Iklan-atas-was-info1

Tips dan Trik sukses mengikuti UNBK


Tips dan trik sukses mengikuti UNBK bagi siswa
Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dilaksanakan serentak secara nasional diseluruh Indonesia, mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD) sampai Jenjang Pendidikan Menengah (SMA/SMK/MA). Walaupun dilaksanakan serentak tetapi pemerintah membuat jadwal tersendiri untuk masing- masing jenjang, biasanya yang lebih dulu melaksanakan Ujian Nasional (UN) adalah jenjang SMA/SMK dan MA kemudian menyusul untuk yang jenjang SMP sederajat dan kemudian jenjang SD sederajat.

Untuk jenjang SMP dan SMA/SMK/MA dalam pelaksanaan Ujian Nasional saat ini sudah banyak yang menggunakan CBT (Computer Based Test) dengan aplikasi komputer yang biasa dikenal dengan CAT (Computer Assisten Test). Ujian Nasional (UN) tidak lagi digunakan untuk menentukan Kelulusan Siswa tetapi hanya sebagai pemetaan yang dilakukan oleh Pemerintah terkait hasil Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah. Disamping untuk pemetaan hasil KBM, hasil Ujian Nasional juga dapat digunakan untuk melihat tingkat keberhasilan Pendidikan secara Nasional.

Kalau dulu Ujian Nasional merupan penentu LULUS/TIDAK siswa, beda halnya dengan sekarang yang KELULUSAN siswanya tidak hanya berdasarkan Nilai UN semata tetapi dari beberapa ujian-ujian yang lain, antara lain: Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Praktik Sekolah (SMK) dan nilai Raport pada semester-semester sebelumnya.
Sekarang UN tidak lagi “menyeramkan” seperti dulu, yang mana sekolah selama 3 tahun hanya ditentukan oleh 4 hari saja yaitu melalui Ujian Nasional (UN). Ujian Nasional saat ini sudah menggunakan sistem komputerisasi yang dikenal dengan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) yang bisa meminimalisir kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, karena dengan UNBK nilai yang didapat bisa 100% murni tanpa kecurangan.

Sebagian sekolah menganggap bahwa Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) merupakan hal yang baru dan dianggap cukup merepotkan, sehingga sekolah-sekolah tersebut belum melaksanakan UNBK. Hal tersebut di pengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: Kurangnya sarpras (Komputer dan Jaringan internet), Tenaga IT yang menangani serta faktor lainnya. Ini akan berdampak pada kesiapan siswa dalam menghadapi UNBK, dalam mengikuti UNBK ada beberapa hal yang perlu disiapkan, diantaranya adalah:
  1. Materi pelajaran yang akan di ujikan (1)
  2. Mental (2)

Walaupun Ujian Nasional menggunakan kertas juga perlu menyiapkan mental, tetapi dalam mengikuti UNBK ini ada yang berbeda yaitu siswa akan dihadapkan dengan perangkat komputer maupun laptop yang tersambung ke jaringan LAN sebagai media ujianya. Dalam menggunakan perangkat Komputer/ Laptop yang tersambung ke jaringan ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dijaga agar proses ujian tetap lancar.

Berikut ini merupakan hal-hal yang harus diperhatikan dan dijaga agar proses Ujian tetap lancar:
  1. Hadir ke ruang ujian minimal 15 menit sebelum ujian dimulai, ini bertujuan agar kita tidak terburu-buru sehingga materi pelajaran yang sudah dipelajari tidak lupa
  2. Masuklan ke ruang ujian dengan tenang, kemudian duduk pada tempat duduk yang telah disiapkan.
  3. Jangan langsung memegang perangkat (mouse/ laptop) yang ada, tetapi perhatikan dahulu benda-benda tersebut apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Jika tidak berfungsi, langsung sampaikan saja ke pengawas ruang bahwa benda tersebut kurang/ tidak berfungsi supaya teknisi mengganti/ memperbaikinya.
  4. Perhatikan colokan kabel power laptop yang ada, apakah dalam keadaan terlepas atau terpasang. Jika dalam keadaan tidak terpasang/ lepas, pasang/colokalah kabel power tersebut atau sampaikan ke pengawas agar teknisi memasangnya. Ini bertujuan agar jangan sampai kehabisan daya (Batere) pada saat mengerjakan ujian yang dapat mengganggu konsentrasi siswa
  5. Perhatikan colokan kabel jaringan; jangan menaruh benda apapun diatas kabel maupun colokan kabel jaringan tersebut, sebab jika colokan kabel jaringan tersebut kendor atau mungkin lepas maka koneksi dari komputer/ laptop siswa akan terputus dengan server. Walaupun ini tidak menimbulkan masalah, tetapi akan mengganggu konsentrasi siswa karena ujian akan terhenti dan proktor harus mereset kembali token ujian agar siswa dapat melanjutkan ujianya
  6. Kerjakan soal-soal yang ada dengan santai agar mata tidak lelah menatap layar monitor. Baca: Panduan mengerjakan soal UNBK
  7. Sesekali alihkan pandangan anda ke luar ruangan, atau dengan menatap ke atas yang penting tidak menatap layar monitor. Dengan mengalihkan pandangan dari layar monitor dapat menjaga mata agar tidak mudah lelah dan terhindar dari cahaya monitor tersebut
  8. Sebelum mengakhiri Ujian, pastikan kembali bahwa semua soal sudah terjawab
  9. Setelah mengakhiri Ujian, pastikan sampai LOGOUT karena sebelum logout akan dianggap sedang mengerjakan, dan hasilnya belum bisa dikirim ke server pusat.  Baca: Panduanmengerjakan soal UNBK
  10. Sebelum meninggalkan ruang ujian, periksa kelengkapan ujian yang dibawa tadi jangan sampai tertinggal didalam ruangan.

Demikian
tips mengikuti UNBK dan ujian lain yang berbasis Komputer (CAT) untuk meminimalisir permasalahan dan kesalahan dalam mengikuti ujian. Dengan meminimalisir permasalahan dan kesalahan maka hasil yang didapatkan akan lebih maksimal.

0 Response to "Tips dan Trik sukses mengikuti UNBK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel