Artikel Budaya

Teks Pembawa Acara Syukuran Kelahiran Anak

0 Comments
Home
Artikel
Budaya
Teks Pembawa Acara Syukuran Kelahiran Anak
Syukuran kelahiran anak merupakan budaya atau adat yang sering dilaksanakan oleh masyarakat baik di pedesaan maupun di perkotaan. Acara Syukuran kelahiran anak biasanya dilakukan berbarengan dengan pemberian nama bayi yang baru lahir.

Dalam melakukan sambutan syukuran kelahiran anak pada acara seperti ini juga ada teks pembawa acara Syukuran kelahiran anak sebagai pengatur jalanya kegiatan. Teks pembawa acara syukuran kelahiran anak biasanya disusun oleh tuan rumah berdasarkan tujuan dari acara Syukuran kelahiran anak tersebut.

Pembawa Acara Syukuran kelahiran anak

Di bawah ini merupakan contoh teks pembawa acara syukuran kelahiran anak yang umum digunakan dalam acara syukuran dan pemberian nama anak yang baru lahir. Syukuran pemberian nama anak biasanya juga dibarengi dengan acara mencukur rambut bayu, walaupun hanya sebagai syarat (simbolis) saja

Teks pembawa acara syukuran kelahiran anak biasanya dilengkapi dengan susunan acara sebagai pemandu berjalanya acara syukuran anak

Pembawa acara syukuran kelahiran anak tentu membutuhkan teks sebagai pedoman mengatur jalannya acara. Oleh karena itu, pada tulisan kali ini, kami menyediakan contoh teks pembawa acara syukuran kelahiran anak yang bisa dijadikan referensi.

Contoh teks pembawa acara syukuran kelahiran anak ini diiolah dan dikumpulkan dari berbagai sumber. Berikut ini contoh teks dan susunan acara syukuran kelahiran anak secara umum:

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang kami hormati, Bapak/ibu …. (sebutkan nama) Lurah/ Ketua RW/dll

Yang kami hormati, Ustadz …. (sebutkan nama)

Serta Bapak, Ibu, hadirin yang berbahagia.

Pertama-tama, marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat, dan hidayahNya, sehingga kita bisa hadir dan berkumpul di tempat ini dengan keadaan sehat wal afiat.

Tak lupa shalawat serta salam kita curahkan kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW yang kita nantikan safa’atnya di yaumil akhir. Sebab beliaulah yang telah menuntun kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang ini.

Hadirin yang di rahmati Allah, saya atas nama wakil dari tuan rumah mengucapkan banyak terimakasih atas kehadiran bapak/ibu dan hadirin sekalian dalam acara Syukuran kelahiran anak kami pada siang/ malam ini.

Tentunya dengan kehadiran bapak/ibu dan hadirin sekalian dapat menambah rasa bahagia kami, dan semoga kehadiran bapak/ibu dan hadirin dicatat sebagai amal kebaikan oleh Allah S.W.T. Aamiin…

Adapun susunan acara syukuran kelahiran anak pada siang/malam hari ini adalah sebagai berikut.

1.Pembukaan

2. Pembacaan ayat-ayat suci Al Quran

3. Sambutan Tuan Rumah

4. Cukur rambut bayi

5. Siraman Rohani yang disampaikan oleh Kyai/ Ustadz ....

6. Doa dan penutup



Baiklah, untuk mempersingkat waktu, marilah kita buka bersama-sama acara Syukuran kelahiran anak… dengan membaca basmalah. Bismillahirrahmanirrahim.

Menginjak acara yang kedua marilah kita bersama-sama dengarkan lantunan ayat-ayat suci Al Quran yang akan dibacakan oleh saudara.... Kepadanya kami persilahkan.

(Pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an)

Terima kasih kami sampaikan, semoga dengan bacaan ayat-ayat suci Al Quran yang tadi kita dengarkan bersama dapat bermanfaat bagi kita semua, Aamiin…

Acara berikutnya adalah sambutan Tuan Rumah

Sambutan Tuan Rumah akan di sampaikan langsung oleh Bapak …., sebagai ayah dari ….. (anak yang baru lahir). Kepadanya dipersilahkan.

Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak…. (nama bapak yg menyampaikan sambutan)

Hadirin yang berbahagia, tibalah pada acara inti yaitu acara mencukur rambut bayi yang akan dilaksanakan oleh Bapak Ustadz ….., dan dilanjutkan dengan siraman rohani.

Kepada Kyai/Ustadz.... kami persilahkan.

(Acara siraman rohani)

Demikian tadi acara cukur rambut bayi dan dilanjutkan siraman rohani yang telah diberikan oleh Ustadz….,

semoga ananda ……. (sebutkan nama bayi) yang telah dicukur rambutnya tadi selalu diberikan kesehatan dan menjadi anak yang soleh/solehah.

Semoga apa yang disampaikan oleh Ustadz…. dapat mempertebal iman dan bermanfaat bagi kita semua, Aamiin.

Untuk menutup acara ini, marilah kita berdoa bersama-sama yang dipimpin oleh ustad....

Kepada ustad.... dipersilahkan.

Demikianlah rangkaian acara Syukuran kelahiran anak pada siang/ malam hari.

Saya sebagai pembawa acara pada acara ini saya memohon maaf apabila ada kalimat atau kata-kata yang kurang berkenan di hati para hadirin sekalian. Saya akhiri

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

No comments