-->

Iklan-atas-was-info1

Karangan Fiksi dan Non Fiksi, apa bedanya?

Karangan fiksi adalah jenis tulisan yang dibuat dengan imajinasi atau fiksi, yang tidak selalu berdasarkan kenyataan. Ini termasuk novel, cerita pendek, drama, dan skenario film. Fiksi dapat menceritakan kisah yang tidak mungkin terjadi dalam dunia nyata, atau mengubah kenyataan yang ada untuk menciptakan efek tertentu. Tujuannya adalah untuk menghibur, menginspirasi, atau menyampaikan pesan tertentu.

Beberapa jenis karangan fiksi yang umum dikenal meliputi:

1. Novel: adalah jenis karangan fiksi yang paling populer, yang biasanya berisi cerita panjang yang ditulis dalam bentuk prosa.

2. Cerita pendek: adalah jenis karangan fiksi yang lebih pendek daripada novel, yang biasanya berisi satu atau beberapa cerita dalam satu buku.

3. Drama: adalah jenis karangan fiksi yang ditulis untuk dibaca atau ditampilkan di panggung teater.

4. Skenario film: adalah jenis karangan fiksi yang ditulis untuk difilmkan.

5. Fantasi: adalah jenis karangan fiksi yang menggambarkan dunia imajiner dengan peri, sihir, dan kekuatan supernatural.

6. Sains fiksi: adalah jenis karangan fiksi yang menggambarkan dunia yang mungkin terjadi di masa depan atau di dunia lain, yang dikendalikan oleh teknologi atau ilmu pengetahuan.

7. Misteri: adalah jenis karangan fiksi yang menceritakan kisah pembunuhan atau kejahatan lain yang harus dipecahkan oleh detektif atau pemecah masalah.

8. Romance: adalah jenis karangan fiksi yang menceritakan kisah cinta antara dua orang.


Karangan non fiksi adalah

Karangan non-fiksi adalah jenis tulisan yang berdasarkan fakta dan kenyataan yang terjadi di dunia nyata. Ini termasuk jenis tulisan seperti biografi, otobiografi, jurnalisme, buku ilmiah, buku referensi, dan buku self-help. Tujuannya adalah untuk menyajikan informasi yang akurat dan bermanfaat, menyampaikan ide atau pendapat, atau memberikan panduan atau saran. Karangan non-fiksi dapat mencakup berbagai topik, seperti sejarah, politik, ilmu, teknologi, seni, dan banyak lagi.


Karangan Fiksi dan Non Fiksi, apa bedanya



Jenis jenis karangan non fiksi

Beberapa jenis karangan non-fiksi yang umum dikenal meliputi:

1. Biografi: adalah jenis karangan non-fiksi yang menceritakan kehidupan dan karir seseorang.

2. Otobiografi: adalah jenis karangan non-fiksi yang ditulis oleh seseorang sendiri yang menceritakan kisah hidupnya.

3. Jurnalisme: adalah jenis karangan non-fiksi yang ditulis untuk media massa, seperti surat kabar, majalah, atau situs web.

4. Buku ilmiah: adalah jenis karangan non-fiksi yang menyajikan hasil penelitian atau studi yang didasarkan pada fakta dan metode ilmiah.

5. Buku referensi: adalah jenis karangan non-fiksi yang digunakan sebagai sumber informasi, seperti ensiklopedia, kamus, atau buku petunjuk.

6. Buku self-help: adalah jenis karangan non-fiksi yang memberikan saran dan panduan untuk mengatasi masalah pribadi atau profesional.

7. Buku travelogue: adalah jenis karangan non-fiksi yang menceritakan kisah perjalanan seseorang, baik dalam bentuk jurnal atau cerita.

8. Buku keuangan: adalah jenis karangan non-fiksi yang memberikan saran dan panduan tentang cara mengelola uang dan keuangan.


Ciri ciri karangan fiksi

Beberapa ciri karangan fiksi yang umum dikenal meliputi:

1. Menggunakan imajinasi: Karangan fiksi dibuat dengan menggunakan imajinasi, yang tidak selalu berdasarkan kenyataan.

2. Cerita yang tidak mungkin terjadi: Karangan fiksi dapat menceritakan kisah yang tidak mungkin terjadi dalam dunia nyata.

3. Penggunaan karakter yang fiktif: Karangan fiksi menggunakan karakter-karakter fiktif yang tidak ada dalam dunia nyata.

4. Penggunaan setting yang fiktif: Karangan fiksi dapat menggunakan setting yang tidak ada dalam dunia nyata atau mengubah setting yang ada.

5. Menyampaikan pesan atau moral: Karangan fiksi dapat menyampaikan pesan atau moral yang ingin disampaikan penulis kepada pembacanya.

6. Menghibur: Tujuan utama dari karangan fiksi adalah untuk menghibur pembaca

7. Menyatukan imajinasi dan realita : Karangan fiksi menyatukan imajinasi dan realita yang ada dalam dunia nyata, menciptakan kisah yang menarik dan menyenangkan.



Ciri ciri karangan non fiksi

Beberapa ciri karangan non-fiksi yang umum dikenal meliputi:

1. Berdasarkan fakta: Karangan non-fiksi berdasarkan pada fakta dan kenyataan yang terjadi di dunia nyata.

2. Menyajikan informasi akurat: Tujuan utama karangan non-fiksi adalah untuk menyajikan informasi yang akurat dan bermanfaat.

3. Menyampaikan ide atau pendapat: Karangan non-fiksi dapat menyampaikan ide atau pendapat dari penulis kepada pembacanya.

4. Menggunakan bahasa yang sesuai dengan topik: Karangan non-fiksi menggunakan bahasa yang sesuai dengan topik yang dibahas.

5. Menyajikan sumber referensi: Karangan non-fiksi sering menyertakan sumber referensi yang digunakan dalam penulisan.

6. Menyajikan panduan atau saran: Karangan non-fiksi dapat menyajikan panduan atau saran untuk mengatasi masalah tertentu.

7. Menyajikan persepsi dari dunia nyata: Karangan non-fiksi menyajikan persepsi dari dunia nyata, melalui fakta dan informasi yang dikumpulkan.


Apa perbedaan karangan fiksi dan non fiksi

Perbedaan utama antara karangan fiksi dan non-fiksi adalah sumber inspirasi dan tujuan dari tulisan itu sendiri.

Karangan fiksi dibuat dengan menggunakan imajinasi, yang tidak selalu berdasarkan kenyataan. Tujuannya adalah untuk menghibur, menginspirasi, atau menyampaikan pesan tertentu. Karangan fiksi dapat menceritakan kisah yang tidak mungkin terjadi dalam dunia nyata, atau mengubah kenyataan yang ada untuk menciptakan efek tertentu.

Baca juga : Cerita Mekanik Kota dan Mekanik Kampung

Sedangkan karangan non-fiksi berdasarkan fakta dan kenyataan yang terjadi di dunia nyata. Tujuannya adalah untuk menyajikan informasi yang akurat dan bermanfaat, menyampaikan ide atau pendapat, atau memberikan panduan atau saran. Karangan non-fiksi dapat mencakup berbagai topik, seperti sejarah, politik, ilmu, teknologi, seni, dan banyak lagi.

Secara garis besar, karangan fiksi ditujukan untuk hiburan sementara karangan non-fiksi ditujukan untuk pengetahuan dan informasi.

0 Response to "Karangan Fiksi dan Non Fiksi, apa bedanya?"

Post a Comment

Iklan-link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel