-->

Iklan-atas-was-info1

Mengenal Jurusan IT di SMK

Mengenal Jurusan IT di SMK - Jurusan IT di SMK, Information Technology (IT) atau dalam bahasa indonesianya adalah Teknologi Informasi (TI) merupakan istilah umum untuk teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan, dan menyebarkan informasi. Teknologi Informasi (IT) yang disatukan dengan komputasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video (id.wikipedia.org). 

Dalam perkembanganya, Teknologi Informasi (IT) tidak hanya dipelajari di Perguruan Tinggi (PT) saja, tetapi juga di pelajari di sekolah-sekolah, khususnya sekolah yang membuka Jurusan IT di SMK dengan berbagai Kompetensi Keahlian (Jurusan).

Mengenal Jurusan IT di SMK
 
Perlu diketahui bahwa berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi, SMK memiliki Bidang Keahlian, Program Keahlian, dan Kompetensi Keahlian. Untuk lebih memahami apa itu Bidang Keahlian, Program Keahlian, dan Kompetensi Keahlian silahkan baca lagi Perbedaan Bidang Keahlian, Program Keahlian, dan Kompetensi Keahlian tersebut dalam tulisan terdahulu di blog ini.

Penggunaan istilah Jurusan IT di SMK merupakan jurusan umum, karena Jurusan IT di SMK akan di spesifikan lagi menjadi beberapa jurusan, atau kata lain bahwa Jurusan IT di SMK memiliki beberapa Jurusan yang pada kurikulum 2013 disebut dengan Kompetensi Keahlian.

Agar mudah dipahami, bagi adik-adik yang masih bingung memilih jurusan IT di SMK, berikut ini kami jelaskan sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 07/D.D5/KK/2018 tanggal 7 Juni 2018 tentang Spektrum Struktur Kurikulum SMK/MAK atau biasa dikenal dengan Kurikulum 2013 Revisi yang berlaku saat ini, bahwa Jurusan IT ini sebenarnya masuk ke dalam Bidang Keahlian, yang didalamnya terdapat Program Keahlian, dan Kompetensi Keahlian (Jurusan). 

Lebih rincinya adalah sebagai berikut:

Bidang Keahlian Program Keahlian Kompetensi Keahlian (Jurusan)
Teknologi Informasi Dan Komunikasi Teknik Komputer dan Informatika 1. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ, 3 Tahun)
2. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL, 3 Tahum)
3. Multimedia (MM, 3 Tahun)
4. Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi (SIJA, 4 Tahun)
Teknik Telekomunikasi 1. Teknik Transmisi Telekomunikasi (3 Tahun)
2. Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi (3 Tahun)


Tidak semua Jurusan IT di SMK tersebut dibuka oleh sekolah SMK, biasanya hanya beberapa Kompetensi Keahlian (Jurusan) saja misalnya Jurusan TKJ dan RPL, jurusan TKJ, RPL, dan MM, bahkan ada juga yang hanya membuka satu jurusan saja seperti TKJ atau MM yang paling banyak (saat ini). Walaupun demikian, ada juga beberapa sekolah yang membuka semua Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika (TKJ, RPL, MM, dan SIJA).

Jika adik-adik yang sekarang masih duduk di SMP ingin melanjutkan sekolah dengan mengambil Jurusan IT di SMK sebaiknya tanyakan dan pahami dulu Perbedaan Jurusan TKJ, RPL, MM, dan SIJA tersebut, karena kita hanya boleh memilih salah satu dari jurusan tersebut saja.

Sebenarnya dengan melihat Struktur Kurikulum (Mata Pelajaran) pada setiap jurusan tersebut bisa dipahami arah dan kompetensi yang akan didapat ketika adik-adik mempelajari dari salah satu jurusan IT di SMK ini.

Demikian sedikit ulasan tentang Jurusan IT di SMK, dan lain waktu akan saya jelaskan perbedaan dan Persamaan Jurusan TKJ, RPL, MM, dan SIJA di SMK.

0 Response to "Mengenal Jurusan IT di SMK"

Post a Comment

Iklan-link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel