Artikel Budaya

Teks Pembawa Acara Pengajian Yasinan

0 Comments
Home
Artikel
Budaya
Teks Pembawa Acara Pengajian Yasinan
Teks Pembawa Acara Pengajian Yasinan - Pengajian Yasinan merupakan kegiatan sosial keagamaan yang sering dilaksanakan oleh masyarakat baik di pedesaan maupun di perkotaan. Pengajian Yasinan dan tahlillan biasanya dilakukan di mushola, masjid, maupun rumah warga secara bergilir.

Disamping sambutan tuan rumah pengajian dan tahlillan, dalam acara seperti ini juga dibacakan susunan acara akan jalanya kegiatan. Teks pembawa acara pengajian yasinan merupakan panduan untuk mengatur jalanya kegiatan yang dibacakan oleh panitia kegiatan. Teks sambutan pengajian yasinan biasanya disusun oleh jama’ah berdasarkan kesepakatan yang telah disepakai sebelumnya.

Teks Pembawa Acara Pengajian Yasinan

Berikut ini contoh teks pembawa acara pengajian Yasinan yang umum digunakan dalam acara yasinan rutin. Sedangkan teks pembawa acara pengajian yasinan akan dibacakan oleh petugas secara bergilir maupun petugas khusus.

Teks pembawa acara pengajian Yasinan biasanya juga dilengkapi dengan susunan acara yang disesuaikan dengan maksud dan tujuan diadakanya acara pengajian yasinan oleh tuan rumah.

Pembawa acara pengajian yasinan tentu membutuhkan teks sebagai pedoman mengatur jalannya acara. Oleh karena itu, pada tulisan kali ini, kami menyediakan contoh teks pembawa acara pengajian yasinan yang bisa dijadikan referensi.

Contoh teks pembawa acara pengajian yasinan ini diiolah dan dikumpulkan dari berbagai sumber selama mengikuti pengajian yasinan. Berikut ini contoh teks dan susunan acara pengajian yasinan:

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang kami hormati, Ustadz …. (sebutkan nama)

Yang kami hormati, Bapak …. (sebutkan nama) selaku tuan rumah.

Bapak-bapak, dan Jama’ah yang berbahagia.

Pertama-tama, marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat, dan hidayahNya, sehingga kita bisa hadir dan berkumpul di tempat ini dengan keadaan sehat wal afiat.

Tak lupa shalawat serta salam kita curahkan kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW yang kita nantikan safa’atnya di yaumil akhir. Sebab beliaulah yang telah menuntun kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang ini.

Hadirin yang di rahmati Allah, saya atas nama wakil dari panitia/tuan rumah mengucapkan banyak terimakasih atas kehadiran bapak/ibu dan hadirin sekalian dalam acara pengajian yasinan pada malam ini.

Semoga kehadiran bapak dan semua jama’ah dicatat sebagai amal kebaikan, dan dapat mempertebal keimanan kita sehingga dapat menjadi bekal kita menghadap Allah kelak. Aamiin…

Adapun susunan acara pengajian yasinan pada malam hari ini adalah sebagai berikut.

1. Pembukaan
2. Pembacaan Sholawat Nabi
4. Sambutan Tuan Rumah
5. Siraman Rohani
6. Pembacaan Surat Yasin dan Tahlil
8. Doa dan penutup

Baiklah, untuk mempersingkat waktu, marilah kita buka bersama-sama acara pengajian ini dengan membaca basmalah. Bismillahirrahmanirrahim.

Menginjak acara yang kedua marilah kita bersama-sama membaca sholawat yang akan dipimpin oleh saudara….

(bersama-sama membaca sholawat)

Terimakasih kami ucapkan kepada saudara ….. yang telah memimpin pembacaan sholawat

Acara berikutnya adalah sambutan Tuan Rumah.

Kepada Bapak ….. atau yang mewakili kami persilahkan

Sambutan Tuan Rumah Pengajian Yasinan

Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak ... atas sambutanya.

Jama’ah dan hadirin yang berbahagia, sebelum pembacaan Surat Yasin dan Tahlil mari bersama-sama kita dengarkan Tauziah dari Ustadz…..

Kepada Kyai/Ustadz.... kami persilahkan.

(Acara siraman rohani)

Demikian tadi siraman rohani yang telah diberikan oleh Kyai/Ustadz…., semoga apa yang disampaikan dapat mempertebal iman dan bermanfaat bagi kita semua, Aamiin.

Acara selanjutnya adalah pembacaan Surat Yasin dan Tahlil yang akan di pimpin oleh Ustadz….

Kepada Ustadz….. kami persilahkan

(Pembacaan Surat Yasin dan Tahlil)

Terimakasih kepada ustadz… yang telah memimpin pembacaan Surat Yasin dan Tahlil

Dan untuk menutup acara ini, marilah kita berdoa bersama-sama yang dipimpin oleh ustad....

Kepada ustad.... dipersilahkan.

Demikianlah rangkaian acara pengajian ibu-ibu pada siang/ malam hari.

Saya atas nama panitia penyelenggara menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya, dan sebagai pembawa acara pengajian ini saya memohon maaf apabila ada kalimat atau kata-kata yang kurang berkenan di hati para hadirin sekalian.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Demikian teks pembawa acara pengajian yasinan yang bisa di gunakan sebagai referensi. Tentu saja susunan acara bisa berbeda antara daerah satu dengan lainya sesuai dengan kebiasaan yang berlaku

No comments