Artikel Sekolah

Mata Pelajaran Pengganti UN dan USBN SMA dan MA

0 Comments
Home
Artikel
Sekolah
Mata Pelajaran Pengganti UN dan USBN SMA dan MA
Mata Pelajaran UN dan USBN SMA dan MA

Mata Pelajaran Pengganti UN dan USBN SMA dan MA - Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan salah satu jenjang pendidikan tingkat menengah tingkat atas yang besifat umum, jenjang pendidikan ini memiliki Jurusan yang masih bersifat umum seperti Jurusan IPA, IPS dan Bahasa. Jurusan IPA terdiri dari Fisika, Kimia dan Biologi, sedangkan untuk Jurusan IPS terdiri dari Sosiologi, Antropologi, Geografi dan Ekonomi.

Jenjang Pendidikan tersebut dapat ditempuh setelah tamat dari jenjang SMP/MTs atau sederajat dengan melalui Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Tahun 2020 pemerintah telah resmi mentiadakan UN dan USBN SMA dan berencana menggantinya dengan AKM (Assesment Kompetensi Minimum).

SMA memiliki pilihan jurusan IPA/IPS/Bahasa yang biasanya penjurusan ini setelah menjalani proses satu tahun belajar di SMA, atau ketika siswa ada dikelas XI (sebelas). Berbeda dengan SMK yang penjurusanya dilakukan saat mendaftar menjadi siswa (dari kelas X). Perbedaan SMK dan SMA yang paling mendasar terletak pada Jurusanya.

Baca: Perbedaan SMA dan SMK serta Tips Memilihnya

Di SMA lebih menekankan pada hal-hal yang bersifat teori dibanding praktik, berbeda dengan SMK yang mengedepankan praktik dalam pembelajaranya, SMA lebih menekankan pada hal yang besifat teori dan analisis. Siswa SMA akan di didik, dilatih dan diajarkan teori dan konsep sesuai dengan jurusanya.

Untuk jurusan IPA akan lebih banyak mempelajari Mata pelajaran Fisika, Kimia dan Biologi, sedangkan untuk Jurusan IPS akan lebih banyak mempelajari Sosiologi, Antropologi, Geografi dan Ekonomi. Jika di SMK diadakan Uji Kompetensi Kejuruan (UKK), maka di SMA cukup ujian praktik sekolah saja. SMA hanya cukup mengikuti Ujian Nasional (UN) Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sebagai salah satu syarat kelulusan.

Baca: Mata Pelajaran UN dan USBN SMK 

Siswa SMA dinyatakan Lulus dari sekolah harus melalui tahapan ujian yang diselenggarakan oleh pemerintah melalui Ujian Nasional (UN) Maupun Ujian Sekolah yang terdiri dari Ujian Sekolah dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) ini memiliki bobot yang sama di setiap sekolah dalam satu Propinsi, karena soal-soal USBN yang membuat adalah pemerintah Provinsi melalui TIM pembuat Soal USBN. Sedangkan Ujian Nasional (UN) memiliki bobot yang sama secara nasional di seluruh Indonesia. Ujian Nasional (UN) ini diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia dengan menggunakan Sistem Komputerisasi atau Computer Assisted Test (CBT) yang biasa dikenal dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). 


Ujian Nasional (UN) di SMA yang berbasis komputer (UNBK) dapat meminimalisir kecurangan-kecurangan yang sering terjadi dalam pelaksanaan UN ditingkat SMA selama ini. Nilai yang diperoleh melalui UNBK di SMA adalah nilai murni yang dapat dilihat di websitenya Puspendik yaitu puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/. Selain UN, siswa SMA juga harus mengikuti USBN sebagai salah satu syarat kelulusan Siswa adalah mengikuti seluruh rangkaian Ujian.

Beberapa rangkaian ujian yang harus diikuti oleh siswa SMA sebagai syarat kelulusan antara lain Ujian Sekolah, Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN) Berbasis Komputer (UNBK), Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) yang pengujinya adalah dari penguji Internal (Sekolah) dan Penguji Exsternal (Perusahaan). Berikut ini adalah Mata Pelajaran pengganti UN dan USBN SMA.

Baca: Panduan mengikuti UNBK untuk siswa

Mata Pelajaran UN SMA (UNBK) 

  1. Bahasa Indonesia 
  2. Bahasa Inggris 
  3. Matematika 
  4. Satu Mata Pelajaran sesuai Jurusan (IPA/IPS/Bahasa) 

Mata Pelajaran USBN SMA (UNBK) 

  • Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 
  • Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) 
  • Matematika 
  • Sejarah Indonesia 
  • Penjaskes 
  • Prakarya dan Kewirausahaan 
  • Seni Budaya 
  • Bahasa Inggris 
  • Bahasa Indonesia 
  • Beberapa mata pelajaran lainya sesuai dengan peminatan (IPA/IPS/Bahasa) 

Dari rangkaian UN, USBN dan Ujian Sekolah lainya tersebut diatas nantinya dapat digunakan sebagai salah satu syarat untuk menentukan Kelulusan siswa. 

Semoga bermanfaat... 

No comments