Artikel Budaya

Contoh Teks Pembawa Acara Pernikahan

0 Comments
Home
Artikel
Budaya
Contoh Teks Pembawa Acara Pernikahan
Teks Pembawa Acara Pernikahan - Budaya pernikahan di Indonesia secara umum dirayakan dengan pesta yang mengundang sanak family serta kerabat. Hal ini dimaksudkan agar lingkungan dan kerabat mengetahui bahwa hubungan pernikahan antara pria dan wanita telah sah dilakukan sehingga tidak menimbulkan fitnah di kemudian hari.

Sebagai bahan referensi, berikut ini contoh Teks Pembawa Acara Pernikahan yang umum dilakukan oleh masyarakat kita. Adapun susunan acara masing-masing daerah bisa berbeda antara satu dengan lainya, dan menyesuaikan dengan besar kecilnya pesta yang di rayakan.

Contoh Teks Pembawa Acara Pernikahan

 
Contoh Teks Pembawa Acara Pernikahan ini dapat disesuaikan dengan mengganti tulisan berwarna merah dengan nama yang punya hajat serta mempelai pria dan wanitanya.

Berikut contoh Teks Pembawa Acara Pernikahan

1. Pembukaan

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Innalhamdalillah wala khaulawala kuwwata illa billah a'mma ba'du.

Bapak, Ibu Saudara Sekalian yang kami hormati, sohibul hajjah yg kami hormati, dan kedua mempelai yg berbahagia. Pada hari yang berbahagia ini, marilah terlebih dahulu kita memanjatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT, karena dengan limpahan karuniaNya kita sekalian bisa hadir memenuhi undangan Keluarga Bapak ….(Sohibul Bait) dalam rangka akad nikah putrinya yang bernama

(Nama mempelai wanita) dengan saudara (Nama mempelai pria) dari keluarga bapak (Nama bapak mempelai pria).

Demi kelancaran acara, marilah kita membacakan Basmalah bersama-sama sebagai pembuka acara ini.

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

Bapak/ Ibu dan hadirin yang berbahagia, pada hari yang berbahagia ini, telah kami susun rangkaian acara pernikahan ini sebagai berikut :

1. Pembukaan, yang tadi telah kita buka bersama-sama.
2. Serah terima yang diawali
3. Seserahan
4. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an
5. Akad nikah yang dilanjutkan dengan pembacaan do’a
6. Sungkeman
7. Siraman Rohani
8. Santap Siang
9. Penutup, dan pemberian ucapan selamat kepada kedua mempelai

Bapak/ibu dan hadirin yang berbahagia, acara selanjutnya adalah serat terima

2. Serah terima

a. Sambutan dari calon mempelai pria sekaligus penyerahan

Bapak/ Ibu dan Hadirin yang kami hormati, sebagaimana layaknya adat kita maka atas nama keluarga mempelai wanita memberikan kesempatan kepada pihak mempelai pria untuk memberikan sekapu sirih, sebagai amanat keluarga menyerahkan pengantin pria kepada keluarga pengantin wanita. Untuk itu segera saja kami serahkan kepada yang mewakilinya.

Yang terhormat wakil keluarga pengantin pria kami persilahkan

b. Sambutan dari calon mempelai wanita sekaligus penerimaan

Terima kasih Bapak (Perwakilan dari calon mempelai pria) yang telah dengan ikhlas penuh kesungguhan telah menyampaikan amanat pengantin pria sekeluarga kepada keluarga pengantin wanita.

Selanjutnya, kiranya tepat sekali jika segera kesempatan berikutnya kami serahkan kepada pihak keluarga pengantin wanita, yang dalam hal ini akan diwakili oleh (Perwakilan dari calon mempelai wanita). untuk itu yang terhormat Bapak (Perwakilan dari calon mempelai wanita) kami persilahkan..

3. Seserahan

Terima kasih Bapak (Perwakilan dari calon mempelai wanita) yang telah menyampaikan amanat pengantin wanita sekeluarga kepada keluarga pengantin pria.Selanjutnya acara akan dilanjutkan dengan simbolis seserahan dari calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita, yang akan diwakili oleh ibunda dari calon mempelai pria kepada ibunda calon mempelai wanita. Kepadanya dipersilahkan..


4. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an

Untuk memanfaatkan waktu, marilah kia mulai saja acara selanjutnya, yakni pembacaan ayat suci Al-Qur’an, yang akan dibawakan oleh (Nama pembaca Al-Qur’an)


5. Akad nikah + doa

Selanjutnya marilah kita ikuti acara inti , yaitu akad nikah yang dilanjutkan dengan pembacaan doa, akad nikah yang akan dilaksanakan antara Saudari (Nama mempelai wanita) dengan saudara (Nama mempelai pria).

Dalam hal ini akan dipimpin oleh Bapak (Petugas KUA) selaku petugas dari Kantor Urusan Agama Kab. (Nama Kabupaten), kepada Bapak (Petugas KUA) kami persilakan


6. Sungkeman

Alhamdulillahirabbil ’Alamin, baru saja kita saksikan pelaksanaan akad nikah antara saudari (Nama mempelai wanita) dengan saudara (Nama mempelai pria). Mudah-mudahan akad nikah ini akan selalu menjadi tali pengikat cinta kasih abadi bagi mempelai berdua.

Semoga mempelai berdua tetap istiqomah dalam membina dan membentuk rumah tangga yangharmonis, rukun, Sakinah ma waddah warrohmah..

Acara selanjutnya yaitu sungkeman yang akan dipandu oleh (pihak keluarga), kepadanya dipersilahkan...


7. Siraman Rohani

Bapak/ Ibu dan hadirin yang berbahagia, acara selanjutnya yaitu siraman rohani yang akan dibawakan oleh Kyai/Ustadz....., kepada beliau kami persilahkan.


8. Santap Siang

Terimakasih kami ucapkan kepada Kyai/Ustad...., yang telah memberikan siraman rohani kepada kita semua. Semoga apa yang telah disampaikan oleh Kyai/Ustadz... dapat bermanfaat untuk kita semua, khususnya kedua mempelai yang sedang berbahagia.

Selanjutnya, sohibul bait telah menyiapkan hidangan santap siang. Kepada bapak/ ibu dan hadirin semua, kami persilahkan untuk menikmati santap siang yang telah disiapkan.

Kepada Kyai/Ustad..., kami mohon untuk dapat mengawalinya, silahkan...


9. Penutup

Alhamdulillah, rangkaian acara akad nikah sampai dengan prosesi sungkeman telah dilewati dengan baik. Dengan hormat kepada seluruh hadirin memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai beserta keluarga.

Sebelum acara ini kita tutup, apabila ada kata, kalimat dan perilaku kami yang kurang berkenan selama acara ini berlangsung, kami sekeluarga besar mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Dan apabila saya dalam memandu acara ini terdapat kekeliruan, saya juga mohon maaf yang sebesar-besarnya

Wassalamualaikum Warrahmautullahi Wabarakatuh..

Demikian contoh teks pembawa acara pernikahan secara umum, adapun pelaksanaanya bisa berbeda-beda sesuai dengan adat dan kebiasaan yang berlaku dimasing-masing daerah

No comments