Iklan-atas-was-info1

Peluang Kerja Lulusan SMK Jurusan Listrik

Peluang Kerja Lulusan SMK Jurusan Listrik - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan Sekolah yang memiliki tujuan untuk mencetak/ melatih siswanya agar siap kerja setelah lulus. SMK memiliki banyak jurusan, di Kurikulum 2013 Jurusan berganti nama menjadi Kompetensi Keahlian. Pengelompokan Kompetensi Keahlian (Jurusan) terdapat pada Bidang Keahlian – Program Keahlian – Kompetensi Keahlian. Sebagai contoh, jurusan listrik sebenarnya merupakan bagian dari Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan, tetapi dalam keseharianya masih banyak yang menyebutkan Jurusan listrik. Padahal jurusan listrik ini masih bersifat umum karena sebenarnya jurusan listrik ini terbagi lagi menjadi beberapa Kompetensi Keahlian (Jurusan). Berikut ini pembagian Kompetensi Keahlian/ Jurusan Listrik yang sering keliru di masyarakat.

Peluang Kerja Lulusan SMK Jurusan Listrik
 

Sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 07/D.D5/KK/2018 Tanggal : 7 Juni 2018 tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan maka jurusan listrik berasal dari:

Bidang Keahlian         : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian      : Teknik Ketenagalistrikan
Kompetensi Keahlian :

Melihat banyaknya Kompetensi Keahlian/ Jurusan Listrik seperti diatas, maka perlu diperjelas lagi “Jurusan Listrik” itu ada di Kompetensi (Jurusan) yang mana. SMK Jurusan listrik memiliki peluang kerja yang besar dalam memenuhi tenaga kerja level menengah dibidang Teknologi dan Rekayasa. Alumni dari jurusan listrik inipun dapat berwiraswasta dengan membuka jasa bidang listrik. Selain berwiraswata, jurusan listrik juga bisa bekerja diperusahaan nasional maupun internasional.

Berikut ini Peluang Kerja Lulusan SMK Jurusan Listrik:

1. Operator Produksi
Lulusan SMK Jurusan Listrik dapat menjadi Operator Produksi pada perusahaan-perusahaan besar. Perusahaan besar biasanya membutuhkan tenaga kerja untuk Operator Produksi yang cukup banyak sehingga banyak menyerap tenaga kerja dari Lulusan SMK jurusan Listrik.

2. Teknisi Listrik

Pekerjaan ini sangat cocok untuk alumni SMK jurusan Listrik, dengan bekal keterampilan yang di dapat di SMK ditambah pengalaman Praktik Kerja Lapangan sewaktu masih di SMK maka lulusan jurusan ini sudah mampu menjadi Teknisi Listrik yang handal.

3. Petugas Pemeliharaan dan Pemasangan Kabel Listrik

Instalasi Listrik pada perusahaan besar memerlukan petugas untuk memelihara dan memperbaiki instalasi listrik tersebut. Selain itu Perusahaan Listrik Negara (PLN) juga membutuhkan tenaga untuk pemeliharaan dan perbaikan instalasi kabel listrik di perusahaannya sehingga lulusan SMK jurusan listrik memiliki peluang kerja di PLN

4. Wiraswasta di bidang Listrik
Lulusan SMK Jurusan Listrik juga bisa membuka usaha Jasa Pemeliharaan, Instalasi dan Perbaikan listrik untuk perusahaan maupun instansi pemerintah.

5. Dan lain sebagainya

Demikian beberapa peluang Kerja SMK Jurusan Listrik yang banyak di butuhkan oleh perusahaan maupun instansi Pemerintah. Disamping bekerja, lulusan SMK Jurusan Listrik juga dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi dengan mengambil jurusan Teknik Listrik agar lebih memperdalam keahlianya dibidang listrik.

0 Response to "Peluang Kerja Lulusan SMK Jurusan Listrik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel