Home
Artikel
Pendidikan
Lagi Bingung Memilih SMA atau SMK
Lagi Bingung Memilih SMA atau SMK? - Keputusanmu hari ini merupakan salah satu faktor yang akan menentukan perjalanan nasibmu dimasa mendatang. Bingung Memilih SMA atau SMK akan berpengaruh terhadap minat belajar karena pola belajar di kedua sekolah tersebut cukup berbeda.

Apabila kamu salah dalam mengambil keputusan, biasanya akan berakibat kurang baik, jangan sampai kamu menyesal dikemudian hari. Kecewa, tidak bersemangat belajar. Pelajaran banyak yang tidak masuk di otak dan akhirnya sekolah hanya akan menjadi rutinitas yang membosankan.

Lagi Bingung Memilih SMA atau SMK

Jika sudah seperti itu jangan mengharapkan Prestasi, karena diawali dengan rasa kecewa, tidak bersemangat dan menyesal maka kamu akan sulit untuk mendapat prestasi di sekolah, karena prestasi biasanya diawali dari rasa “senang” sehingga akan lebih bersemangat untuk mendapatkanya.

Ketika kamu masih Bingung Memilih SMA atau SMK, kamu bisa melakukan hal berikut:
  • Ketahui perbedaan SMA dan SMK
  • Ketahui Sistem Belajar Mengajar SMA dan SMK

Pertama kali yang harus kamu lakukan agar kamu bisa memilih SMA atau SMK dengan tepat adalah dengan mencari informasi tentang perbedaan dari kedua sekolah tersebut. 

Perbedaan antara SMA dengan SMK cukup banyak, diantaranya adalah :
  • SMA lebih memberikan kemampuan akademik, sedangkan di SMK Kamu akan mendapatkan skill/ keterampilan yang spesifik.
  • Jika kamu memilih Sekolah di SMA maka kamu lebih banyak belajar tentang teori, sedangkan jika memilih di SMK lebih banyak belajar dengan praktek.
  • SMA dituntut untuk bisa (Kuliah) melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi (wajib), sedangkan lulusan SMK dirancang (disiapkan) untuk siap kerja (untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan, lulus SMK juga bisa (kuliah) menempuh pendidikan lebih tinggi).
  • Pilihan jurusan disetiap SMA hampir sama di setiap sekolah, sedangkan di SMK pilihan lebih variatif, bahkan antara sekolah satu dan lainya juga bisa berbeda.
  • Biaya SMA biasanya lebih murah dibandingkan SMK, karena di SMK lebih dari 70% pelajaranya adalah praktik.
  • Peluang kerja lebih banyak lulusan SMK daripada lulusan SMA, ini karena SMK dirancang untuk siap kerja setelah lulus.

Lihat bakat dan minat seta cita-citamu sebelum menentukan pilihan

Setelah Kamu mengetahui perbedaan antara SMA dan SMK, maka tugas kamu selanjutnya adalah melihat bakat dan minat yang Kamu miliki.

Bakat ini ada hubunganya dengan kemampuan yang ada pada dirimu. Tanyakan pada diri sendiri, potensi apa yang bisa digali dan dikembangkan. 

Jika kamu lebih suka mengembangkan hobi yang terkait dengan keterampilan maka SMK lebih tepat untuk dipilih, tetapi jika Kamu lebih suka mendalami ilmu-ilmu akademis (misal IPA, IPS, Bahasa, dll) memilih SMA akan lebih baik.

Minat sama halnya dengan ketertarikan dan juga hobi akan sesuatu hal, jika ketertarikan dan hobi sangat besar biasanya akan berkembang menjadi cita-cita.

Apa yang menjadi cita-citamu, melalui sekolah yang kamu pilih, Kamu akan dapat menggapainya. Misalnya saja, jika kamu punya cita-cita ingin jadi ilmuwan, tentara, dokter, maka sekolah SMA lebih tepat.

Jika Kamu ingin segera bekerja mendapatkan uang, ingin menjadi pengusaha atau ahli dibidang keterampilan tertentu, SMK bisa menjadi pilihan terbaik.

Idealnya, bakat akan ada hubunganya dengan minat, kamu akan lebih mudah memutuskan ingin melanjutkan sekolah dimana.

Namun kadangkala tidak semua orang yakin bakatnya akan sesuai dengan apa yang dicita-citakan. Kadang kala orang yang memiliki bakat menyanyi belum tentu tertarik jadi penyanyi, begitu juga orang yang berbakat olah raga belum tentu tertarik untuk menjadi atlet, dan lain sebagainya. Hal-hal seperti inilah yang perlu dibicarakan dengan orang lain.

Konsultasi dengan orang yang dipercaya

Jika bingung memilih SMA atau SMK silahkan konsultasikan dengan orang yang dipercaya

Melihat kemampuan dan potensi diri sendiri memang bukan perkara mudah, untuk itu perlu pertimbangan dan masukan dari orang lain yang bisa dipercaya agar bisa menemukan bakat yang ada dalam diri sendiri.

Berbicara tentang bakat, kadang kita sendiri tidak tahu tetapi orang lain tahu bakat kita, kadang kita tahu bakat orang lain tetapi orang tersebut tidak tahu bakatnya, yang paling bagus adalah kita tahu dengan bakat kita dan orang lain juga tahu.

Jangan enggan berbicara dengan orang lain tentang bakat yang kita miliki, tanyakan pada mereka tentang berbagai potensi yang mungkin bisa kamu kembangkan.

Tanyalah pada orang-orang yang dapat dipercaya, bisa tanya pada orang tua, curhat pada sahabat, maupun konsultasi pada guru.

Gali informasi, perbanyak referensi

Memilih sekolah secara tepat butuh informasi dari sumber yang jelas dan resmi

Untuk dapat memilih dengan tepat jangan hanya terpaku pada satu sumber informasi, carilah sumber informasi yang relevan dengan bakat maupun minat kamu.

Sumber Informasi tersebut bisa melalui guru disekolah, buku, majalah, internet, atau menanyakan pada orang-orang yang lebih pengalaman.

Teknologi informasi seperti internet saat ini semakin mudah untuk diakses, hampir semua sekolah saat ini memiliki website. Kunjungi situsnya, lihat fasilitas yang ada seperti kurikulum, sarpras, berapa biayanya, dan lain sebagainya.

Dengan sumber informasi yang dapat dipercaya, maka kamu akan lebih mudah memilih dan menyesuaikan kemampuan yang ada.

Tentukan pilihan secara tepat

Setelah memiliki informasi yang jelas sehingga tidak lagi bingung memilih SMA atau SMK maka langkah terakhir adalah menentukan pilihan secara tepat berdasarkan bakat minat dan cita-cita yang kamu miliki. 

Jangan ragu untuk menentukan pilihan, karena apa yang kamu pilih saat ini akan berdampak pada kehidupanmu dimasa yang akan datang. Sukses dalam menentukan pilihan saat ini adalah sukses untuk masa depan kamu.

No comments