Artikel Budaya

Contoh Sambutan Pelepasan Jenazah Keluarga Meninggal

5 Comments
Home
Artikel
Budaya
Contoh Sambutan Pelepasan Jenazah Keluarga Meninggal
Berikut ini adalah contoh sambutan keluarga meninggal atau sambutan pelepasan jenazah, kata sambutan orang meninggal atau sambutan pelepasan jenazah ini biasanya disampaikan oleh wakil dari keluarga ketika akan diberangkatkan ke pemakaman.

Biasanya sambutan keluarga meninggal atau sambutan pelepasan jenazah ini disampaikan oleh kepala desa/pamong atau tokoh masyarakat maupun tokoh agama di lingkungan setempat sebagai wakil dari keluarga almarhum/almarhumah.

Sambutan keluarga meninggal atau pelepasan jenazah ketika akan dimakamkan disampaikan kepada para pelayat yang akan ikut mengantarkan jenazah ke pemakaman maupun para pelayat lainya yang saat itu hadir melayat dikediaman almarhum/almarhumah.

Contoh Sambutan Pelepasan Jenazah Keluarga Meninggal
 

Berikut ini contoh sambutanya :

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bismillahirrohmaanirrohiim

Alhamdulillahirobbil aalamin, washolaatu assalaamu’alaa asrofil anbiyaai wal mursaliin, wa alaa aalihi waashaabihi azmain, Asyhadu anlaa ilaaha ilallaah wahdahu laa syari kalah, wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu warosuluh. Allohumma sholli 'ala sayyidina Muhammad, wa alaa aali sayyidinaa Muhaamd. Amma ba’du.

Yang kami hormati Bapak Lurah

Yang kami hormati Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat desa Bajar Makmur
Yang kami hormati Bapak Ustadz Samsul Arifin
Serta Bapak Ibu para pelayat yang Insya Allah selalu dirahmati Allah SWT.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia dan berkah-Nya sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini dengan keadaan sehat wal afiat.

Tak lupa marilah kita bersama-sama melantunkan sholawat serta salam kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

Bapak-Bapak, Ibu-ibu serta Saudara-saudari yang kami hormati

Izinkan saya berdiri disini mewakili keluarga besar dari (nama keluarga) untuk mengucapkan ribuan terima kasih kami kepada Bapak Ibu dan saudara-saudari sekalian yang telah meluangkan waktunya untuk bertakziah di kediaman kami ini.

Dimana salah satu anggota keluarga yang ada di rumah ini yaitu Kakek/nenek/bapak/ibu/keluarga lain dari ............. beberapa saat yang lalu tepatnya hari….., tanggal…., jam…. telah kembali kepada Sang Maha Pencipta, Allah SWT.

Semoga takziah yang kita lakukan ini dapat menjadi penghibur bagi keluarga yang ditinggalkan. Aamiin ya robal’alamin

Pada kesempatan kali ini juga, kami sebagai wakil dari keluarga memohon maaf atas semua kekhilafan almarhum/almarhumah semasa hidupnya. Mohon maaf yang sedalam-dalamnya jika dalam perbuatan maupun, tingkah laku maupun ucapan beliau ada yang kurang berkenan di hati Bapak/ibu, dan saudara/saudari sekalian.

Kami juga memohon jika kiranya beliau memiliki sangkutan hutang piutang, jika hutang itu kecil/sedikit mohon untuk di iklaskan, tetapi apabila hutang beliau besar/banyak mohon untuk dapat menghubungi pihak keluarga agar dapat segera diselesaikan.

Bapak-Bapak, Ibu-ibu, Saudara-saudari yang kami hormati

Marilah kita memanjatkan do’a kepada Allah SWT, mudah-mudahan segala kesalahan almarhum/almarhumah yang pernah dilakukan selama hidup didunia senantiasa diampuni oleh Allah Swt.

Mudah-mudahan segala amal kebaikan semasa hidupnya senantiasa diterima disisi Allah SWT, dan mendapatkan rahmat serta tempat yang luas, dan jauh dari siksa Allah, dan mudah-mudahan pula dimasukkan ke dalam Surga Allah SWT. Aamin.

Kami mohon kepada para pelayat untuk ikut mengantarkan jenazah ke pemakaman serta mendoakan saat pemakaman nanti

Kami juga mohon bantuan kepada para pelayat agar kiranya nanti sehabis maghrib untuk dapat hadir dirumah ini guna membacakan yasin dan tahlil.

Karena semua telah siap, marilah kita berangkatkan untuk menuju tempat pemakaman. Ihdinash shirathal mustaqiim.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

5 comments

  1. Dian's Blog
    Dian's Blog
    October 15, 2022
    Sangat bermanfaat, thanks
  2. Wasito
    Wasito
    March 06, 2022
    Sama-sama, semoga bermanfaat..
  3. Unknown
    Unknown
    March 02, 2022
    Terimakasih ..sangat bermanfaat
  4. Anonymous
    Anonymous
    January 20, 2022
    Alhamdulillah bertambah pengetahuan
    1. Wasito
      Wasito
      September 05, 2023
      terimakasih