Iklan-atas-was-info1

Jurusan di SMK untuk anak Laki-laki (Cowok) yang memiliki masa depan cerah

Jurusan di SMK untuk anak Laki-laki (Cowok) yang memiliki masa depan cerah - Banyaknya Jurusan di SMK membuat masyarakat menjadi bingung, sehingga banyak diantara siswa SMK merasa “Salah Jurusan” yang mengakibatkan malas belajar. Kurangnya pemahaman akan jurusan di SMK adalah salah satu penyebab mengapa banyak anak SMK yang merasa “salah jurusan”. SMK yang semestinya dapat menyalurkan bakat dan minat siswa akhirnya hanya di isi oleh anak-anak yang sekedar ikut-ikutan, gengsi, mengikuti trend dan sebagainya, padahal semua itu tidak sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki. Kalau dulu kita kenal dengan Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) dan Sekolah Teknologi Menengah (STM), dimana SMEA identik dengan perempuan/wanita/cewek dan STM identik dengan laki-laki/pria/cowok tetapi sekarang telah digabung (lebur) menjadi satu nama yaitu SMK. Tidak ada lagi STM, tidak ada lagi SMEA, tetapi yang ada adalah SMK. Untuk membedakan SMK tersebut dapat di lihat dari Bidang Keahlian, Program Keahlian dan Kompetensi Keahlianya. 

Bidang Keahlian mencakup banyak program keahlian, sedangkan Program Keahlian mencakup banyak Kompetensi Keahlian (Jurusan). Sebagai contoh jika SMK memiliki Kompetensi Keahlian (Jurusan) Teknik Kendaraan Ringan (TKR), maka jurusan TKR tersebut berada pada Program Keahlian Teknik Otomotif. Sedangkan Teknik Otomotif berada pada Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa. Dengan beragamnya Kompetensi Keahlian (jurusan) dan Program Keahlian di SMK, sebaiknya calon siswa dan calon wali murid SMK memahami perbedaan Bidang Keahlian, Program Keahlian dan Kompetensi Keahlian (jurusan) di SMK dalam tulisan yang lain di blog ini. Dengan memahami hal tersebut maka dapat meminimalisir salah jurusan, baik jurusan untuk anak laki-laki maupun jurusan untuk perempuan (cewek). 

Lalu apa jurusan yang pas untuk anak laki-laki? 

Sebelum menentukan jurusan apa yang sesuai/ pas untuk anak laki-laki, dan jurusan apa yang sesuai/ pas untuk anak perempuan (cewek) silahkan baca Struktur Kurikulum 2013 Revisi untuk SMK/MAK yang telah dikeluarkan oleh pemerintah dengan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 07/D.D5/KK/2018 tentang Struktur Kurikulum SMK yang terdiri dari Bidang Keahlian, Program Keahlian dan Kompetensi Keahlian. Setelah membaca Struktur Kurikulum 2013 Revisi tersebut diharapkan ada gambaran yang jelas mengenai jurusan yang pas untuk anak laki-laki dan perempuan. 

Pada Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 07/D.D5/KK/2018 tentang Struktur Kurikulum SMK yang terdiri dari Bidang Keahlian, Program Keahlian dan Kompetensi Keahlian telah dikelompokan kedalam Bidang Keahlian, Program Keahlian dan Kompetensi Keahlian untuk memetakan setiap Mata Pelajaranya. Setiap Kompetensi Keahlian memiliki mata pelajaran yang terdiri dari Kelompok C1, C2 dan C3. Pada mata pelajaran kelompok C3 inilah siswa akan dilatih, dibimbing dan diarahkan agar memiliki keterapilan sesuai dengan Kompetensi (jurusan) yang dipilihnya agar kelak setelah lulus mampu bekerja sesuai dengan keahlianya. Kelompok Mata pelajaran C3 ini yang membedakan setiap lulusan SMK, karena setiap jurusan memiliki mata pelajaran yang berbeda-beda pada kelompok C3. Jurusan Teknik tentu memiliki pelajaran C3 yang berbeda dengan jurusan Akuntansi, oleh karena itu pengetahuan dan persiapan untuk masuk SMK harus direncanakan dengan baik agar sesuai dengan bakat dan minat anak-anak. 

Dari banyaknya jurusan di SMK, kita bisa memilih mana yang cocok untuk anak-anak sesuai dengan bakat minatnya. Anak laki-laki cenderung suka dengan hal-hal teknik, sedangkan anak perempuan biasanya lebih memilih jurusan non teknik seperti jurusan akuntansi, Tata Busana, dll. Berikut ini adalah gambaran jurusan yang cocok untuk anak laki-laki dan memiliki peluang kerja yang besar setelah lulus SMK. Jurusan di SMK yang cocok untuk anak laki-laki diantaranya adalah: 

1. Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) 

Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) dulunya adalah Teknik Sepeda Motor (TSM) yang kemudian di Kurikulum 2013 Revisi diubah menjadi TBSM. Di Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM/ TSM), kamu akan dikenalkan dengan mesin-mesin Motor seperti, mesin motor manual maupun Automatic hingga cara merakit maupun cara memperbaiki kerusakanya. Maka jangan heran kalau anak Teknik Sepeda Motor jadi jago merakit maupun modifikasi motor. Tidak cuma sampai disitu, kamu juga bisa berprestasi dengan membuat/ membuka bengkel sendiri, kamu juga bisa bekerja di perusahaan otomotif seperti Astra. 

2. Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 

TKR dan TBSM/ TSM memiliki Program Keahlian yang sama yaitu Teknik Otomotif. Yang membedakan kedua jurusan ini adalah mata pelajaran C3 yang merupakan Kompetensi Keahlian (jurusan) masing-masing jurusan tersebut. Mata pelajaran C3 ini adalah mata pelajaran yang dipelajari di kelas XII (dua belas), sedangkan untuk kelas X dan XI kedua jurusan ini (TKR dan TBSM) memiliki pelajaran yang sama. Untuk lebih jelasnya silahkan baca Daftar Mata Pelajaran SMK jurusan TKR dan Daftar Mata Pelajaran SMK jurusan TBSM (TSM) 

3. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) 

Walaupun jurusan TKJ merupakan jurusan yang dianggap jenuh dan memiliki alumni yang cukup banyak tetapi jurusan TKJ ini masih sangat dibutuhkan oleh industri/ perusahaan baik Perusahaan Swasta maupun milik pemerintah. Teknologi jaringan komputer dan internet berkembang sangat pesat, perusahaan skala kecil sampai perusahaan besar membutuhkan tenaga teknis yang mengelola jaringan komputer di perusahaanya, sedangkan tenaga teknis yang benar-benar menguasai teknologi tersebut masih tergolong langka. Walaupun alumni jurusan TKJ melimpah tetapi yang memiliki keterampilan (menguasai) Jaringan Komputer tidak banyak. Hal ini dimungkinkan karena banyak alumni TKJ yang “salah jurusan” saat masuk SMK, dan juga faktor lainya seperti minimnya alat praktik, kompetensi guru yang masih rendah, serta kurikulum yang belum mengikuti standar industri. 

4. Geologi Pertambangan (4 Tahun) 

Jurusan di SMK untuk anak Laki-laki (Cowok) yang memiliki masa depan cerah

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan Bidang Keahlian Energi dan Pertambangan, Program Keahlian Geologi Pertambangan hanya mempunyai 1 (satu) Kompetensi Keahlian (Jurusan) yaitu Geologi Pertambangan (4 Tahun). Pada kompetensi keahlian Geologi Pertambangan ini memiliki masa studi selama 4 tahun dan tidak semua SMK dapat membuka jurusan ini. Waktu SMK masih bernama STM dan SMEA, jurusan Geologi Pertambangan ini hanya dibuka oleh STM Pembangunan yang terkenal dengan STM Pembangunan 4 Tahun 

5. Teknik Ketenagalistrikan (Listrik) 

Jurusan di SMK untuk anak Laki-laki (Cowok) yang memiliki masa depan cerah

Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan memiliki kompetensi keahlian (jurusan) antara lain: Jurusan Instalasi Tenaga Listrik, Jurusan Jaringan Tenaga Listrik, Jurusan Pembangkit Tenaga Listrik, Jurusan Pendinginan dan Tata Udara, Jurusan Teknik Otomasi Industri (4 Tahun) dan Jurusan Teknik Tenaga Listrik (4 tahun). Jurusan-jurusan memiliki prospek yang menjanjikan masa depan dan tentunya sangat cocok untuk anak laki-laki. Untuk lebih memahaminya silahkan baca daftar mata pelajaranya masing-masing jurusan tersebut. 

6. Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan 

Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan adalah perubahan nama dari jurusan Teknik Gambar Bangunan (TGB). Walaupun namanya berbeda tetapi tujuanya sama yaitu jurusan ini menyiapkan siswanya agar memiliki kompetensi keahlian dalam hal merancang dan mendesain model sebuah bangunan. Bisnis Properti yang seakan tidak ada habisnya memerlukan tenaga terampil dalam mendesain sebuah bangunan, maka jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan ini memiliki prospek dan peluang kerja yang menjanjikan untuk masa depan. 

7. Teknik Perminyakan 

Program Keahlian Teknik Perminyakan memiliki beberapa Kompetensi Keahlian (jurusan) diantaranya adalah Jurusan Teknik Pemboran Minyak, Jurusan Teknik Pengolahan Minyak dan Jurusan Teknik Produksi Minyak. Jurusan-jurusan tersebut sangat cocok untuk anak laki-laki dan memiliki peluang kerja yang cukup banyak. Untuk lebih jelasnya silahkan baca Daftar Mata Pelajaran dari masing-masing jurusan tersebut. 

Demikianlah Jurusan di SMK yang cocok untuk anak laki-laki serta memiliki peluang kerja dan masa depan cukup cemerlang. 

Semoga bermanfaat...

0 Response to "Jurusan di SMK untuk anak Laki-laki (Cowok) yang memiliki masa depan cerah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel