PKL Sekolah

Info Tempat PKL Jurusan Multimedia SMK

2 Comments
Home
PKL
Sekolah
Info Tempat PKL Jurusan Multimedia SMK
Info Tempat PKL Jurusan Multimedia SMK - Menjelang Pelaksanaan PKL/ Prakerin, banyak siswa SMK yang masih bingung menentukan tempat PKL/ Prakrin yang sesuai dengan jurusanya, hal ini disebabkan kurangnya informasi yang diperoleh siswa SMK terkait dengan Industri Pasangan (IP) di sekolah tersebut. 

Alhasil, mereka PKL ditempat yang kurang sesuai dengan jurusanya di SMK. Sebagai contoh, anak jurusan multimedia PKL dikantor pemerintah yang hanya berurusan dengan arsip-arsip maupun hanya sebagai tukang ketik surat dikantor. 

Sebenarnya apa sih tempat PKL yang cocok untuk jurusan Multimedia?. 

PKL/ Prakerin adalah ajang siswa untuk mengasah pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kompetensi yang diajarkan disekolah, oleh karena itu PKL seharusnya di Perusahaan yang dapat mendukung pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari di sekolah. 


Info Tempat PKL Jurusan Multimedia SMK - Untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di SMK, khususnya pembelajaran praktik harus melibatkan Industri Pasangan sesuai dengan Kompetensi Keahlian (jurusan) yang ada di SMK tersebut. 

Keterlibatan industri dalam kegiatan pembelajaran di SMK meliputi Magang, Praktik Kerja Lapangan (PKL), Kunjungan Industri (KI) dan suport SDM sesuai bidangnya. 

Suport SDM misalnya dengan mendatangkan tenaga ahli dari industri untuk memberikan pelatihan singkat terhadap siswa maupun guru produktif di SMK. 


Info Tempat PKL Jurusan Multimedia SMK

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan kegiatan belajar yang dilakukan diluar sekolah sesuai jadwal yang telah ditentukan berdasarkan kesepakatan antara Industri dan sekolah. 

Kegiatan belajar ini dilakukan di Industri yang relevan dengan Kompetensi Keahlian Siswa yang melakukan PKL tersebut. 

SMK harus melakukan kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) dalam rangka pembelajaran praktik di luar sekolah (DU/DI). 

Bentuk kerjasama tersebut harus di dokumentasikan dalam bentuk Nota Kesepahaman (MoU) sehingga hubungan antara SMK dan DU/DI memiliki dasar yang jelas yaitu MoU. 


Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) disusun bersama antara SMK dan DU/DI yang menjadi Institusi/Industri Pasangan (IP) dalam pelaksanaan PKL untuk memenuhi kebutuhan peserta didik sebagai peserta PKL, sekaligus merupakan wahana berkontribusi bagi DU/DI terhadap upaya peningkatan kualitas pendidikan di SMK. Untuk tempat PKL jurusan Multimedia harus sesuai dengan kompetensi keahlian yang diajarkan di sekolah. 

Pada daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Multimedia Kurikulum 2013 revisi terlihat jelas bahwa mata pelajaran C3 (produktif) adalah menuntut siswa untuk memiliki kompetensi Desain Grafis Percetakan, Desain Media Interaktif, Teknik Animasi 2D dan 3D, Teknik Pengolahan Audio dan Video sehingga Industri pasangan untuk jurusan multimedia adalah yang bergerak dibidang itu. 

Industri Pasangan (IP) harus relevan dengan jurusan di SMK, sehingga peserta didik dalam melakukan kegiatan PKL akan mendapatkan ilmu dan keterampilan sesuai dengan Kompetensi Keahlianya. Kesalahan dalam memilih tempat PKL akan berdampak pada kurangnya pengetahuan dan keterampilan pada jurusan yang dipelajarinya. 

Misalnya siswa jurusan Multimedia PKL diperusahaan yang tidak ada hubunganya dengan desain grafis maupun pengolahan audio dan video. 

