Artikel Pendidikan

Peluang atau Prospek Kerja Lulusan SMK Jurusan Pertanian

0 Comments
Home
Artikel
Pendidikan
Peluang atau Prospek Kerja Lulusan SMK Jurusan Pertanian
Peluang atau Prospek Kerja Lulusan SMK Jurusan Pertanian

Peluang Kerja SMK Jurusan Pertanian - Jurusan Pertanian pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan jurusan yang yang mencetak/ menyiapkan/ melatih siswanya agar memiliki keahlian di bidang pertanian sehingga lulusan dari jurusan pertanian sudah ini siap kerja. SMK Jurusan Pertanian sebenarnya memiliki banyak jurusan yang lebih spesifik, pada Kurikulum 2013 nama “Jurusan” telah diubah/ diganti namanya menjadi Kompetensi Keahlian, tetapi kebanyakan masyarakat lebih familiar dengan kata “Jurusan” sehingga kata Jurusan masih sering dipakai dari pada Kompetensi Keahlian. Pada Jurusan Pertanian memiliki spesifikasi sesuai dengan Kompetensi yang diharapkan. Kompetensi-kompetensi tersebut antara lain:

Pengelompokan Kompetensi Keahlian (Jurusan) terdapat pada Bidang Keahlian – Program Keahlian – Kompetensi Keahlian. Sebagai contoh, jurusan Pertanian sebenarnya merupakan bagian dari Jurusan Agribisnis dan Agroteknologi dengan Program Keahlian Agribisnis Pertanian, tetapi dalam keseharianya masih banyak yang menyebutkan Jurusan Pertanian. Padahal jurusan Pertanian di SMK masih bersifat umum karena didalam Jurusan Pertanian ini terbagi lagi menjadi beberapa Kompetensi Keahlian (Jurusan). Berikut ini pembagian Kompetensi Keahlian/ Jurusan Pertanian yang sering keliru di masyarakat.

Sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 07/D.D5/KK/2018 Tanggal : 7 Juni 2018 tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan Jurusan Pertanian terbagi menjadi:

Bidang Keahlian         : Agribisnis dan Agroteknologi
Program Keahlian       : Agribisnis Tanaman
Kompetensi Keahlian : (Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura, Perkebunan Pemulihan dan Pembenihan Tanaman, Agribisnis Organik Ekologi, Pemulihan dan Pembenihan 4 Tahun Agribisnis Organik Ekologi)

Jurusan Pertanian merupakan jurusan yang terbilang sepi pendaftar pada musim Pendaftaran Siswa Baru. walaupun Jurusan ini terbilang sepi pendaftar tetapi Jurusan Pertanian ini memiliki Peluang atau Prospek Kerja yang cukup menjanjikan bagi lulusanya. Jurusan Pertanian ini memerlukan ketelitian dan kesabaran yang tinggi Apakah jurusan yang lain tidak membutuhkan itu?. Sebenarnya semua Jurusan memerlukan ketelitian dan kesabaran yang tinggi tetapi untuk jurusan Pertanian dituntut untuk memahami Dasar-dasar Pertanian, Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup, dan lain sebagainya. Hal tersebut berhubungan langsung dengan Makluk hidup yang ada di bumi ini. Faktor lingkungan sangat diperhatikan dalam jurusan ini, apalagi yang menyangkut masalah lingkungan hidup. Selain tingkat ketelitian yang tinggi, jurusan ini juga memerlukan pengetahuan yang banyak tentang Peluang Kerja Lulusan SMK Jurusan Pertanian. Di Jurusan ini akan mempelajari berbagai macam materi Pertanian.

Pada jurusan Pertanian juga mempelajari Mata Pelajaran lainya. Jurusan ini memiliki peluang kerja yang sama bagi alumninya. Peluang kerja alumni SMK jurusan Pertanian ini cukup banyak karena semua manusia membutuhkan hasil pertanian.

Berikut ini peluang kerja Lulusan SMK jurusan Pertanian:

  • Wiraswasta
  • Perusahaan Pertanian
  • Instansi Swasta
  • Dinas Pertanian
  • Dan lainya.

Peluang kerja jurusan Pertanian ini cukup besar dan nggak ada habisnya. Selain bekerja, lulusan SMK Jurusan Pertanian juga bisa melanjutkan kuliah ke berbagai Perguruan Tinggi. Untuk yang mau melanjutkan (kuliah) ke Perguruan Tinggi, Jurusan Pertanian bisa masuk ke Fakultas Pertanian maupun Sekolah Tinggi Ilmu Ilmu Pertanian dan juga Fakultas lain seperti MIPA yang banyak tersebar di Perguruan Tinggi Negeri maupun maupun Swasta. Pada dasarnya Lulusan SMK Jurusan Pertanian memiliki peluang untuk kerja dan juga kuliah.

Semoga bermanfaat...

No comments