Iklan-header

Panduan mengerjakan dan menjawab soal UNBK untuk siswa

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dilaksanakan serentak secara nasional diseluruh Indonesia, mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD) sampai Jenjang Pendidikan Menengah (SMA/SMK/MA). Walaupun dilaksanakan serentak tetapi pemerintah membuat jadwal tersendiri untuk masing- masing jenjang, biasanya yang lebih dulu melaksanakan Ujian Nasional (UN) adalah jenjang SMA/SMK dan MA kemudian menyusul untuk yang jenjang SMP sederajat dan kemudian jenjang SD sederajat. Tulisan ini adalah Panduan menjawab soal UNBK agar dapat dipahami oleh siswa UN nantinya.

Untuk jenjang SMP dan SMA/SMK/MA dalam pelaksanaan Ujian Nasional saat ini sudah banyak yang menggunakan CBT (Computer Based Test) dengan aplikasi komputer yang biasa dikenal dengan CAT (Computer Assisten Test) tetapi sampai saan ini masih jarang Panduan menjawab soal UNBK. Ujian Nasional (UN) tidak lagi digunakan untuk menentukan Kelulusan Siswa tetapi hanya sebagai pemetaan yang dilakukan oleh Pemerintah terkait hasil Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah. Disamping untuk pemetaan hasil KBM, hasil Ujian Nasional juga dapat digunakan untuk melihat tingkat keberhasilan Pendidikan secara Nasional.
Kalau dulu Ujian Nasional merupan penentu LULUS/TIDAK siswa, beda halnya dengan sekarang yang KELULUSAN siswanya tidak hanya berdasarkan Nilai UN semata tetapi dari beberapa ujian-ujian yang lain, antara lain: Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Praktik Sekolah (SMK) dan nilai Raport pada semester-semester sebelumnya.

Sekarang UN tidak lagi “menyeramkan” seperti dulu, yang mana sekolah selama 3 tahun hanya ditentukan oleh 4 hari saja yaitu melalui Ujian Nasional (UN). Ujian Nasional saat ini sudah menggunakan sistem komputerisasi yang dikenal dengan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) yang bisa meminimalisir kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, karena dengan UNBK nilai yang didapat bisa 100% murni tanpa kecurangan.
Walaupun UN tidak lagi sebagai penentu kelulusan, tetapi dengan nilai UN bisa dijadikan sebagai salah satu barometer keberhasilan dari proses KBM selama ini. Dengan UNBK kecurangan bisa diminimalisir karena soal tiap-tiap anak berbeda dan diacak dari bank soal yang jumlahnya ribuan. 
Melalui Panduan menjawab soal UNBK untuk siswa ini saya ingin berbagi bagaimana cara mengerjakan soal UNBK yang benar agar nilai menjadi maksimal. Untuk dapat mengerjakan soal-soal ujian tentunya anda harus belajar keras materi pelajaran yang sudah didapat dari kelas 1 sampai kelas 3. Selain belajar materi pelajaran anda juga harus mengenal aplikasi komputer yang digunakan untuk ujian (CAT). Berikut ini adalah gambaran Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dengan aplikasi yang sangat mirip dengan aplikasi CAT punya puspendik. Walaupun tidak sama 100% tetapi aplikasi ini secara fitur dan fungsi sudah dapat mewakili UNBK, berikut adalah tampilan CAT yang sangat mirip dengan UNBK dan cara menggunakanya:

Tampilan Login
Tampilan login terdiri dari Username dan Password
Username           : No.UNBK (No.Ujian)
Password            : Password UNBK

Panduan menjawab soal UNBK untuk siswa


Setelah memasukan Username (No. UNBK) dan memasukan Password silahkan klik login hingga tampil halaman konfirmasi seperti dibawah ini

Panduan menjawab soal UNBK untuk siswa

Pastikan data yang tampil benar sesuai dengan data anda seperti NIS, Nama Peserta dan juga Mata Pelajaran yang diujikan. Kemudian masukan TOKEN yang telah diberikan oleh Pengawas/ Proktor ujian dan klik SUBMIT sehingga tampil konfirmasi Ujian seperti dibawah ini:


Panduan menjawab soal UNBK untuk siswa


Cek kembali, apakah data sudah benar seperti Mata Pelajaran, Tanggal Test, waktu dan alokasi waktunya, kemudian klik mulai untuk memulai mengerjakan soal-soal yang ada seperti tampilan dibawah ini 

Panduan menjawab soal UNBK untuk siswa


Untuk memilih opsi jawaban, anda tinggal klik option A, B, C, D dan E atau bisa saja menggunakan tombol keyboard A, B, C, D dan E kemudian klik tombol SOAL BERIKUTNYA. Untuk melihat daftar soal yang sudah dikerjakan dan yang belum, anda bisa klik menu pop-up DAFTAR SOAL dipojok kanan atas sehingga tampil seperti gambar dibawah ini:         
  
Panduan menjawab soal UNBK untuk siswa


Ketika anda berada di Nomor soal terakhir maka tombol SOAL BERIKUTNYA berganti menjadi tombol TEST SELESAI seperti tampilan pada gambar dibawah ini

Panduan menjawab soal UNBK untuk siswa

Jika semua soal sudah terjawab, dan anda yakin bahwa jawaban anda benar maka anda bisa meng-klik tombol TEST SELESAI untuk menyelesaikan Ujian anda. Ketika anda meng-klik tombol TEST SELESAI maka akan tampil konfirmasi Test seperti dibawah ini:

Panduan menjawab soal UNBK untuk siswa


Beri tanda centang (ceklist) kemudian klik SELESAI sehingga tampil konfirmasi Logout seperti dibawah ini:

Panduan menjawab soal UNBK untuk siswa


Jangan lupa untuk menyelesaikan ujian dengan mengklik LOGOUT sehingga tampil ke halaman Login kembali. Setelah Logout anda diperkenankan keluar dari ruang ujian. Demikian panduan mengerjakan Soal UNBK agar nilai maksimal.

Semoga bermanfaat...

0 Response to "Panduan mengerjakan dan menjawab soal UNBK untuk siswa"

Post a Comment

Recent Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel