Iklan-atas-was-info1

Kelebihan dan kekurangan e-learning, UNBK, UBK, CBT, CAT

Kelebihan dan kekurangan e-learning, UNBK, UBK, CBT, CAT

Kelebihan dan kekurangan e-learning, UNBK, UBK, CBT, CAT - Penggunaan Teknologi Informasi (TIK) dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Kampus, Sekolah dan Lembaga-lembaga Pendidikan formal maupun non formal telah lama dimanfaatkan untuk membantu peningkatan kualitas pembelajaran. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses KBM akan memudahkan para pendidik untuk menyampaikan dan menjelaskan materi pembelajaran yang bersifat abstrak menjadi mudah dinalar dan di pahami oleh peserta didik. Dengan menggunakan TIK para pendidik akan mudah melakukan simulasi pembelajaran, penugasan, penilaian, dan penyebaran materi ajar. Simulasi pembelajaran dapat mendekati kondisi nyata dari suatu materi pembelajaran yang abstrak, misalnya penjelasan tentang gerakan lempeng tektonik yang menimbulkan banyak korban mudah diuraikan dengan bantuan simulasi teknologi. Selain itu, pendidik (guru) dapat melakukan proses penilaian menggunakan TIK dengan media Komputer, laptop, tablet maupun smart phone secara “daring” (dalam jaringan) maupun “luring” (luar jaringan). Proses penilaian menggunakan media tersebut sering dikenal dengan Ujian Berbasis Komputer (UBK) atau Computer Based Test (CBT). Baca: Pengertian Kelas Maya dan Contohnya

Pembelajaran berbasis TIK sering dikenal dengan istilah “e-learning” yang merupakan proses pembelajaran dengan media Komputer, laptop, tablet maupun smart phone dan memanfaatkan teknologi jaringan Intranet maupun internet. Penggunaan jaringan internet dalam proses pembelajaran (e-learning) dan Ujian Berbasis Komputer (UBK) atau CBT menjadikan sesuatu yang berbeda dengan pembelajaran dan ujian yang dilakukan pendidik sebelum mengenal Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Penggunaan TIK dalam pembelajaran (e-learning) dan Ujian Berbasis Komputer (CBT) telah menarik perhatian peserta didik (siswa) dalam mengikuti KBM. Peserta didik (siswa) terlihat lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran maupun Ujian Berbasis Komputer (UBK). 


Pembelajaran maupun ujian dapat berlangsung di ruang sekolah atau di rumah atau dimana saja bergantung pada kemauan peserta didik dan kesepakatan yang telah disepakati oleh peserta didik dan pendidik. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran maupun ujian ini dapat dilaksanakan tanpa ada pembatasan waktu sepanjang peserta didik mau melakukannya. Untuk mendukung terlaksananya e-learning, CBT atau UBK, pihak sekolah harus menyiapkan infrastruktur TIK yang memadai, mulai dari perangkat komputer, infrastruktur jaringan, listrik dan yang tak kalah penting adalah Sumber Daya Manusia (SDM) didalamnya. Apalagi sekarang Pemerintah mewajibkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi sekolah tingkat SLTA (SMA/SMK/MA). Dan baru-baru ini bukan hanya Ujian Nasional (UN) saja yang telah menggunakan sistem komputer atau dikenal dengan CBT (Computer Based Test) tetapi juga Ujian Sekolah yang distandarkan secara nasional, atau dikenal dengan USBN. Lagi-lagi Ujian Sekolah Berstandard Nasionalpun sudah sebagian sekolah telah menggunakan CBT atau Ujian Berbasis Komputer (UBK). Siswa harus memiliki Tips dan Trik mengikuti UNBK agar hasil yang didapat lebih maksimal. Baca: Panduan mengerjakan dan menjawab soal UNBK

E-Learning, UNBK, USBN, Ujian Semester maupun Ujian harian yang menggunakan/ Berbasis Komputer (UBK) ternyata memiliki kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaanya. Kelebihan dan kekurangan elearning, UNBK, UBK, CBT dapat berdampak langsung maupun tidak langsung terhadap sekolah, guru dan siswa. Kelebihan dan kekurangan tersebut adalah sebagai berikut: 

Kelebihan: 
  • Menghemat Biaya (anggaran) 
  • Distribusi materi, soal, bahan ajar lebih cepat 
  • Real Time (tepat waktu) 
  • Hasil Ujian bisa langsung diketahui (lebih cepat) 
  • Tidak perlu koreksi lembar jawaban 
  • Mempermudah siswa 

Kekurangan: 
  • Memerlukan Infrastruktur TIK lebih banyak (Komputer, laptop, tablet, smart phone dan jaringan intranet maupun internet) 
  • Memerlukan SDM yang mumpuni pada bidang TIK 
  • Perawatan Infrastruktur TIK 
  • Listrik yang stabil 
  • Penjagaan keamanan infrastruktur TIK lebih ekstra 

Demikian kelebihan dan kekurangan e-learning, UNBK, UBK, CBT yang dapat dirasakan oleh sekolah, guru dan siswa dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

0 Response to "Kelebihan dan kekurangan e-learning, UNBK, UBK, CBT, CAT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel