Pendidikan

SMK Jurusan Kecantikan Kulit dan Rambut

0 Comments
Home
Pendidikan
SMK Jurusan Kecantikan Kulit dan Rambut
SMK Jurusan Kecantikan Kulit dan Rambut
Jurusan Kecantikan Kulit dan Rambut merupakan salah satu jurusan yang cukup favorit di SMK, ini dibuktikan dengan sekolah yang membuka jurusan Kecantikan Kulit dan Rambut selalu ramai pendaftarnya di musim Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dilaksanakan di awal tahun Pelajaran. Jurusan Kecantikan Kulit dan Rambut biasanya di dominasi oleh siswa cewek, walaupun di dominasi oleh siswa cewek bukan berarti kamu yang cowok tidak pas kalau di jurusan Kecantikan Kulit dan Rambut ini.

Kenapa Jurusan Kecantikan Kulit dan Rambut identik dengan siswa cewek? Baca saja Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Kecantikan Kulit dan Rambut ini sampai selesai.

Jurusan Kecantikan Kulit dan Rambut adalah jurusan yang membutuhkan kesabaran, ketelitian dan penuh kehati-hatian. Kenapa jurusan Kecantikan Kulit dan Rambut perlu kesabaran, ketelitian dan kehati-hatian? Apakah jurusan yang lain tidak membutuhkan itu?. Sebenarnya semua ilmu perlu dipelajari dengan kesabaran, ketekunan, ketelitian serta kehati-hatian. Namun pada jurusan Kecantikan Kulit dan Rambut ini kamu bakalan dituntut untuk memiliki Pengetahuan tentang Kecantikan dasar yang meliputi Pemangkasan dan Pewarnaan Rambut, Pengeritingan rambut dan penataan sanggul, Perawatan wajah, dan lain sebagainya.

Memiliki dasar anatomi dan fisiolaogi adalah hal yang wajib pada jurusan ini, sebab semua berawal dari anatomi dan fisiologi. Perawatan Tangan, Kaki, Nail Art dan Rias Wajah Khusus dan Kreatif, Perawatan Wajah, Badan (Body Massage) dan Waxing merupakan kompetensi yang sangat dibutuhkan pada saat ini karena pada dasarnya semua wanita ingin selalu tampil cantik .

Lulusan jurusan Kecantikan Kulit dan Rambut bisa bekerja di perusahaan, perkantoran atau lebih baik lagi untuk berwiraswasta.  Anda dapat membuka salon kecantikan sendiri, menjadi tata rias pengantin atau hal lain yang berkaitan dengan kecantikan. Peluang kerja jurusan kecantikan ini cukup besar dan ngga ada habisnya. Untuk kamu yang mau melanjutkan (kuliah) ke Perguruan Tinggi,
Jurusan Kecantikan Kulit dan Rambut juga banyak tersebar di Perguruan Tinggi maupun Universitas Negeri maupun Swasta.

Jika melihat dari Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Kecantikan Kulit dan Rambut ini sangat cocok bagi kamu yang akan melanjutkan kuliah di jurusan Tata Kecantikan, Pariwisata. Dasar dasar ilmu Kecantikan Kulit dan Rambut sudah kamu pelajari sewaktu di SMK.

Apa saja sih Mata Pelajaran SMK Jurusan Kecantikan Kulit dan Rambut itu?

Berikut ini Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Kecantikan Kulit dan Rambut sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor : 130/D/KEP/KR/201 Tanggal : 10 Februari 2017 tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan yang bakal kamu pelajari:

Bidang Keahlian      : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian    : Tata Kecantikan
Kompetensi Keahlian : Kecantikan Kulit dan Rambut


MATA PELAJARAN
KELAS
X
XI
XII
1 2 1 2 1 2
A Muatan Nasional
1 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 3 3 3 3 3 3
2 Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
2 2 2 2 2 2
3 Bahasa Indonesia 4 4 3 3 2 2
4 Matematika 4 4 4 4 4 4
5 Sejarah Indonesia 3 3 - - - -
6 Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) 3 3 3 3 4 4
JUMLAH A
19 19 15 15 15 15
B Muatan Kewilayahan
1 Seni Budaya 3 3 - - - -
2 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
2 2 2 2 - -
JUMLAH B
5 5 2 2 - -
C Muatan Peminatan Kejuruan
C1 Dasar Bidang Keahlian
1 Simulasi dan Komunikasi Digital 3 3 - - - -
2 IPA Terapan 3 3 - - - -
3 Kepariwisataan 3 3 - - - -
C2 Dasar Program Keahlian
1 Sanitasi Hygiene Kecantikan 2 2 - - - -
2 Anatomi dan Fisiologi 4 4 - - - -
3 Kecantikan Dasar 7 7 - - - -
C3 Kompetensi Keahlian
1 Pemangkasan dan Pewarnaan Rambut - - 6 6 5 5
2 Pengeritingan Rambut dan Penataan
Sanggul Tradisional dan Kreatif
- - 7 7 7 7
3 Perawatan Tangan, Kaki, Nail Art dan Rias Wajah Khusus dan Kreatif - - 4 4 6 6
4 Perawatan Wajah, Badan (Body Massage) dan Waxing - - 7 7 7 7
5 Produk Kreatif dan Kewirausahaan - - 7 7 8 8
JUMLAH C
22 22 31 31 33 33
TOTAL
46 46 48 48 48 48

Demikian Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Kecantikan Kulit dan Rambut, semoga bisa jadi referensi bagi kamu yang ingin sekolah di SMK Jurusan Kecantikan Kulit dan Rambut, atau bagi siapa saja yang ingin mengetahui Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Kecantikan Kulit dan Rambut

No comments