Artikel Sekolah

Jurusan SMK untuk Wanita/ Perempuan yang memiliki masa depan cerah

0 Comments
Home
Artikel
Sekolah
Jurusan SMK untuk Wanita/ Perempuan yang memiliki masa depan cerah
Jurusan SMK untuk Wanita/ Perempuan yang memiliki masa depan cerah - Banyak yang masih bingung dengan banyaknya jurusan yang ada di SMK. 

Dulu kita kenal dengan Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) dan Sekolah Teknologi Menengah (STM), dimana SMEA identik dengan perempuan karena mayoritas siswa di SMEA adalah perempuan, sehingga semua Jurusan SMK cocok untuk Wanita/ Perempuan 

Untuk anak laki-laki lebih banyak memilih Sekolah Teknik (Teknologi) atau biasa dikenal STM. Seiring berjalanya waktu, SMEA dan STM ini digabung menjadi nama Sekolah Menegah Kejuruan (SMK). 

Di SMK terbagi menjadi beberapa Kelompok keahlian atau biasa di sebut dengan Bidang Keahlian. Pada bidang keahlian juga masih dipisah (dikelompokan) lagi menjadi Program Keahlian. 

Sedangkan Program Keahlian masih terbagi lagi menjadi Kompetensi Keahlian atau yang biasa dikenal dengan Jurusan. 

Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 07/D.D5/KK/2018 tentang Struktur Kurikulum SMK yang terdiri dari Bidang Keahlian, Program Keahlian dan Kompetensi Keahlian. 

Pada Kurikulum 2013 Revisi telah dijelaskan Perbedaan Bidang Keahlian, Program Keahlian dan Kompetensi Keahlian untuk memetakan setiap Mata Pelajaranya. Setiap Kompetensi Keahlian memiliki mata pelajaran yang terdiri dari Kelompok C1, C2 dan C3. 

Pada mata pelajaran kelompok C3 inilah siswa akan dilatih, dibimbing dan diarahkan agar memiliki keterapilan sesuai dengan Kompetensi (jurusan) yang dipilihnya agar kelak setelah lulus mampu bekerja sesuai dengan keahlianya. 

Kelompok Mata pelajaran C3 ini yang membedakan setiap lulusan SMK, karena setiap jurusan memiliki mata pelajaran yang berbeda-beda pada kelompok C3. 

Jurusan Teknik tentu memiliki pelajaran C3 yang berbeda dengan jurusan Akuntansi, oleh karena itu pengetahuan dan persiapan untuk masuk SMK harus direncanakan dengan baik agar sesuai dengan bakat dan minat anak-anak. 

Dari banyaknya jurusan di SMK, kita bisa memilih mana yang cocok untuk anak-anak sesuai dengan bakat minatnya. 

Anak laki-laki cenderung suka dengan hal-hal teknik, sedangkan anak perempuan biasanya lebih memilih jurusan non teknik tetapi yang memiliki peluang masa depan cemerlang. Lalu SMK jurusan apa yang cocok untuk anak perempuan?. 

Melihat tren yang ada dimasyarakat saat ini, ada banyak jurusan yang cocok untuk anak perempuan dan tentunya memiliki masa depan yang cemerlang untuk bekerja maupun berwiraswasta. 

Jurusan SMK yang cocok untuk wanita/perempuan antara lain: 

1. Jurusan Pemasaran dan Bisnis daring 

Jurusan di SMK untuk anak Perempuan

Perkembangan Teknologi informasi memungkinkan setiap orang dapat melakukan Pemasaran secara Daring melalui media online seperti Website, Blog, Olshop, Media Sosial (facebook, WhatsApp, IG, dll). 

Pemasaran secara Daring untuk saat ini dan kedepan merupakan stategi pemasaran yang efektif, kita melakukan pemasaran cukup menggunakan Komputer/Laptop/Tablet/Smart Phone kapan saja dan dari mana saja dengan pangsa pasar yang tak terbatas. 


2. Jurusan Tata Busana


Jurusan di SMK untuk anak Perempuan

SMK jurusan Tata Busana mempelajari seluk beluk Busana, dari mulai pengetahuan bahan tekstil, dasar-dasar desain, pembuatan pola sampai teknik menjahitnya. 

Lulus dari SMK jurusan Tata Busana akan memiliki keterampilan membuat pola dan menjahitnya sampai menjadi busana yang memiliki kualitas baik dari segi kualitas bahan sampai kualitas jahitan dengan pola yang pas untuk mengikuti trend (mode). 


3. Jurusan Desain Fesyen

Jurusan di SMK untuk anak Perempuan

Bagi kamu yang ingin berkarir dan suka dengan Fesyen, jurusan Desain Fesyen ini sangat cocok sebagai modal dasar pengetahuan dan keterampilan di bidang Busana dan Fesyen. 

Prospek/ peluang kerja untuk lulusan SMK jurusan Desain Fesyen sangat banyak, apalagi sekarang model busana (Desain Fesyen) semakin beragam dan kreatif. 

Ini merupakan peluang emas untuk SMK jurusan Desain Fesyen untuk mengisi trend busana fesyen tersebut. Peluang kerja dan peluang wiraswasta untuk jurusan Desain Fesyen sangat terbuka lebar. 


4. Jurusan Tata Boga 

Jurusan di SMK untuk anak Perempuan

Jurusan ini memiliki prospek yang sangat bagus dan luas, sebab urusan boga kaitanya denga perut yang merupakan kebutuhan primer setiap orang. 

Lulusan dari jurusan ini tidak hanya bekerja di restoran atau hotel sebagai juru masak saja, tetapi lulusan dari jurusan Tata Boga bahkan bisa berwirausaha dengan membuka rumah makan, kafe, restoran, dll. 

Berbekal kemampuan memasaknya alumni jurusan ini memiliki peluang yang sangat terbuka untuk bekerja maupun berwirausaha. 


5. Jurusan Hotel dan Restoran 

Jurusan di SMK untuk anak Perempuan yang memiliki masa depan cerah

Bagi kamu yang ingin berkarir dan suka dengan Hotel dan Restoran, jurusan ini sangat membantu sebagai modal dasar pengetahuan dan keterampilan di bidang Hotel dan Restoran. 

Yang memiliki anggapan bahwa jurusan perhotelan hanya akan mencetak tukang bersih-bersih kamar atau menjadi pelayan Hotel dan Restoran harus diluruskan, bahwa pada jurusan ini kamu akan belajar banyak hal tentang dunia perhotelan. 

Banyak jenis pekerjaan di hotel, mulai dari Front office, sampai manager hotel. 


6. Jurusan Tata Kecantikan Kulit dan Rambut 

Jurusan di SMK untuk anak Perempuan yang memiliki masa depan cerah

Memiliki dasar anatomi dan fisiolaogi adalah hal yang wajib pada jurusan ini, sebab semua berawal dari anatomi dan fisiologi. Perawatan Tangan, Kaki, Nail Art dan Rias Wajah Khusus dan Kreatif, Perawatan Wajah, Badan (Body Massage) dan Waxing merupakan kompetensi yang sangat dibutuhkan pada saat ini karena pada dasarnya semua wanita ingin selalu tampil cantik. 


7. Jurusan Akuntansi dan Keuangan 

Jurusan di SMK untuk anak Perempuan yang memiliki masa depan cerah

Kalau di lihat dari Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro ini memang mengarahkan siswanya untuk dapat melakukan Tata Kelola Kepegawaian, melakukan Tata Kelola Keuangan secara profesional.

Pada pada jurusan ini juga dituntut untuk mengetahui dan memahami Perbankan dan Keuangan Mikro dengan baik. 

Siswa pada jurusan ini juga dituntut untuk dapat menggunakan perangkat seperti Komputer/Laptop/Tablet/Smart Phone karena urusan Perbankan dan Keuangan Mikro biasanya dilakukan secara komputerisasi. 

Idealnya setelah lulus SMK sebenarnya hanya dua pilihan yaitu kuliah atau kerja. Namun banyak diantara alumni SMK memilih keduanya, yaitu Kuliah sambil bekerja atau Kerja sambil kuliah. 

Hal ini sah-sah saja karena SMK memang mengarahkan siswanya agar bisa langsung bekerja/ berwiraswasta setelah lulus, namun tidak menutup kemungkinan untuk melanjutkan kuliah. 

Demikian Jurusan di SMK yang cocok untuk anak perempuan dan memiliki peluang kerja yang menjanjikan untuk masa depan. 

No comments