Iklan-atas-was-info1

Pengenalan Jurusan TKJ pada Siswa Baru untuk Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS)


Tahun Pelajaran Baru telah tiba,

Dalam kesempatan kali ini saya diberi tugas oleh Sekolah untuk menyampaikan materi Pengenalan Jurusan dalam Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). Berikut merupakan rangkuman dari materi Pengenalan Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yang telah saya sampaikan kepada Siswa Baru di awal masuk sekolah.

TKJ itu jurusan apa sih?

TKJ adalah singkatan dari Teknik Komputer dan Jaringan, sebuah Jurusan atau jika dalam SMK adalah Kompetensi Keahlian yang mempelajari ilmu-ilmu teknik komputer dan jaringanya.

Sebelum dijelaskan lebih mendalam, mari kita lihat Kompetensi Keahlian TKJ masuk ke dalam Bidang Keahlian dan Program Keahlian apa?. Dulu SMK terdiri dari beberapa rumpun (bidang) keahlian seperti Teknik, Bisnis Manajemen, Pariwisata, dan lain sebagainya. Tetapi seiring berjalanya waktu kebijakan demi kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah telah merubah nama dari rumpun tersebut menjadi Bidang Keahlian.

Dalam tulisan kali ini kita akan spesifik membahas apa sih jurusan (kompetensi keahlian) TKJ itu?
Seperti dijelaskan diatas bahwa TKJ merupakan kompetensi keahlian (jurusan) yang mempelajari IT (Information Teknologi) baik dari sisi Software maupun Hardware serta teknologi Jaringanya.
TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) masuk kedalam Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika.

Dalam bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika terdapat 4 (empat) Kompetensi Keahlian, diantaranya adalah:
  1. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  2. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
  3. Multimedia (MM)
  4. Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi (4 Tahun) (SIJA)

 Apasih yang dipelajari di Kompetensi Keahlian (Jurusan) TKJ?


Di jurusan TKJ akan dipelajari beberapa mata pelajaran yang dikelompokan kedalam:
Mata Pelajaran TKJ














Untuk kelompok A dan Kelompok B merupakan pelajaran umum yang akan dipelajari oleh semua bidang keahlian, sedangkan kelompok C1 akan dipelajari oleh semua Program Keahlian, sedangkan kelompok C2 dan C2 merupakan spesialisasi dari masing-masing kompetensi Keahlian (Jurusan).

Untuk lebih jelasnya, dibawah ini adalah Struktur Kurikulum dari Kompetensi Keahlian (jurusan) TKJ berdasarkan Kurikulum 2013 yang telah direvisi sesuai dengan SK Dirjen No.130 Tahun 2017

Bidang Keahlian              : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Program Keahlian            : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Kehlian        : Teknik Komputer dan Jaringan

A. Muatan Nasional 
B. Muatan Kewilayahan

Pelajaran TKJ

























Pelajaran TKJ






























Berbekal dengan keterampilan pada mapel C, baik C1, C2 maupun C3 maka lulusan Teknik Komputer dan Jaringan diharapkan mampu menjadi tenaga ahli madya (tenaga teknis) bidang komputer dan Jaringan di Perusahaan yang berskala nasional maupun lokal.

Lulusan TKJ juga mampu berwirausaha bidang IT seperti membuka jasa service komputer, Pemasangan Jaringan LAN, WAN dan Internet.

 Perusahaan apa yang pas untuk alumni TKJ?

 Alumni TKJ bebas memilih Perusahaan yang diminati, baik Perusahaan IT maupun Perusahaan non IT karena sekarang hampir semua perusahaan sudah menerapkan IT dalam perusahaanya walaupun hanya sekedar mengolah data dan penggunaan jaringan komputer LAN maupun Internet.
Perusahaan-perusahaan besar banyak yang melirik para lulusan SMK khususnya TKJ untuk dijadikan operator, teknisi komputer maupun teknisi jaringan sehingga peluang untuk alumni TKJ masih terbuka sangat lebar. Tertarik kan dengan jurusan TKJ? :D

Beberapa perusahaan yang telah mempekerjakan alumni TKJ baik untuk operator maupun teknisi komputer dan juga terknisi jaringanya adalah:
BANK, Astra, Hotel, Internet Service Provider (ISP), dll

 Apakah Alumni (lulusan) TKJ bisa kuliah?

Lulusan TKJ sangat terbuka lebar untuk dapat melanjutkan kuliah ke berbagai perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta dengan jurusan yang sama maupun dengan jurusan yang berbeda semasa di SMK. Tetapi saya menyarankan agar alumni TKJ dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi dengan jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Komputer maupun Telekomunikasi, alumni TKJ sudah memiliki dasar yang baik dalam bidang IT sehingga jika dikembangkan lagi diperguruan tinggi akan menjadi Tenaga IT yang handal.

Baca : Lulus SMA atau SMK mau kemana?

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat..

0 Response to "Pengenalan Jurusan TKJ pada Siswa Baru untuk Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel