Home
Artikel
Budaya
Pembawa Acara Ulang Tahun Anak
Pembawa Acara Ulang Tahun Anak - Ulang Tahun anak merupakan budaya atau kebiasaan yang sering dilaksanakan oleh masyarakat baik di pedesaan maupun di perkotaan. Acara Ulang Tahun anak biasanya ada yang melakukanya dengan pesta, tetapi banyak juga yang biasa-biasa saja.

Dalam melakukan sambutan Ulang Tahun anak pada acara seperti ini juga ada teks pembawa acara Ulang Tahun anak sebagai pengatur jalanya kegiatan. Teks sambutan Ulang Tahun anak biasanya disusun oleh tuan rumah berdasarkan tujuan dari acara Ulang Tahun anak tersebut.

Pembawa Acara Ulang Tahun Anak

Di bawah ini merupakan contoh teks pembawa acara Ulang Tahun anak yang umum digunakan dalam acara Syukuran dan ulang tahun anak yang umum. Syukuran ulang tahun anak biasanya juga dibarengi dengan acara lain yang dihadiri teman, saudara dan kerabat dekat.

Teks pembawa acara Ulang Tahun anak biasanya dilengkapi dengan susunan acara sebagai pemandu berjalanya acara Syukuran anak.

Pembawa acara Ulang Tahun anak tentu membutuhkan teks sebagai pedoman mengatur jalannya acara. Oleh karena itu, pada tulisan kali ini, kami menyediakan contoh teks pembawa acara Ulang Tahun anak yang bisa dijadikan referensi.

Contoh teks pembawa acara Ulang Tahun anak ini diiolah dan dikumpulkan dari berbagai sumber. Berikut ini contoh teks dan susunan acara Ulang Tahun anak secara umum:

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang kami hormati, Bapak/ibu …. (sebutkan nama) Lurah/ Ketua RW/dll

Yang kami hormati, Ustadz …. (sebutkan nama)

Serta Bapak, Ibu, hadirin yang berbahagia.

Pertama-tama, marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat, dan hidayahNya, sehingga kita bisa hadir dan berkumpul di tempat ini dengan keadaan sehat wal afiat.

Tak lupa shalawat serta salam kita curahkan kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW yang kita nantikan safa’atnya di yaumil akhir. Sebab beliaulah yang telah menuntun kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang ini.

Hadirin yang di rahmati Allah, saya atas nama wakil dari tuan rumah mengucapkan banyak terimakasih atas kehadiran bapak/ibu dan hadirin sekalian dalam acara Ulang Tahun anak kami pada siang/ malam ini.

Tentunya dengan kehadiran bapak/ibu dan hadirin sekalian dapat menambah rasa bahagia kami, dan semoga kehadiran bapak/ibu dan hadirin dicatat sebagai amal kebaikan oleh Allah S.W.T. Aamiin…

Adapun susunan acara Ulang Tahun anak pada siang/malam hari ini adalah sebagai berikut.

1.Pembukaan

2. Pembacaan ayat-ayat suci Al Quran

3. Sambutan Tuan Rumah

4. Potong Kue dan Pemberian kado

5. Siraman Rohani yang disampaikan oleh Kyai/ Ustadz ....

6. Doa dan penutup


Baiklah, untuk mempersingkat waktu, marilah kita buka bersama-sama acara Ulang Tahun anak… dengan membaca basmalah. Bismillahirrahmanirrahim.

Menginjak acara yang kedua marilah kita bersama-sama dengarkan lantunan ayat-ayat suci Al Quran yang akan dibacakan oleh saudara.... Kepadanya kami persilahkan.

(Pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an)

Terima kasih kami sampaikan, semoga dengan bacaan ayat-ayat suci Al Quran yang tadi kita dengarkan bersama dapat bermanfaat bagi kita semua, Aamiin…

Acara berikutnya adalah sambutan Tuan Rumah

Sambutan Tuan Rumah akan di sampaikan langsung oleh Bapak …., sebagai ayah dari ….. (anak yang ulang tahun). Kepadanya dipersilahkan.

Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak…. (nama bapak yg menyampaikan sambutan)

Hadirin yang berbahagia, tibalah pada acara inti yaitu acara Potong Kue dan di lanjut dengan Pemberian Kado Ulang Tahun.

Kepada saudara/saudari…. (Anak yg ulang tahun) beserta keluarga, kami persilahkan.

(Acara potong Kue dan Pemberian Kado)

Baiklah…, Bapak/ibu serta tamu undangan yang berbahagia. Acara demi acara sudah kita lewati, kini saatnya melanjutkan acara berikutnya yaitu:

Siraman Rohani yang akan diberikan oleh Bapak Ustadz ….., dan dilanjutkan dengan do’a penutup untuk meng-akhiri acara pada siang/ malam hari ini.

Kepada Kyai/Ustadz.... kami persilahkan.

(Acara siraman rohani)

Demikian siraman rohani yang telah diberikan oleh ustadz…, semoga apa yang beliau sampaikan dapat mempertebal iman dan bermanfaat bagi kita semua, Aamiin.

Untuk menutup acara ini, marilah kita berdoa bersama-sama yang dipimpin oleh ustad....

Kepada ustad.... dipersilahkan.

Demikianlah rangkaian acara Ulang Tahun anak pada siang/ malam hari.

Saya sebagai pembawa acara pada acara ini memohon maaf apabila ada kalimat atau kata-kata yang kurang berkenan di hati para hadirin sekalian. Saya akhiri

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

No comments