Sebagai contoh, anak Multimedia saat PKL hanya menjadi pelayan toko, pelayan restoran, tukang ketik surat, dan pekerjaan lain yang tidak ada hubunganya dengan grafis. Jika demikian maka pengalaman dan keterampilan yang didapat pada saat PKL tidak sesuai dengan jurusanya. 

Tempat PKL untuk jurusan Multimedia sebenarnya sangat banyak, sebab hampir semua perusahaan mengiklankan produk maupun jasanya menggunakan sistem digital maupun animasi. 

Hal ini menjadi peluang besar jurusan Multimedia untuk dapat masuk di divisi Marketing dalam perusahaan tersebut. Tempat PKL untuk SMK jurusan Multimedia menjadi terbuka lebar dan bukan hanya di perusahaan IT saja karena hampir semua perusahaan membutuhkan iklan. 

Beberapa rekomendasi perusahaan tempat PKL jurusan Multimedia yang sesuai dengan Kompetensinya antara lain: 

1. Industri Periklanan (advertising) 

Perusahaan yang bergerak di bidang advertising merupakan tempat PKL yang paling cocok untuk jurusan Multimedia. Mata Pelajaran Produktif (C3) Desain Media Interaktif akan sangat dibutuhkan dalam perusahaan ini. 

2. Studio TV 

Tempat PKL jurusan Multimedia yang paling cocok berikutnya adalah Studio TV. Mata Pelajaran yang sangat berkaitan adalah Teknik Animasi 2D dan 3D, Teknik Pengolahan Audio dan Video dan semua mata pelajaran di C2 dan C3. 

3. Hotel 

Divisi Marketing di sebuah Hotel memiliki peran penting dalam membantu mempromosikan hotel untuk Marketing, Video Profil Hotel, dokumentasi kegiatan hotel, dan lain sebagainya 

4. Percetakan 

Dalam dunia percetakan keahlian seorang desainer sangat dibutuhkan. Kompetensi/ keahlian desain grafis merupakan hal terpenting dalam perusahaan percetakan ini. Mata Pelajaran Desain Percetakan akan sangat dibutuhkan untuk mendesain produk dari percetakan ini. 

5. Instansi Pemerintah 

Di kantor Instansi Pemerintah tenaga yang menguasai desain grafis dan editing video sangat dibutuhkan untuk membuat video profil, dokumentasi kegiatan pejabat serta laporan-laporan dalam bentuk digital. Instansi Pemerintah merupakan salah satu alternatif tempat PKL jurusan Multimedia yang cocok. 

6. Foto Studio dan Studio Film 

Selain Percetakan, Studio TV, Periklanan (advertising) tempat PKL yang sesuai untuk jurusan Multimedia adalah Foto Studio (Studi Foto). Tempat PKL jurusan Multimedia yang ini akan memberikan keterampilan yang mumpuni untuk menjadi foto grafer, dll. 

7. Perusahaan lainya 

Untuk selain perusahaan-perusahaan diatas, tempat PKL jurusan Multimedia sangat banyak, karena hampir semua perusahaan membutuhkan seseorang yang mampu membuat desain maupun mengelola film dokumentasi. 

Demikian uraian singkat tentang PKL dan tempat PKL SMK jurusan Multimedia. Untuk Manfaat dan Tujuan PKL, Pola Penyelenggaraan PKL, Pedoman Penilaian PKL serta Monitoring dan Pelaporan Nilai PKL dalam rapot silahkan baca di halaman lain dalam blog ini.

2 comments

  1. Unknown
    Unknown
    November 20, 2021
    Selamat siang pak/ibu saya mau izin bertanya apakah lowongan prakerin untuk Jurusan Multimedia ada
  2. Tino Sutanto Hutahaean
    Tino Sutanto Hutahaean
    September 20, 2021
    Selamat pagi pak/ibu saya mau izin bertanya apakah lowongan prakerin untuk Jurusan Multimedia ada pak