Artikel Pendidikan

Penjelasan Struktur Kurikulum Merdeka SMK

0 Comments
Home
Artikel
Pendidikan
Penjelasan Struktur Kurikulum Merdeka SMK
Penjelasan Struktur Kurikulum Merdeka SMK - Pemerintah telah mengeluarkan Kurikulum Merdeka sebagai pengganti Kurikulum 2013 (K13) tetapi dalam pelaksanaanya dilakukan secara bertahap.

Untuk sekolah reguler pelaksanaan Kurikulum Merdeka dapat dilakukan dengan cara mendaftar secara online melalui kemdikbud.go.id.

Penjelasan Struktur Kurikulum Merdeka SMK


Struktur Kurikulum Merdeka SMK dibagi menjadi dua bagian utama yaitu kelompok umum dan kelompok kejuruan.

Selain dua bagian diatas, dalam struktur kurikulum merdeka SMK juga ada penguatan Profil Pelajar Pancasila, Pengembangan Karakter, Budaya Kerja dan Muatan Lokal.

Kelompok UMUM


Kelompok umum adalah kelompok adalah kelompok mata pelajaran yang berfungsi membentuk peserta didik menjadi pribadi utuh sesuai dengan fase perkembanganya yang memiliki norma-norma kehidupan sebagai mahluk individu maupun mahluk social baik sebagai warga negara Indonesia maupun sebagai warga Dunia.

Kelompok Kejuruan


Kelompok Kejuruan adalah kelompok mata pelajaran yang berfungsi membentuk peserta didik sebagai individu agar memiliki kompetensi sesuai perkembangan dunia kerja serta Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni dan Budaya.

Mata Pelajaran Informatika dirancang sama dengan yang satuan pendidikan lain tapi dapat dipelajari dengan menyesuaikan terhadap konteks ProgramKeahlian peserta didik.

Mata Pelajaran IPAS berisi muatan tentang literasi ilmu pengetahuan alam dan sosial yang diformulasikan dalam tema-tema kehidupan yang kontekstual dan aktual.

Mata Pelajaran Kejuruan yang dipelajari di kelas X merupakan mata pelajaran dasar-dasar Program Keahlian.

Mata Pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris di kelas X berisi materi umum sekaligus untuk mendasari pembelajaran Matematika dan Bahasa Inggris di kelas XI dan XII, yang merupakan pendalaman materi secara kontekstual terhadap substansi kejuruan pada masing-masing Program Keahlian

Mata Pelajaran Kejuruan yang dipelajari di Kelas XI dan Kelas XII adalah mata pelajaran atau konsentrasi yang merupakan kelompok unit-unit kompetensi pada Program Keahlian. Mata pelajaran konsentrasi ini dikembangkan oleh sekolah sesuai dengan Program Keahlian.

Mata Pelajaran Projek Kreatif dan Kewirausahaan merupakan wahana pembelajaran bagi peserta didik untuk mengaktualisasikan dan mengekspresikan kompetensi yang dikuasai pada kegiatan pembuatan produk/pekerjaan layanan jasa secara kreatif dan bernilai ekonomis.

Mata Pelajaran Pilihan merupakan mata pelajaran yang dipilih oleh peserta didik berdasarkan renjana (passion) untuk pengembangan diri, baik untuk melanjutkan pendidikan, berwirausaha, maupun bekerja pada bidangnya. Mata Pelajaran Pilihan ini dapat berupa penguatan kompetensi peserta didik yang disediakan oleh sekolah.

Contohnya: Mata Pelajaran Bahasa Asing selain Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, atau Mata Pelajaran Kejuruan lintas konsentrasi keahlian.

Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan Kelas XII semester II diisi dengan Praktik Kerja Lapangan yang merupakan wahana pembelajaran di dunia kerja yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk meningkatkan penguasaan kompetensi teknis (hardskill) sesuai dengan konsentrasi keahlian serta menginternalisasi karakter dan budaya kerja (softskill).

Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Pengembangan Karakter, dan Budaya Kerja adalah satu kesatuan utuh implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMK, merupakan wahana

kegiatan yang wajib diikuti oleh peserta didik di luar kegiatan intrakurikuler, dilaksanakan dalam bentuk blok-blok kegiatan secara periodik dan terintegrasi berdasarkan tema-tema Proyek Profil Pelajar Pancasila serta Pembinaan Karakter dan Budaya Kerja.

Penjelasan Struktur Kurikulum Merdeka SMK mencakup:
  • Muatan Kejuruan pada Kelas 10
  • Muatan Kejuruan pada Kelas 11 dan 12
  • Mata Pelajaran Proyek Kreatif dan Kewirausahaan
  • Mata Pelajaran Pilihan
  • Praktik Kerja Lapangan
  • Penguatan Profil Pelajar Pancasila,
  • Pengembangan Karakter, dan Budaya Kerja

Demikian Penjelasan Struktur Kurikulum Merdeka SMK yang akan digunakan oleh sekolah-sekolah SMK baik negeri maupun swasta.

Spektrum Keahlian SMK/MAK dalam kurikulum merdeka belajar juga telah diatur dalam Kepmendikbudristek No. 56 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum

Untuk isi Struktur Kurikulumnya bisa di ambil di SINI

No comments