Iklan-atas-was-info1

Tips Lulus Pretest PPG

Tips Lulus Pretest PPG - Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah program pendidikan guru yang harus ditempuh oleh guru maupun calon guru yang belum memiliki Sertifikat Pendidik. Untuk mendapatkan sertifikat pendidik, guru harus menempuh Pendidikan Profesi Guru (PPG) selama satu tahun. Dalam mengikuti PPG ini, guru harus mengikuti Pretest, kemudian jika dinyatakan lulus maka guru tersebut baru bisa mengikuti PPG. Pretest PPG ini biasanya di informasikan melalui dashboard laman situs SIMPKB. Undangan untuk mengikuti pretest PPG disampaikan kepada guru-guru yang belum memiliki sertifikat pendidik (belum sertifikasi). Untuk melihat undanganya silahkan login ke https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id dengan memasukan username dan password yang sudah dimiliki. 

Tips Lulus Pretest PPG



User Name : {nomer peserta UKG}
Password : {Password SIMPKB}

Jika username atau password lupa, atau tidak bisa login silahkan menghubungi ketua MGMP mata pelajaran untuk diresetkan passwordnya dengan password yang baru silahkan login kembali.

Tips Lulus Pretest PPG

Klik LIHAT INFO untuk melihat informasi pendaftara PPG

Tips Lulus Pretest PPG


Kemudian lakukan pendaftaran dengan mengisi data-data yang di perlukan. Setelah mengisi data-data yang di perlukan, silahkan upload dokumen seperti ijasah terakhir dan SK pengangkatan terakhir yang dimiliki. Setelah semua data yang diperlukan selesai di upload, saatnya menunggu panggilan untuk mengikuti Pretest PPG yang biasanya di informasikan melalui situs simpkb.


Sebelum mengikuti Pretest PPG, silahkan persiapkan diri untuk belajar materi sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Gambaran soal dan kisi-kisi soal Pretes PPG bisa dilihat di SINI, yang tidak jauh beda dengan materi UKG yang pernah di ikuti.

Selain belajar materi kisi-kisi pretest PPG, ada beberapa Tips Lulus Pretest PPG yang perlu diketahui dan di persiapkan sebelum Pretest berlangsung. Tips lulus Pretest PPG ini sekilas sederhana tetapi manfaatnya luar biasa sebab pretest PPG ini menggunakan Computer Based Test (CBT) seperti UKG. Banyak peserta test yang menggunakan CBT gagal padahal merasa jawabanya benar, ini biasanya disebabkan karena kurang teliti dalam mengerjakan soal berbasis CBT. Ujian menggunakan sistem CBT harus benar-benar teliti, jangan sampai salah klik, misal seharusnya menjawab B tetapi salah klik menjadi C. Salah jawab seperti ini biasanya karena grogi saat berhadapan dan memegang komputer. Dengan Tips lulus pretest PPG berikut ini mudah-mudahan tidak lagi salah jawab atau salah klik.

Berikut ini Tips lulus pretest PPG berbasis CBT:
1. Siapkan Mental

Pretest dapat berjalan lancar jika mental telah dipersiapkan (tidak grogi saat memegang komputer/ laptop)
  • Hadir ke ruang ujian minimal 15 menit sebelum ujian dimulai, agar tidak terburu-buru sehingga materi yang telah dipelajari tidak lupa
  • Masuklan ke ruang ujian dengan tenang, kemudian duduk pada tempat duduk yang telah disiapkan.
  • Jangan langsung memegang perangkat (mouse/ laptop) yang ada, tetapi perhatikan dahulu benda-benda tersebut apakah sudah tersedia dan terpasang dengan baik atau belum. Jika belum, silahkan lapor ke petugas pretest PPG.
  • Perhatikan colokan kabel power laptop yang ada, apakah dalam keadaan terlepas atau terpasang. Jika dalam keadaan tidak terpasang/ lepas, pasang/colokalah kabel power tersebut atau sampaikan ke pengawas agar teknisi memasangnya. Ini bertujuan agar jangan sampai kehabisan daya (Batere) pada saat mengerjakan ujian yang dapat mengganggu konsentrasi peserta Pretest
  • Perhatikan colokan kabel jaringan; jangan menaruh benda apapun diatas kabel maupun colokan kabel jaringan tersebut, sebab jika colokan kabel jaringan tersebut kendor atau mungkin lepas maka koneksi dari komputer/ laptop peserta Pretest akan terputus dengan server. Walaupun ini tidak menimbulkan masalah, tetapi akan mengganggu konsentrasi kita karena ujian akan terganggu

2. Jaga Kesehatan

Menjaga kesehatan dengan cara memperhatikan pola makan, makan makanan bergizi, istirahat cukup, tidak bergadang, tidak stres, dan lainya

3. Rajin berlatih soal-soal Pretest PPG

Sering berlatih mengerjakan soal-soal Pretest PPG, baik menggunakan aplikasi maupun berlatih soal-soal pada buku latihan

4. Kerjakan Soal dengan hati-hati
Dalam mengerjakan soal Pretest PPG perlu mempertimbangkan hal-hal berikut:
  • Kerjakan soal-soal yang ada dengan santai agar mata tidak lelah menatap layar monitor
  • Sesekali alihkan pandangan anda ke luar ruangan, atau dengan menatap ke atas yang penting tidak menatap layar monitor. Dengan mengalihkan pandangan dari layar monitor dapat menjaga mata agar tidak mudah lelah dan terhindar dari cahaya monitor tersebut
  • Sebelum mengakhiri Ujian, pastikan kembali bahwa semua soal sudah terjawab
  • Setelah mengakhiri Ujian, pastikan sampai LOGOUT karena sebelum logout akan dianggap sedang mengerjakan, dan hasilnya belum bisa dikirim ke server pusat.
  • Sebelum meninggalkan ruang ujian, periksa kelengkapan ujian yang dibawa tadi jangan sampai tertinggal didalam ruangan.

Demikian Tips Lulus Pretest PPG yang bisa anda lakukan, karena ujian menggunakan sistem CBT memiliki karakteristik yang unik sebab kadang mata kita lelah ketika harus menatap layar monitor komputer berlama-lama.

0 Response to "Tips Lulus Pretest PPG"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel