Pendidikan

SMK Jurusan Farmasi Klinis dan Komunitas

0 Comments
Home
Pendidikan
SMK Jurusan Farmasi Klinis dan Komunitas
Jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas merupakan salah satu jurusan yang cukup favorit di SMK, ini dibuktikan dengan sekolah yang membuka jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas selalu ramai pendaftarnya di musim Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dilaksanakan di awal tahun Pelajaran. Jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas biasanya tidak di dominasi oleh siswa cewek maupun cowok, pada jurusan ini antara siswa cewek (perempuan) dan cowok (laki) jumlahnya seimbang. Bagi kamu yang cowok maupun cewek semua cocok untuk masuk di jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas ini, yang terpenting adalah senang dengan ilmu kesehatan.

SMK Jurusan Farmasi Klinis
Jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas adalah jurusan yang membutuhkan kesabaran, ketelitian dan penuh kehati-hatian. Kenapa jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas perlu kesabaran, ketelitian dan kehati-hatian? Apakah jurusan yang lain tidak membutuhkan itu?. Sebenarnya semua ilmu perlu dipelajari dengan kesabaran, ketekunan, ketelitian serta kehati-hatian. Namun pada jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas ini kamu bakalan dituntut untuk memahami Dasar-dasar Kefarmasian, Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup, dan lain sebagainya. Hal ini tidak terlepas dari kesehatan manusia yang memang sangat utama yang merupakan kebutuhan dasar mausia, hati-hati dan penuh kesabaran. Dasar-dasar Kefarmasian, Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup, Farmakognosi Dasar merupakan hal yang harus dikuasai, kamu harus mampu memahami Pelayanan Farmasi, Farmakognosi dan juga Farmakologi.

Kalau di lihat dari Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas ini memang mengarahkan siswanya untuk dapat memiliki keterampilan tentang Pelayanan Farmasi, Farmakognosi dan juga Farmakologi, oleh karena itu pada jurusan ini dituntut untuk memiliki Dasar-dasar Kefarmasian dengan baik yang merupakan dasar dari ilmu ini. Siswa pada jurusan ini juga dituntut untuk dapat anatomi fisiologi yang baik serta memahami Kimia Farmasi.

Lulusan jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas bisa bekerja di Rumah Sakit, Klinik, Puskesmas, perusahaan, perkantoran dan instansi kesehatan lainya.  Peluang kerja jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas ini cukup besar dan ngga ada habisnya. Untuk kamu yang mau melanjutkan (kuliah) ke Perguruan Tinggi, Jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas juga banyak tersebar di Perguruan Tinggi maupun Universitas Negeri maupun Swasta.

Baca: Peluang Kerja Lulusan SMK Jurusan Farmasi

Jika melihat dari Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas ini sangat cocok bagi kamu yang akan melanjutkan kuliah di jurusan Kesehatan Masyarakat, Kebidanan, dan jurusan kesehatan lainya. Dasar dasar ilmu Farmasi Klinis Dan Komunitas sudah kamu pelajari sewaktu di SMK.

Apa saja sih Mata Pelajaran SMK Jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas itu?

Berikut ini Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor : 130/D/KEP/KR/201 Tanggal : 10 Februari 2017 tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan yang bakal kamu pelajari:

Bidang Keahlian      : Kesehatan dan Pekerjaan Sosial
Program Keahlian     : Farmasi
Kompetensi Keahlian : Farmasi Klinis Dan Komunitas

MATA PELAJARAN
KELAS
X
XI
XII
1 2 1 2 1 2
A Muatan Nasional
1 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 3 3 3 3 3 3
2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 2 2 2 2 2
3 Bahasa Indonesia 4 4 3 3 2 2
4 Matematika 4 4 4 4 4 4
5 Sejarah Indonesia 3 3 - - - -
6 Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) 3 3 3 3 4 4
JUMLAH A
19 19 15 15 15 15
B Muatan Kewilayahan
1 Seni Budaya 3 3 - - - -
2 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 2 2 2 2 - -
JUMLAH B
5 5 2 2 - -
C Muatan Peminatan Kejuruan
C1 Dasar Bidang Keahlian
1 Simulasi dan Komunikasi Digital 3 3 - - - -
2 Fisika 2 2 - - - -
3 Kimia 2 2 - - - -
4 Biologi 2 2 - - - -
C2 Dasar Program Keahlian
1 Dasar-dasar Kefarmasian 7 7 - - - -
2 Perundang-undangan Kesehatan 2 2 - - - -
3 Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup 2 2 - - - -
3 Farmakognosi Dasar 2 2 - - - -
C3 Kompetensi Keahlian
1 Pelayanan Farmasi - - 12 12 12 12
2 Farmakognosi - - 4 4 4 4
3 Farmakologi - - 4 4 4 4
4 Kimia Farmasi - - 4 4 5 5
5 Produk Kreatif dan Kewirausahaan - - 7 7 8 8
JUMLAH C
22 22 31 31 33 33
TOTAL
46 46 48 48 48 48

Demikian Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas, semoga bisa jadi referensi bagi kamu yang ingin sekolah di SMK Jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas, atau bagi siapa saja yang ingin mengetahui Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas

No comments