Iklan-atas-was-info1

Panduan cara memulai Flipped Classroom

Panduan memulai Flipped Classroom

Panduan memulai Flipped Classroom

Bagaimana cara memulai Flipped Classroom?

Tulisan ini merupakan panduan yang dirancang untuk memandu guru agar memahami dan menerapkan Flipped Classrom dalam melakukan pembelajaran. Berikut merupakan langkah-langkah menggunakan Flipped Classrom, prosesnya scalable untuk membalik bagian dari setiap unit atau seluruh materi pembelajaran. Salah satu faktor utama dalam mendesain kembali model pembelajaran adalah waktu yang diperlukan untuk melakukannya dengan baik. Penulis merekomendasikan untuk membuat uji coba/ penelitian model pembelajaran Flipped classrom ini untuk satu kelas terlebih dahulu sebelum menggunakanya untuk pembelajaran di semua kelas. Berikut adalah langkah-langkan menerapkan Flipped Classrom 


Langkah 1 

Identifikasi di mana model Flipped Classroom paling masuk akal untuk materi pelajaran anda 

Pertanyaan-pertanyaan berikut dapat membantu anda untuk mengidentifikasi tempat yang baik untuk memulai, apakah anda telah merancang materi belajar untuk mendapatkan hasil pembelajaran dalam kelas? 
  • Di sesi kelas manakah anda saat ini memiliki kegiatan di dalam kelas yang jarang anda selesaikan selama pertemuan di kelas dan mengharuskan siswa untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka? 
  • Konsep atau topik apa yang paling sulit dipahami oleh siswa, berdasarkan nilai ujian dan / atau nilai penugasan? 
  • Pada topik apa siswa akan mendapat manfaat dari kesempatan untuk menerapkan konsep di bawah bimbingan anda di kelas? 

Guru memberikan cara bagaimana mereka beradaptasi dengan peran baru yang mereka mainkan di dalam kelas dan membantu siswa menyesuaikan diri dengan peran baru mereka di dalam Flipped Classroom (kelas terbalik). 

Langkah 2 

Luangkan waktu pertemuan di kelas untuk melibatkan siswa dalam kegiatan penerapan materi dengan umpan balik 

Inti dari masalah ini adalah mencari tahu di kelas anda bagaimana waktu pertemuan di kelas dapat digunakan kembali dengan cara memberikan siswa dengan berbagai tantangan yang tepat sambil memanfaatkan kemampuan anda sebagai guru atau pembimbing. Ada banyak kemungkinan untuk memasukkan materi pembelajaran di kelas dengan pengalaman belajar kolaboratif. Sama pentingnya dengan menemukan pendekatan yang paling cocok untuk siswa dan materi belajar anda. 

Guru berbagi pengalaman bagaimana mengembangkan struktur keterlibatan di kelas yang memanfaatkan kekuatan Flipped Classrom (kelas terbalik). 

Langkah 3 

Perjelas hubungan antara pembelajaran di dalam dan di luar kelas 

Inti dari model Pembelajaran Flipped Classroom adalah untuk memindahkan "pekerjaan rumah" yang berorientasi penerapan ke dalam kelas dan untuk memindahkan "sekolah" ke sebelum tatap muka di kelas. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat membantu anda untuk memulai dalam proses ini: 
  • Apa yang ingin siswa saya ketahui dan dapat lakukan sebagai hasil dari menyelesaikan rangkaian materi belajar ini? Apakah cocok dengan gambaran yang lebih besar dari bagian materi pembelajaran? 
  • Bagian mana dari "tugas pekerjaan rumah" saat ini yang dapat dipindahkan di dalam kelas untuk membantu siswa berlatih menerapkan materi belajar? Apa kegiatan pembelajaran di kelas yang tidak dapat diberikan karena saat ini tidak cukup waktu untuk melakukannya dengan baik? 
  • Latihan apa yang dibutuhkan siswa di dalam kelas untuk mempersiapkan mereka untuk tugas yang lebih besar yang akan diselesaikan setelah tatap muka di kelas? Apakah siswa dapat menghubungkan antara apa yang terjadi di dalam kelas dan tugas yang mereka kerjakan setelah tatap muka atau pertemuan di kelas? 
  • Materi belajar apa yang perlu diketahui siswa sebelum pertemuan di kelas agar memberikan hasil dalam keterlibatan kegiatan pembelajaran selama tatap muka di kelas? 

Bagian setelah pertemuan di kelas dapat terdiri dari berbagai kegiatan termasuk menyelesaikan pekerjaan yang dimulai di kelas atau membaca lebih dalam tentang topik atau bekerja bersama pada tugas yang lebih besar yang memperpanjang beberapa periode pertemuan di kelas atau berlatih sendiri. Perlu diingat bahwa bagian setelah pertemuan di kelas dari pertemuan terakhir terjadi pada saat yang sama dengan bagian sebelum pertemuan di kelas berikutnya, sehingga dapat membantu siswa dalam belajar. 

Guru berbagi bagaimana hasil pembelajaran dapat membantu mereka membuat hubungan antara keterlibatan di dalam kelas dan di luar kelas. 

Langkah 4 

Sesuaikan materi pembelajaran anda agar siswa memperoleh materi belajar dalam persiapan pertemuan di kelas 

Lingkungan dinamis dan aktif yang dibuat di dalam Flipped Classroom (kelas terbalik), berarti bahwa penting bagi siswa untuk siap menghadapi tatap muka di kelas. Setelah anda memiliki gagasan yang jelas tentang bagaimana siswa akan diminta untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka selama pertemuan di kelas, mulailah mempertimbangkan apa yang siswa perlu baca atau lihat sebelumnya. Sementara materi belajar berupa video online dikaitkan dengan model Flipped Classroom, seseorang dapat membalik kelas dengan menggunakan kembali bahan-bahan tradisional. 

Beberapa cara umum yang dapat disiapkan siswa untuk memasuki kelas: 

  • Bahan bacaan (buku teks pelajaran atau artikel yang relevan) 
  • Konten video dan audio online (Podcast, video, ceramah online, simulasi, atau demonstrasi) 

Pertama-tama, buat secara sederhana dengan menggunakan sumber daya anda saat ini atau menggunakan materi belajar online yang ada dari pada membuat materi belajar anda sendiri. Jika anda memiliki banyak waktu, jelajahi materi belajar apa yang saat ini ada di internet (online) yang dapat membantu anda menambah sumber materi belajar. Apa pun langkah yang anda ambil, pastikan anda: 
  • Membuat siswa bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas sebelum pertemuan di kelas (pra-kelas) 
  • Berikan siswa bagaimana cara untuk mengajukan pertanyaan tentang materi belajar yang mereka pelajari di luar kelas. 

Guru menjelaskan bagaimana mengembangkan struktur bagi siswa untuk terlibat dalam materi belajar sebelum pertemuan di kelas dengan baik, membuat materi mereka sendiri atau mengkurasi materi yang sudah ada

0 Response to "Panduan cara memulai Flipped Classroom "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel