Iklan-atas-was-info1

Peluang kerja SMK Multimedia

Peluang kerja SMK Multimedia

Peluang kerja SMK Multimedia - Jurusan Multimedia adalah salah satu jurusan pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika yang dalam Kurikulum 2013 disebut dengan Kompetensi Keahlian Multimedia. Pada Sekolah Menengah Kejuruan dikenal dengan Bidang Keahlian, Program Keahlian dan Kompetensi Keahlian (Jurusan). Kompetensi Keahlian (Jurusan) Multimedia merupakan salah satu jurusan yang berada/ bagian dari Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika, sedangkan Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika merupakan bagian dari Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi. Untuk dapat memahami apa itu Bidang Keahlian, Program Keahlian dan Kompetensi Keahlian silahkan baca: Perbedaan Bidang Keahlian, Program Keahlian dan Kompetensi Keahlian pada tulisan yang lalu. 

Semakin majunya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini maka Peluang Kerja SMK Multimedia menjadi sangat luas. Tenaga-tenaga terampil dalam bidang multimedia saat ini sangat di butuhkan oleh perusahaan terutama untuk bagian marketing/ pemasaran. Perusahaan dalam melakukan promosi lebih memilih menggunakan media digital seperti Televisi, Internet dan media digital lainya yang dianggap sangat efektif untuk saat ini. Semakin berkembangnya teknologi digital yang begitu pesat, maka secara otomatis tren perusahaan dalam melakukan promosi juga melalui media digital. Hal ini tentunya akan membuka peluang kerja SMK Multimedia menjadi begitu lebar. 

Peluang Kerja apa saja untuk SMK Multimedia? 

SMK Jurusan Multimedia memiliki peluang kerja yang begitu banyak, bukan hanya bekerja pada perusahaan saja tetapi lulusan SMK jurusan Multimedia juga dapat berwiraswasta dan menciptakan lapangan kerja. Berikut ini adalah contoh peluang kerja lulusan SMK jurusan Multimedia 

Bekerja pada Perusahaan untuk posisi: 


1. Graphic Designer (Desain Grafis) 

Pada posisi ini kompetensi yang harus dikuasai adalah software Desain Grafis seperti Adhobe Photoshop, CorelDraw, Page Maker, dll. Disamping keahlian desain menggunakan aplikasi tersebut, ulet, jujur dan tanggung jawab merupakan modal utama. 

2. Digital Marketing 

Pada posisi ini kompetensi yang harus dikuasai adalah internet dan desain grafis 

3. Marketing dan Administrasi Online 

Pada posisi ini, calon karyawan/ pekerja harus menguasai internet dan aplikasi berbasis web 

4. Project Supervisor 

Pada posisi Project Supervisor, kompetensi yang harus dikuasai adalah penangana project yang berkaitan dengan desain grafis dan juga internet 

5. Photografer 

Jurusan multimedia biasanya identik dengan Potret memotret/ foto, film dan juga animasi. Tentunya untuk kompetensi photografer sudah pasti dikuasai. 

6. Dll 

Wiraswasta 

1. Membuka studio foto, cuci cetak foto, dll 
2. Cetak banner, undangan, video shoting, dll 
3. Online Shop/ Marketplace, dropshiper, dll 

Di era digital seperti sekarang ini ada banyak sekali peluang kerja smk jurusan multimedia, apalagi ada kompetensi lain yang dikuasai selain desain grafis seperti Programing, networking, dll maka akan semakin terbuka lebar peluang kerjanya. 

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Peluang kerja SMK Multimedia "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel