Artikel Ujian

Tahapan Penulisan Soal US sesuai K13 Revisi

0 Comments
Home
Artikel
Ujian
Tahapan Penulisan Soal US sesuai K13 Revisi
Tahapan Penulisan Soal US sesuai K13 Revisi - Ujian Sekolah (US) adalah ujian akhir sekolah yang dilaksanakan pada sekolah masing-masing sesuai dengan aturan yang ada. 

Hasil US merupakan salah satu penentu kelulusan siswa dari sekolah, oleh karena itu soal-soal US diharapkan memenuhi syarat instrumen yang terukur dengan baik sehingga dapat memberikan informasi yang valid dan objektif. 

Soal ujian yang kurang baik dapat memberikan informasi yang tidak sesuai dengan capaian kompetensi siswa dan dapat merugikan siswa sehingga informasi yang diperoleh dari ujian itu tidak tepat dan dapat menyesatkan jika dipakai untuk pengambil keputusan. 

Penulisan soal US dibuat oleh guru pada masing-masing satuan pendidikan disetiap kabupaten/kota/provinsi. 


Untuk meningkatkan kualitas soal US perlu dibuat tahapan penulisan soal US sesuai K13 Revisi yang harus dilalui oleh penulis soal. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, penilaian terhadap peserta didik di satuan pendidikan dapat menggunakan berbagai bentuk penilaian, tergantung pada tujuan dan kompetensi yang dinilai. 

Pada US tahun pelajaran 2021/2022, menggunakan bentuk tes tertulis (pilihan ganda dan uraian). Selain tes tertulis, pada US juga akan dilakukan tes praktik pada pelajaran-pelajaran tertentu. Dalam pembahasan tahapan penulisan soal US ini hanya terbatas pada tes tertulis dengan bentuk pilihan ganda, uraian dan tes praktik saja. 


Penilaian pada US adalah penilaian yang terstandar, penilaian ini sudah melalui tahapan dan kaidah dalam penulisan soal-soalnya. Dalam penulisan soal untuk penilaian yang terstandar, harus menggunakan acuan yang jelas dan sama dalam setiap tingkat satuan pendidikan. 

Tahapan dan Kaidah Penulisan Soal US sesuai K13 Revisi

Standar acuan harus sama, baik dalam penyusunan dan penulisan soal maupun dalam pelaksanaan ujiannya. Pelaksanaan US pada setiap jenjang satuan pendidikan menggunakan acuan Prosedur Operasional Standar (POS) US yang dikeluarkan oleh pemerintah. 

Dalam penulisan dan penyusunan soal US, harus berdasarkan kisi-kisi soal US dengan memperhatikan: 
  • kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan 
  • Standar Isi 
  • kurikulum yang berlaku 
Kisi-kisi soal US hanya merupakan awal dari pengembangan soal US. Ada beberapa tahapan dan langkah yang perlu diperhatikan agar soal US yang dibuat menjadi berkualitas. Tahapan-tahapan tersebut adalah sebagai berikut: 

1. Penyusunan indikator soal 

Dalam penyusunan indikator soal US harus menjabarkan lingkup materi dan level kognitif dari kisi-kisi soal US. Kisi-kisi ini selanjutnya dipakai sebagai pedoman dalam penulisan/perakitan soal. 

2. Penulisan soal 

Dalam penulisan soal US harus ditulis oleh guru pengampu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan sesuai dengan jenjangnya. Indikator soal, penulisan soal serta pedoman pensekoran pada soal praktik maupun uraian soal-soal US menjadi lebih baik dan terukur jika disusun oleh KKG/MGMP. 

3. Penelaahan Soal 

Soal harus ditelaah secara kualitatif dengan memperhatikan kaidah penulisan soal oleh penelaah, dan penelaahan soal US dilakukan oleh KKG/MGMP. Hasil telaah soal selanjutnya diklasifikasikan menjadi soal dengan kategori baik, kurang baik, dan ditolak. 

Soal dengan klasifikasi baik dapat langsung diterima dan digunakan, sedangkan soal dengan klasifikasi kurang baik perlu diperbaiki, dan soal dengan klasifikasi ditolak akan dikembalikan ke penulis. 

4. Perakitan soal 

Soal-soal yang telah melalui tahapan-tahapan diatas dan dianggap baik selanjutnya dirakit menjadi beberapa paket soal untuk digunakan dalam ujian. Pada perakitan soal US, dilakukan penggabungan antara soal dari Kementrian dan soal yang ditulis oleh pendidik. Perakitan dapat dilakukan di satuan pendidikan atau KKG/MGMP. 


Demikian Tahapan dan Kaidah Penulisan Soal US sesuai dengan Kurikulum 2013 Revisi pada setiap jenjang di satuan pendidikan, dengan melalui tahapan dan kaidah ini diharapkan soal-soal US menjadi lebih terukur dan jelas. 

Semoga bermanfaat...

No comments