakanya. Maka jangan heran kalau anak Teknik Otomotif jadi jago merakit maupun modifikasi motor maupun mobil. Tidak cuma sampai disitu, kamu juga bisa berprestasi dengan membuat/ membuka bengkel sendiri, kamu juga bisa bekerja di perusahaan otomotif seperti Astra.

Teknik Elektronika
Jurusan di SMK yang memiliki peluang masa depan menjanjikan yang lainya adalan Elektronika, kalau dilihat dari nama jurusanya memang mirip, yaitu sama-sama teknik. Namun pengerjaannya jauh berbeda. Jika Jurusan SMK Teknik Otomotif lebih banyak belajar tentang mesin kendaraan dan merakitnya, Jurusan Teknik Elektronika justru mempelajari hal-hal elektronik yang banyak ada dipelajaran fisika seperti tenaga listrik dan elektromagnetik.

Prospek kerja pada jurusan ini, kamu berpeluang untuk menjadi teknisi elektro di berbagai bidang mengingat saat ini perkembangan teknologi, khususnya teknologi elektronik semakin luas seperti teknisi alat rumah tangga (TV), sonar, dan navigasi, teknisi network system, teknisi telekomunikasi, dan masih banyak lagi. Tidak hanya cukup sampai disitu, lulusan  Teknik Elektronika juga berpeluang untuk melanjutkan studi dan menjadi tenaga pendidik di bidangnya.

Jurusan Perhotelan
Jurusan di SMK yang memiliki peluang masa depan menjanjikan yang lainya adalah Perhotelan,  Di SMK jurusan Perhotelan kamu akan diajari seluk beluk pekerjaan di hotel berbintang. Yang memiliki anggapan bahwa jurusan perhotelan hanya akan mencetak tukang bersih-bersih kamar atau menjadi pelayan hotel harus diluruskan, bahwa pada jurusan ini kamu akan belajar banyak hal tentang dunia perhotelan. Banyak jenis pekerjaan di hotel, mulai dari Front office, sampai manager hotel.

Prospek kerja dari lulusan jurusan SMK Perhotelan sangat banyak, apalagi sekarang tumbuh subur industri perhotelan sedangkan jurusan ini termasuk jarang sehingga alumninya dapat langsung bekerja. Pada jurusan ini banyak tawaran-tawaran dari hotel untuk mengisi kekurangan tenaga kerja di hotel berbintang

Jurusan Usaha Perjalanan Wisata
Jurusan di SMK yang memiliki peluang masa depan menjanjikan adalah Pariwisata, bagi kamu yang hobi jalan-jalan dan ingin hobi kamu menghasilkan uang maka pilihan Jurusan yang cocok adalah Pariwisata. Apalagi pemerintah telah menggenjot perekonomian melalui sektor pariwisata, banyak tempat wisata di indonesia yang sedang dipromosikan ke masyarakat dunia. Indonesia memiliki potensi alam yang begitu mempesona dimata dunia, sehingga banyak turis mancanegara bebondong-bondong berwisata ke indonesia. Ini merupakan peluang besar bagi sekolah SMK yang memiliki jurusan pariwisata untuk andil didalamnya mengembangkan sektor pariwisata ini.

Di Jurusan Pariwisata kamu akan belajar menjadi pribadi yang baik dan memiliki etika dalam melayani jasa pariwisata. Lulusannya bisa bekerja di manapun terkait bidang pariwisata seperti Perjalanan Umum, Perusahaan Penerbangan, Bandar Udara, tour guide, event organizer, bahkan Pramugari. Keren kan?

Jurusan Akuntansi
Jurusan di SMK yang memiliki peluang masa depan menjanjikan lainya adalah Akuntansi, kalau jurusan akuntansi ini cocok bagi kamu yang suka hitung-hitungan. Jurusan Akuntansi akan  mengajarkan kamu menjadi pribadi yang ulet dan teliti, karena pada jurusan ini kamu harus bisa menghitung neraca sampai tata buku keuangan. Jurusan ini cocok banget bagi kamu yang suka kerja kantoran dan menghitung keuangan.

Emang sih dalam praktiknya Jurusan Akuntansi memakan banyak waktu dan tenaga tapi kalau dilihat prospeknya jurusan ini amat menjanjikan. Lulusannya bisa bekerja di perkantoran pajak atau bagian keuangan perusahaan. Tentunya setiap perusahaan membutuhkan ahli akuntansi untuk mengurus keuangan mereka? Jadi peluang kerjanya cukup besar dan tidak ada habisnya. Untuk kamu yang akan melanjutkan kuliah, Jurusan Akuntansi di SMK bisa menjadi dasar yang baik ketika kamu mengambil jurusan akuntansi, ekonomi maupun manajemen di universitas.


Jurusan Pemasaran
Jurusan di SMK yang memiliki peluang masa depan menjanjikan lainya adalah Pemasaran, Jurusan Pemasaran merupakan jurusan yang cukup menjanjikan. Karena setiap bidang usaha apapun butuh pemasaran, pemasaran merupakan faktor utama jalanya suatu usaha baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar tak bisa lepas dari upaya memasarkan produk maupun jasanya. Pemasaran dalam bahasa inggris disebut selling adalah jurusan yang mempelajari dasar-dasar menjadi seorang penjual yang handal. Di Jurusan Pemasaran kamu dapat mempelajari strategi pasar, kewirausaha, dan membaca peluang di dunia bisnis.

Tidak hanya sekadar belajar teori saja, jurusan Pemasaran juga dapat langsung praktik ke lapangan untuk mencoba bagaimana strategi memasarkan barang dan jasa yang baik sehingga dapat meningkatkan omset dan laba perusahaan.

0 Response to "Jurusan di SMK yang memiliki peluang masa depan menjanjikan"

Post a Comment

Recent Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel