Iklan-atas-was-info1

SMK Jurusan Teknik Produksi Minyak dan Gas

Jurusan Teknik Produksi Minyak dan Gas - Mengapa pilih Jurusan Teknik Produksi Minyak dan Gas ? Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki slogan “SMK BISA” merupakan Sekolah menengah yang mencetak lulusanya agar siap kerja, baik kerja di perusahaan maupun membuka lapangan kerja sendiri (wiraswasta). Siswa SMK akan di didik dan dilatih sesuai dengan Jurusanya mulai dari kelas X (sepuluh) sehingga dari awal masuk sekolah siswa SMK sudah diarahkan, di latih untuk bekerja sesuai dengan bidangnya/jurusanya (Kompetensi Keahlian) masing-masing. Sesuai dengan sloganya “SMK BISA”, maka alumni SMK diharapkan bisa Kerja dan juga bisa Kuliah. Berbeda dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) penjurusan akan dilakukan di kelas 11, ini artinya kamu belajar dulu selama 1 tahun, baru kemudian dilakukan Penjurusan, kamu disuruh memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat yang biasanya berdasarkan nilai pada kelas 10. Sekolah Menengah Atas (SMA) memiliki jurusan yang masih bersifat umum karena tamatan SMA diarahkan agar dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi (kuliah). Skill/ Keterampilan untuk siswa SMA akan diperoleh ketika ada di Perguruan Tinggi.

SMK Jurusan Teknik Produksi Minyak dan Gas
 
Berbeda halnya dengan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), kalau di SMK pemilihan jurusan (Kompetensi Keahlian) akan langsung dilakukan sejak pertama mendaftar sehingga kamu langsung bisa memilih jurusan (Kompetensi Keahlian) yang sesuai dengan bakat dan minat yang kamu miliki. Masing-masing SMK juga belum tentu memiliki jurusan (Kompetensi Keahlian) yang sama sehingga kamu bebas memilih SMK yang membuka Jurusan sesuai dengan bakat minat yang kamu miliki. Seperti jurusan (Kompetensi Keahlian) Teknik Produksi Minyak dan Gas (3 Tahun) ini, tidak semua SMK memiliki Teknik Produksi Minyak dan Gas. Sebaiknya sebelum mendaftar ke SMK kamu harus mengenali bakat minat yang kamu miliki, kemudian kamu bisa mencari SMK yang membuka jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat kamu. Misalnya kamu memiliki bakat dan minat tentang modifikasi bodi motor atau mobil, maka kamu bisa memilih jurusan Teknik Bodi Otomotif, tetapi jika kamu memiliki hobi “utak-atik” mesin motor atau mobil, kamu bisa memilih Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) atau Jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM), dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang masih bingung mau pilih jurusan (Kompetensi Keahlian) apa di SMK, berikut ini salah satu jurusan (Kompetensi Keahlian) di SMK yang cukup menjanjikan untuk masa depan kamu. Jurusan yang bisa kamu pilih salah satunya adalah Teknik Produksi Minyak dan Gas. Jurusan (Kompetensi Keahlian) Teknik Produksi Minyak dan Gas (3 Tahun) ini biasanya hanya diminati oleh laki-laki saja, maka tak heran kalau di jurusan ini di dominasi oleh Siswa laki-laki. Setelah lulus dari SMK kamu bisa langsung bekerja, tetapi bagi yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi (Kuliah) juga terbuka lebar untuk memilih jurusan yang sama seperti saat di SMK maupun jurusan yang berbeda. Fakultas Teknik dengan Jurusan Pertambangan atau bisa saja masuk jurusan Teknik Perminyakan dan banyak peluang untuk masuk ke jurusan-jurusan pada fakultas Teknik lainya.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan Bidang Keahlian Energi dan Pertambangan, Program Keahlian Teknik Perminyakan mempunyai beberapa Kompetensi Keahlian (Jurusan) antara lain:


Dari beberapa Kompetensi Keahlian (Jurusan) tersebut kamu bisa memilih salah satu yang sesuai dengan bakat minat yang kamu miliki. Untuk membedakan jurusan tersebut diatas, kamu bisa melihat daftar mata pelajaranya pada C3 (Kompetensi Keahlian) yang biasanya dipelajari pada saat di kelas XII. Sedangkan untuk kelas X dan XI materi Pelajaranya sama dalam satu Program Keahlian, karena yang membedakan adalah Kompetensi Keahlianya.

Kompetensi Keahlian Teknik Produksi Minyak dan Gas merupakan suatu jurusan di SMK yang spesifik mempelajari Bidang Minyak dan Gas. Teknik Produksi Minyak dan Gas merupakan ilmu yang mempelajari tentang proses produksi minyak mentah dan gas bumi dari mulai pengeboran sampai teknik pengambilan Minyak dan Gas serta Pemisahan senyawa dan unsur dari minyak dan gas tersebut. Selain itu juga mempelajari cara pengoperasian peralatan yang sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) manajemen limbah produksi

Pada SMK Teknik Produksi Minyak dan Gas yang di pelajari adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan bumi sebagai obyeknya dengan ruang lingkup yang luas, seperti batuan dan mineral, gunung api dan panas bumi, minyak dan gas bumi, batuan dan mineral, struktur bumi, gempa bumi, pengendapan dan perubahan terhadap batuan, lingkungan, geofisika, pertambangan dan analisisnya.

Lulusan (Alumni) Teknik Produksi Minyak dan Gas memiliki kompetensi yang cakupanya cukup luas, antara lain: Rekayasa dalam penyediaan dan pengelolaan sumber daya energi seperti (minyak bumi, batu bara, panas bumi, dll), Pengelolaan Lingkungan seperti (Pengelolaan air tanah, mitigasi gerakan tanah, penentuan lokasi pembuangan limbah, cara pembuangan limbah, dll). 

SMK Jurusan Teknik Produksi Minyak dan Gas

SMK Teknik Produksi Minyak dan Gas memiliki peluang kerja yang sangat luas, baik sektor pemerintah maupun swasta. Pada sektor pemerintah, lulusan SMK Pertambangan dapat bekerja di Departemen Energi dan Sumberdaya Mineral, Kementerian Lingkungan Hidup, BPPT, LIPI, BAPEDALDA, Pertamina dan instansi pemerintah lainya). Sedangkan di sektor swasta, lulusan Teknik Produksi Minyak dan Gas dapat bekerja di Konsultan Pertambangan, Kontraktor, dan juga Perusahaan Pengeboran minyak bumi.

Apa saja yang di pelajari di SMK Teknik Produksi Minyak dan Gas?

Di Teknik Produksi Minyak dan Gas, kamu akan mempelajari beberapa materi pelajaran, diantaranya adalah: Gambar Teknik, Geologi Dasar, Pengetahuan Industri Migas, Teknik Reservoir, Proses Produksi Migas, Teknik Produksi Migas, Peralatan Produksi Atas dan Bawah Permukaan dan juga Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Maka jangan heran kalau siswa Teknik Produksi Minyak dan Gas (3 Tahun) jago menggambar teknik serta mahir dalam menangani Proses Produksi Migas dan juga Teknik Produksi Migas.

Berikut ini Daftar Mata Pelajaran SMK Program Keahlian Teknik Perminyakan, Kompetensi Keahlian Teknik Produksi Minyak dan Gas (3 Tahun) sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 07/D.D5/KK/2018 Tanggal : 7 Juni 2018 tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan yang bakal kamu pelajari sehingga kamu makin mantap untuk memilih jurusan ini.

Daftar Mata Pelajaran SMK Teknik Produksi Minyak dan Gas


Bidang Keahlian                 : Energi dan Pertambangan
Program Keahlian               : Teknik Perminyakan
Kompetensi Keahlian          : Teknik Produksi Minyak dan Gas (3 Tahun)

MATA PELAJARAN
KELAS
X
XI
XII
1 2 1 2 1 2
A Muatan Nasional
1 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 3 3 3 3 3 3
2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 2 2 2 2 2
3 Bahasa Indonesia 4 4 3 3 2 2
4 Matematika 4 4 4 4 4 4
5 Sejarah Indonesia 3 3 - - - -
6 Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) 3 3 3 3 4 4
JUMLAH A
19 19 15 15 15 15
B Muatan Kewilayahan
1 Seni Budaya 3 3 - - - -
2 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 2 2 2 2 - -
JUMLAH B
5 5 2 2 - -
C Muatan Peminatan Kejuruan
C1 Dasar Bidang Keahlian
1 Simulasi dan Komunikasi Digital 3 3 - - - -
2 Fisika 4 4 - - - -
3 Kimia 3 3 - - - -
C2 Dasar Program Keahlian
1 Gambar Teknik 3 3 - - - -
2 Geologi Dasar 3 3 - - - -
3 Pengetahuan Industri Migas 6 6 - - - -
C3 Kompetensi Keahlian
1 Teknik Reservoir - - 4 4 - -
2 Proses Produksi Migas - - 6 6 6 6
3 Teknik Produksi Migas - - 8 8 12 12
4 Peralatan Produksi Atas dan Bawah Permukaan - - 6 6 7 7
5 Produk Kreatif dan Kewirausahaan - - 7 7 8 8
JUMLAH C
22 22 31 31 33 33
TOTAL
46 46 48 48 48 48

Demikianlah daftar Matapelajaran SMK Teknik Produksi Minyak dan Gas yang bisa memberi gambaran kamu agar lebih mantap untuk masuk jurusan ini.

Semoga bermanfaat ya...

0 Response to "SMK Jurusan Teknik Produksi Minyak dan Gas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel