Artikel Budaya

Contoh Teks Pembawa Acara Pengajian Umum

0 Comments
Home
Artikel
Budaya
Contoh Teks Pembawa Acara Pengajian Umum
Contoh Teks Pembawa Acara Pengajian Umum - Pengajian merupakan kegiatan sosial keagamaan yang sering dilaksanakan oleh masyarakat baik di pedesaan maupun di perkotaan. Acara pengajian biasanya dilakukan di mushola, masjid, rumah warga, aula, bahkan di tanah lapang seperti lapangan.

Disamping sambutan ketua panitia pengajian dalam acara seperti ini juga ada teks pembawa acara pengajian sebagai pengatur jalanya kegiatan. Teks pembawa acara pengajian biasanya disusun oleh panitia berdasarkan tujuan dari acara pengajian tersebut.

Contoh Teks Pembawa Acara Pengajian Umum


Berikut ini contoh teks pembawa acara pengajian yang umum digunakan dalam acara pengajian rutin, pengajian peringatan hari besar keagamaan, Maulid Nabi, maupun pengajian lainya yang bersifat umum.

Teks pembawa acara pengajian biasanya dilengkapi dengan susunan acara sebagai pemandu berjalanya acara pengajian

Pembawa acara pengajian tentu membutuhkan teks sebagai pedoman mengatur jalannya acara. Oleh karena itu, pada tulisan kali ini, kami menyediakan contoh teks pembawa acara pengajian yang bisa dijadikan referensi.

Contoh teks pembawa acara pengajian ini diiolah dan dikumpulkan dari berbagai sumber. Berikut ini contoh teks dan susunan acara pengajian umum:

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang kami hormati, Bapak/ibu …. (sebutkan nama) selaku Camat/Lurah/ Ketua RW/dll

Yang kami hormati, Bapak/ Ibu …. (sebutkan nama) selaku ketua panitia acara pengajian rutin.

Serta Bapak, Ibu, hadirin yang berbahagia.

Pertama-tama, marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat, dan hidayahNya, sehingga kita bisa hadir dan berkumpul di tempat ini dengan keadaan sehat wal afiat.

Tak lupa shalawat serta salam kita curahkan kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW yang kita nantikan safa’atnya di yaumil akhir. Sebab beliaulah yang telah menuntun kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang ini.

Hadirin yang di rahmati Allah, saya atas nama wakil dari panitia mengucapkan banyak terimakasih atas kehadiran bapak/ibu dan hadirin sekalian dalam acara pengajian siang/ malam ini.

Semoga kehadiran bapak/ibu dan hadirin sekalian dicatat sebagai amal kebaikan, sebagai bekal kita menghadap Allah kelak. Aamiin…

Adapun susunan acara pengajian pada siang/malam hari ini adalah sebagai berikut.
  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat-ayat suci Al Quran
  3. Sambutan ketua panitia
  4. Sambutan Bapak/ Ibu (Camat/Lurah/Ketua RW/ Tokoh lainya)
  5. Penyerahan hadiah lomba
  6. Santunan (anak yatim, janda tua, orang tua jompo)
  7. Siraman Rohani yang disampaikan oleh Kyai/ Ustadz ....
  8. Doa dan penutup

Baiklah, untuk mempersingkat waktu, marilah kita buka bersama-sama acara pengajian… dengan membaca basmalah. Bismillahirrahmanirrahim.

Menginjak acara yang kedua marilah kita bersama-sama dengarkan lantunan ayat-ayat suci Al Quran yang akan dibacakan oleh saudara.... Kepadanya kami persilahkan.

(Pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an)

Terima kasih kami sampaikan, semoga dengan bacaan ayat-ayat suci Al Quran yang tadi kita dengarkan bersama dapat bermanfaat bagi kita semua, Aamiin…

Acara berikutnya adalah sambutan-sambutan.

Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh ketua panitia, kepada Bapak/Ibu/saudara ..... dipersilahkan.

Sambutan Ketua Panitia Pengajian

Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak/Ibu/saudara ... atas sambutanya.

Bapak/Ibu dan hadirin yang kami muliakan, sambutan kedua akan disampaikan oleh Bapak/Ibu.... selaku (Camat/Lurah/Tokoh Lainya). Kepada beliau kami persilahkan.

Sambutan (Camat/Lurah/Tokoh Lainya)

Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak/Ibu….

Sebelum menginjak acara inti, marilah kita saksikan bersama-sama pembagian hadiah lomba dan santunan anak yatim dan janda tua yang akan diberikan oleh ketua panitia.

Pembagian hadiah lomba

Santunan anak yatim dan janda tua


Hadirin yang berbahagia, tibalah pada acara inti yang kita nantikan bersama, yaitu siraman rohani yang akan disampaikan oleh Kyai/Ustadz.....

Kepada Kyai/Ustadz.... kami persilahkan.

(Acara siraman rohani)

Demikian tadi siraman rohani yang telah diberikan oleh Kyai/Ustadz…., semoga apa yang disampaikan dapat mempertebal iman dan bermanfaat bagi kita semua, Aamiin.

Untuk menutup acara ini, marilah kita berdoa bersama-sama yang dipimpin oleh ustadz....

Kepada Ustadz.... dipersilahkan.

Demikianlah rangkaian acara pengajian umum dalam rangka..... pada siang/ malam hari.

Saya atas nama panitia penyelenggara menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya, dan sebagai pembawa acara pengajian ini saya memohon maaf apabila ada kalimat atau kata-kata yang kurang berkenan di hati para hadirin sekalian.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Demikian Contoh Teks Pembawa Acara Pengajian Umum, semoga bermanfaat

No comments