Iklan-atas-was-info1

Peluang Kerja Lulusan SMK Jurusan Farmasi

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Jurusan Farmasi merupakan Sekolah kejuruan yang yang mencetak/ menyiapkan/ melatih siswanya agar memiliki keahlian di bidang farmasi sehingga lulusan dari jurusan ini siap kerja. SMK sebenarnya memiliki banyak jurusan, pada Kurikulum 2013 Jurusan berganti nama menjadi Kompetensi Keahlian tetapi kebanyakan orang lebih familiar dengan kata “Jurusan”. Pengelompokan Kompetensi Keahlian (Jurusan) terdapat pada Bidang Keahlian – Program Keahlian – Kompetensi Keahlian. Sebagai contoh, jurusan Farmasi sebenarnya merupakan bagian dari Program Keahlian Kesehatan dan Pekerjaan Sosial, tetapi dalam keseharianya masih banyak yang menyebutkan Jurusan Farmasi. Padahal jurusan Farmasi ini masih bersifat umum karena didalam jurusan Farmasi ini terbagi lagi menjadi beberapa Kompetensi Keahlian (Jurusan). Berikut ini pembagian Kompetensi Keahlian/ Jurusan Farmasi yang sering keliru di masyarakat.

Peluang Kerja Lulusan SMK Jurusan Farmasi

Sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 07/D.D5/KK/2018 Tanggal : 7 Juni 2018 tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan Jurusan Farmasi terbagi menjadi:

Bidang Keahlian         : Kesehatan dan Pekerjaan Sosial
Program Keahlian       : Farmasi
Kompetensi Keahlian  :

Jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas merupakan jurusan yang membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi. Mengapa jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas memerlukan ketelitian yang tinggi? Apakah jurusan yang lain tidak membutuhkan itu?. Sebenarnya semua Jurusan memerlukan ketelitian yang tinggi tetapi untuk jurusan Farmasi ini memang membutuhkan tingkat ketelitian yang sangat tinggi. Pada Jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas ini kamu bakalan dituntut untuk memahami Dasar-dasar Kefarmasian, Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup, dan lain sebagainya. Hal tersebut berhubungan langsung dengan Makluk hidup yang ada di bumi ini. Faktor lingkungan sangat diperhatikan dalam jurusan ini, apalagi yang menyangkut kesehatan manusia yang merupakan bagian terpenting dalam kehidupan. Selain tingkat ketelitian yang tinggi, jurusan ini juga memerlukan tingkat kesabaran yang tinggi. Pada jurusan farmasi Klinis akan mempelajari Dasar-dasar Kefarmasian, Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup, Farmakognosi Dasar, dan sebagainya.

Selain Jurusan Farmasi Klinis dan Komunitas, Farmasi juga memiliki Jurusan Farmasi Industri. Jurusan Farmasi Klinis dan Komunitas serta Jurusan Farmasi Industri adalah jurusan yang sama-sama membutuhkan tingkat ketelitian tinggi. Pada jurusan Farmasi Industri juga mempelajari Mata Pelajaran yang di pelajari di Farmasi Klinis dan Komunitas. Kedua jurusan ini memiliki peluang kerja yang sama bagi alumninya. Peluang kerja alumni SMK jurusan farmasi ini cukup banyak karena hampir semua toko obat, klinik dan rumah sakit dan perusahaan-perusahaan besar membutuhkan alumni SMK Jurusan Farmasi Klinis maupun Farmasi Industri. Hampir setiap lowongan kerja pada perusahaan besar, formasi untuk farmasi selalu ada.

Berikut ini peluang kerja Lulusan SMK jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas serta Jurusan Farmasi Industri:
  • Rumah Sakit
  • Klinik
  • Puskesmas
  • Perusahaan Obat
  • Toko Obat
  • Apotik
  • Perkantoran dan instansi kesehatan lainya.

Peluang kerja jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas ini cukup besar dan nggak ada habisnya. Selain bekerja, lulusan SMK Jurusan Farmasi juga bisa melanjutkan kuliah ke berbagai Perguruan Tinggi. Untuk yang mau melanjutkan (kuliah) ke Perguruan Tinggi, Jurusan Farmasi bisa masuk ke Fakultas Kesehatan maupun Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) dan juga Fakultas lain seperti MIPA yang banyak tersebar di Perguruan Tinggi Negeri maupun maupun Swasta. Pada dasarnya Lulusan SMK Jurusan Farmasi memiliki peluang untuk kerja dan juga kuliah.

Semoga bermanfaat...

0 Response to "Peluang Kerja Lulusan SMK Jurusan Farmasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel