PKL

Tempat PKL yang sesuai untuk Jurusan TKJ

0 Comments
Home
PKL
Tempat PKL yang sesuai untuk Jurusan TKJ
Tempat PKL yang sesuai untuk Jurusan TKJ - Praktik Kerja Lapangan (PKL) atau Praktik Kerja Industri (Prakerin) di SMK merupakan suatu proses Pembelajaran di Industri yang bertujuan untuk mengembangan potensi dan pembangunan karakter peserta didik/siswa sebagai hasil sinergi antara pendidikan yang berlangsung di sekolah, keluarga, dan masyarakat.

Proses tersebut memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dalam sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan, keterampilan, sikap kerja dan nilai-nilai karakter yang diperlukan untuk kehidupan dirinya dan kehidupan bermasyarakat pada umumnya, berbangsa, serta berkontribusi pada kesejahteraan hidup umat manusia.

Tempat PKL yang sesuai untuk Jurusan TKJ

Tempat PKL yang sesuai untuk Jurusan TKJ - Untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di SMK, khususnya pembelajaran praktik harus melibatkan Industri Pasangan sesuai dengan Kompetensi Keahlian (jurusan) yang ada di SMK tersebut. 

Keterlibatan industri dalam kegiatan pembelajaran di SMK meliputi Magang, Praktik Kerja Lapangan (PKL), Kunjungan Industri (KI) dan suport SDM sesuai bidangnya. 

Suport SDM misalnya dengan mendatangkan tenaga ahli dari industri untuk memberikan pelatihan singkat terhadap siswa maupun guru produktif di SMK. 

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan kegiatan belajar yang dilakukan diluar sekolah sesuai jadwal yang telah ditentukan berdasarkan kesepakatan antara Industri dan sekolah. 

Kegiatan belajar ini dilakukan di Industri yang relevan dengan Kompetensi Keahlian Siswa yang melakukan PKL tersebut. 

SMK harus melakukan kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) dalam rangka pembelajaran praktik di luar sekolah (DU/DI). 

Bentuk kerjasama tersebut harus di dokumentasikan dalam bentuk Nota Kesepahaman (MoU) sehingga hubungan antara SMK dan DU/DI memiliki dasar yang jelas yaitu MoU. 

Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) disusun bersama antara SMK dan DU/DI yang menjadi Institusi/Industri Pasangan (IP) dalam pelaksanaan PKL untuk memenuhi kebutuhan peserta didik sebagai peserta PKL, sekaligus merupakan wahana berkontribusi bagi DU/DI terhadap upaya peningkatan kualitas pendidikan di SMK. 

Untuk tempat PKL jurusan TKJ harus sesuai dengan kompetensi keahlian yang diajarkan di sekolah. Pada daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan TKJ Kurikulum 2013 revisi terlihat jelas bahwa mata pelajaran C3 (produktif) adalah menuntut siswa untuk memiliki kompetensi Administrasi Infrastruktur jaringan, Administrasi Sistem Jaringan, dan lain sebagainya. 

Industri Pasangan (IP) harus relevan dengan jurusan di SMK, sehingga peserta didik dalam melakukan kegiatan PKL akan mendapatkan ilmu dan keterampilan sesuai dengan Kompetensi Keahlianya. 

Kesalahan dalam memilih tempat PKL akan berdampak pada kurangnya pengetahuan dan keterampilan pada jurusan yang dipelajarinya. 

Misalnya siswa jurusan TKJ PKL diperusahaan yang tidak ada hubunganya dengan Komputer dan jaringan. 

Sebagai contoh, anak TKJ saat PKL hanya menjadi pelayan toko, pelayan restoran, tukang ketik surat, dan pekerjaan lain yang tidak ada hubunganya dengan komputer dan jaringan. 

Jika demikian maka pengalaman dan keterampilan yang didapat pada saat PKL tidak sesuai dengan jurusanya. 

Tempat PKL untuk jurusan TKJ sebenarnya sangat banyak, sebab hampir semua perusahaan menggunakan komputer dalam pengelolaan data dan manajemen perusahaanya. 

Hal ini menjadi peluang besar jurusan TKJ untuk dapat masuk di divisi IT dalam perusahaan tersebut. Tempat PKL untuk SMK jurusan TKJ menjadi terbuka lebar dan bukan hanya di perusahaan IT saja karena hampir semua perusahaan membutuhkan IT. 

Beberapa rekomendasi perusahaan tempat PKL jurusan TKJ yang sesuai dengan Kompetensinya antara lain: 

1. Data Center 

Perusahaan yang bergerak di bidang Data Center merupakan tempat PKL yang paling cocok untuk jurusan TKJ. Mata Pelajaran Produktif (C3) Administrasi Sistem Jaringan akan sangat dibutuhkan dalam perusahaan ini. 

2. Internet Service Provider (ISP) 

Tempat PKL jurusan TKJ yang paling cocok berikutnya adalah Internet Service Provider (ISP). Mata Pelajaran yang sangat berkaitan adalah Administrasi Sistem Jaringan (ASJ), Administrasi Infrastruktur Jaringan (AIJ), Teknologi Layanan Jaringan (TLJ) dan semua mata pelajaran di C2 dan C3.


3. Hotel 

Divisi IT di sebuah Hotel memiliki peran penting dalam membantu manajemen hotel seperti Marketing, Administrasi dan pendataan kamar Hotel, layanan internet untuk tamu, dan lain sebagainya 

4. BANK 

Walaupun semua bank memilki tenaga IT yang sudah profesional dan spesifik pada bidang tertentu tetapi ada kalanya membutuhkan siswa PKL untuk membantu mengerjakan hal-hal yang sederhana seperti, perawatan jaringan, perawatan komputer, perbaikan-perbaikan perangkat komputer dan sebagainya. 

5. Instansi Pemerintah 

Di kantor Instansi Pemerintah tenaga yang menguasai hardware komputer, printer dan jaringan komputer dan internet sangat dibutuhkan sehingga ini merupakan salah satu alternatif tempat PKL jurusan TKJ yang cocok. 

6. Toko dan Service Komputer 

Selain Data Center, ISP, Hotel, BANK, tempat PKL yang sesuai untuk jurusan TKJ dan tersebar di mana-mana adalah Toko dan Service Komputer. Tempat PKL jurusan TKJ yang ini akan memberikan keterampilan yang mumpuni untuk menjadi teknisi komputer, laptop, printer, dll. 

7. Perusahaan lainya 

Untuk selain perusahaan-perusahaan diatas, tempat PKL jurusan TKJ sangat banyak, karena hampir semua perusahaan membutuhkan seseorang yang mampu merawat, memperbaiki komputer dan jaringanya. 

Demikian uraian singkat tentang PKL dan tempat PKL SMK jurusan TKJ. Untuk Manfaat dan Tujuan PKL, Pola Penyelenggaraan PKL, Penilaian dan Pemberian Sertifikat PKL, Monitoring dan Pelaporan Nilai PKL silahkan baca di halaman lain dalam blog ini.

No comments