Artikel Budaya

Provinsi di Indonesia dan Ibu Kotanya, 5 diantaranya Merupakan Provinsi Termuda

0 Comments
Home
Artikel
Budaya
Provinsi di Indonesia dan Ibu Kotanya, 5 diantaranya Merupakan Provinsi Termuda
Provinsi di Indonesia dan Ibu Kotanya, 5 diantaranya Merupakan Provinsi Termuda - Provinsi adalah salah satu tingkatan administrasi negara di Indonesia. Setiap provinsi memiliki pemerintah dan pemerintahan yang berbeda-beda, yang dipimpin oleh seorang gubernur yang dipilih secara langsung oleh masyarakat. Provinsi dibagi menjadi beberapa kabupaten atau kota yang masing-masing memiliki pemerintahan yang berbeda-beda.

Provinsi di Indonesia memiliki peran yang penting dalam pembangunan dan pengembangan negara, karena provinsi merupakan tingkat administrasi yang paling dekat dengan masyarakat.


Provinsi di Indonesia dan Ibu Kotanya, 5 diantaranya Merupakan Provinsi Termuda


1. Nanggroe Aceh Darussalam - Banda Aceh

2. Sumatera Utara - Medan

3. Sumatera Selatan - Palembang

4. Sumatera Barat - Padang

5. Bengkulu - Bengkulu

6. Riau - Pekanbaru

7. Kepulauan Riau - Tanjung Pinang

8. Jambi - Jambi

9. Lampung - Bandar Lampung

10. Bangka Belitung - Pangkal Pinang

11. Kalimantan Barat - Pontianak

12. Kalimantan Timur - Samarinda

13. Kalimantan Selatan - Banjarbaru

14. Kalimantan Tengah - Palangkaraya

15. Kalimantan Utara - Tanjung Selor

16. Banten - Serang

17. DKI Jakarta - Jakarta

18. Jawa Barat - Bandung

19. Jawa Tengah - Semarang

20. Daerah Istimewa Yogyakarta - Yogyakarta

21. Jawa Timur - Surabaya

22. Bali - Denpasar

23. Nusa Tenggara Timur - Kupang

24. Nusa Tenggara Barat - Mataram

25. Gorontalo - Gorontalo

26. Sulawesi Barat - Mamuju

27. Sulawesi Tengah - Palu

28. Sulawesi Utara - Manado

29. Sulawesi Tenggara - Kendari

30. Sulawesi Selatan - Makassar

31. Maluku Utara - Sofifi

32. Maluku - Ambon

33. Papua Barat - Manokwari

34. Papua - Jayapura

35. Papua Tengah - Nabire

36. Papua Pegunungan - Jayawijaya

37. Papua Selatan - Merauke

38. Papua Barat Daya - Sorong

Dari 38 Provinsi di Indonesia, 5 diantaranya merupakan Provinsi baru dari Provinsi yang telah ada. Ke 5 Provinsi tersebut adalah:

1. Provinsi Kalimantan Utara

Provinsi ini merupakan provinsi termuda di Indonesia yang beribukota tanjung selor, provinsi kalimantan utara adalah hasil pemekaran dari provinsi kalimantan timur tepatnya pada tanggal 25 Oktober 2012. Kalimantan utara sendiri memiliki batasan langsung dengan negara tetangga yakni dengan negara malaysia tepatnya wilayah serawak dan sabah.

2. Provinsi Sulawesi Barat

Provinsi ini merupakan provinsi termuda kedua di Indonesia, ibukota sulawesi barat adalah Mamuju. Perlu anda ketahui bahwa provinsi ini merupakan pemekaran dari provinsi sulawesi selatan pada tahun 2004 silam, tepatnya pada tanggal 5 oktober. Dasar dari pemekaran provinsi Sulawesi Barat adalah undang-undang nomor 26 tahun 2004

3. Provinsi Papua

Barat Papua barat memiliki sejarah yang cukup unik daripada provinsi lain. Pada masa awal berdirinya provinsi papua barat namanya adalah Irian Jaya Barat. Provinsi ini ditetapkan pemerintah Indonesia pada tahun 1999 dengan undang-undang nomor 45 tahun 1999 dengan nama Irian Jaya Barat. Provinsi Papua Barat Beribukotakan di Manokwati.

4. Provinsi Gorontalo

Gorontalo merupakan provinsi di pulau sulawesi yang diresmikan pemerintah pada tahun 2000 berdasarkan UU nomor 38. Provinsi ini memeliki ibukota di kota Gorontalo.

5. Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) 

Kepulauan riau merupakan sebuah provinsi baru yang masuk dalam 5 provinsi termuda di Indonesia. Berdiri pada tahun 2002 dan beribukotakan di Tanjungpinang. Selain merupakan provinsi termuda di indonesia kepulauan riau juga termasuk wilayah terdepan, dan terluar. Hal ini dibuktikan dengan batasan wilayah kepulauan riau yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.

Demikian Provinsi di Indonesia beserta ibu kotanya, dan juga 5 diantaranya merupakan provinsi termuda di Indonesia. Tidak menutup kemungkinan untuk tahun-tahun mendatang akan terus bertambah seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduknya.

No comments