-->

Iklan-atas-was-info1

Teks Pembawa Acara Rapat Desa Singkat

Teks Pembawa Acara Rapat Desa Singkat - Acara rapat Desa sering dilakukan menjelang akan berakhirnya masa jabatan Kepala Desa maupun, pemilihan kepala desa baru, dan juga pelaksanaan program desa yang memerlukan persetujuan warga.

Selain itu acara rapat desa biasa dilakukan apabila pihak pemerintah desa memiliki program kegiatan yang memerlukan musyawarah untuk mendapat masukan dan persetujuan dari warga. Sosialisasi dan koordinasi mengenai program tentu sangat diperlukan sehingga warga desa mengetahui program kepala desa yang akan dilaksanakan.

Teks Pembawa Acara Rapat Desa Singkat


Di samping menjelang akhir atau awal masa jabatan kepala desa, rapat musyawarah desa biasa dilakukan apabila desa hendak memiliki hajat seperti lomba desa, bersih desa, maupun kegiatan lainya yang melibatkan warga desa.

Baca juga: Sambutan Singkat Ketua RT Baru 

Dalam acara rapat desa tentunya ada salah satu dari pamong desa maupun warga yang bertugas sebagai pembawa acara rapat desa tersebut. Berikut ini contoh teks pembawa acara rapat desa singkat dan padat sehingga kegiatan rapat tidak memerlukan waktu yang berlama-lama.

Teks pembawa acara rapat desa harus disusun dengan baik agar jalanya rapat dapat berjalan dengan efektif dan mendapatkan hasil rapat sesuai dengan yang diharapkan


Teks Pembawa Acara Rapat Desa Singkat


Bismillahirrohmanirohim

Assalamu’alaikum Warohmatullahi wabarokatu…

Yang terhormat Bapak/ Ibu Kepala Desa (Sebutkan nama desanya), Bapak/Ibu (sebutkan namanya)

Yang terhormat Bapak/ Ibu Sekertaris Desa (Sebutkan nama desanya), Bapak/Ibu (sebutkan namanya)

Yang terhormat Bapak/Ibu Perangkat Desa

Bapak/ibu serta hadirin warga desa (Sebutkan nama desanya) yang berbahagia

Puji syukur Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena pada hari ini kita bisa hadir dan berkumpul di balai desa ini dalam rangka musyawarah menjelang masa berakhirnya kepala desa kita untuk membahas persiapan pemilihan kepala desa yang tidak lama lagi akan kita laksanakan

Shalawat dan salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang telah memberikan petunjuk jalan kebenaran dari jaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang penuh dengan cahaya Islam.

Bapak, Ibu yang saya hormati, sebelum rapat dimulai saya mohon ijin untuk membacakan susunan rapat pada siang ini. Adapun susunan acaranya sebagai berikut:
  1. Pembukaan
  2. Do’a
  3. Sambutan Kepala Desa (sebutkan nama desanya)
  4. Pemaparan Program Kegiatan
  5. Musyawarah dan Tanya jawab serta lain-lain
  6. Kesimpulan
  7. Penutup

PEMBUKAAN

Marilah kita mulai acara ini dengan membaca Basmalah, BISMILLAHIRAOHMANIROHIM semoga acara rapat pada siang hari ini dapat berjalan dengan lancar. Aamiin…

DO’A

Selanjutnya agar kita semua diberikan kemudahan, mari bersama-sama kita berdo’a. Bagi yang non muslim silahkan berdo’a sesuai dengan keyakinanya masing-masing, sedangkan yang muslim mari kita berdoa bersama yang akan di imami oleh Bapak…. (sebutkan nama pemimpin doa-nya)

SAMBUTAN KEPALA DESA

Menginjak acara berikutnya yaitu sambutan Kepala Desa, kepada beliau Bapak/ Ibu (Sebut nama Kepala Desanya) kami persilahkan.

PEMAPARAN PROGRAM KEGIATAN

Terimakasih kami ucapkan kepada bapak kepala desa, bapak (sebut nama kepala desanya) yang telah memberikan sambutanya

Acara selanjutnya adalah Pemaparan Program kegiatan yang akan disampaikan oleh Bapak/ Ibu (sebutkan namanya) selaku pamong sekaligus ketua panitia dalam kegiatan yang akan kita musyawarahkan. Kepadanya kami persilahkan…

MUSYAWARAH DAN TANYA JAWAB

Terimakasih kami ucapkan kepada (sebut nama pemapar programnya) yang telah memberikan paparan program secara terperinci, semoga apa yang di paparkan oleh bapak/ibu (sebutkan nama) dapat memberikan pencerahan dari program desa yang akan kita laksanakan

Dan tibalah kita untuk bermusyawarah sekaligus Tanya jawab untuk membahas program yang telah disampaikan oleh bapak/ibu ….. selaku ketua panitia kegiatan.

Kepada Bapak/ Ibu dan hadirin, kami persilahkan untuk menanggapi atau bertanya terkait paparan program yang telah disampaikan oleh (sebut nama pemapar programnya) tadi.

Agar musyawarah dan Tanya jawab ini berjalan dengan tertib, maka bapak/ ibu serta hadirin penanya diharapkan mengangkat tangan dan menunggu kami persilahkan..

Tanggapan dan pertanyaan kita bagi menjadi beberapa sesi, setiap sesi untuk 2 orang penanya yang dilanjutkan dengan jawaban dari bapak/ibu Kepala Desa maupun panitia.

Setelah terjawab, maka dapat dilanjutkan sesi berikutnya.

Untuk sesi pertama, kami persilahkan kepada bapak/ibu dan hadirin untuk memberikan tanggapan maupun pertanyaan. Silahkan….

(Lanjut sesi kedua, ketiga, dan selanjutnya)

(Musyawarah dan Tanya jawab selesai)

KESIMPULAN

Terimakasih kepada bapak/ Ibu serta hadirin yang telah memberikan sumbangsih serta pemikiranya dalam program yang akan kita laksanakan kedepan. Semoga program yang telah kita rancang dan mendapatkan masukan dari bapak/ ibu dan hadirin sebagai wakil dari warga desa ini dapat berjalan dengan lancar. Aamiin…

Acara selanjutnya adalah Kesimpulan hasil rapat yang akan di bacakan oleh NOTULEN, kepada bapak/ibu (sebutkan notulen rapatnya) kami persilahkan.

PENUTUP

Demikianlah hasil musyawarah pada rapat hari ini, semoga kita semua tetap terjaga kesehatanya sehingga dapat menjalankan aktifitas kita dengan tidak ada kendala apapun. Aamiin.

Sebelum saya tutup acara ini, jika dalam membacakan susunan acara rapat desa ini terdapat kekeliruan baik kalimat, ucapan maupun tingkah saya, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Saya akhiri,

Wassalamualaikum Warrahmautullahi Wabarakatuh..

Demikian contoh teks pembawa rapat desa singkat yang dapat digunakan sebagai bahan referensi dalam menyusun teks pembawa acara. Tentunya contoh diatas tidak harus sama, tetapi dapat disesuaikan dengan maksud dan tujuan di adakanya rapat.

0 Response to "Teks Pembawa Acara Rapat Desa Singkat"

Post a Comment

Iklan-link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel