Hiburan Liburan

9 Tempat Wisata Edukasi Di Jogja dan Alamatnya

0 Comments
Home
Hiburan
Liburan
9 Tempat Wisata Edukasi Di Jogja dan Alamatnya
9 Tempat Wisata Edukasi Di Jogja dan Alamatnya, Wisata merupakan kebutuhan setiap manusia, dengan melakukan wisata seseorang dapat menjadi fress kembali setelah disibukan dengan berbagai aktifitas. 

Sayangnya wisata saja tidak cukup, sebab anak dan saudara anda juga butuh edukasi dari berwisata tersebut, oleh karena itu tempat wisata edukasi merupakan pilihan tepat untuk mengisi liburan anda.

Berikut merupakan 9 Tempat Wisata Edukasi di Jogja dan Alamatnya yang bisa menjadi tujuan berlibur anda bersama keluarga. 

1. Taman Pintar


Taman Pintar merupakan tempat wisata edukasi di yogyakarta yang cukup populer.

Tempat wisata edukasi ini memadukan tempat rekreasi dan edukasi dalam satu lokasi sehingga sangat cocok untuk wisata dan sekaligus belajar berbagai hal.

Taman Pintar ini memiliki terbagi dalam beberapa zona seperti budaya, sain, teknologi, dan zona lainya.

Alamat Taman Pintar

Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, D.I. Yogyakarta 55122
No. Telp: 085729739999
Jam Buka: 08.30-15.30 WIB

2. Monumen Jogja Kembali


Monumen Jogja Kembali (MONJALI) merupakan salah satu tempat wisata edukasi sejarah yang cukup banyak dikunjungi oleh masyarakat jogja maupun diluar jogja. Monjali ini sangat cocok untuk wisata edukasi sejarah karena monjali merupakan lambang kembalinya Pemerintahan Republik Indonesia.

Museum Monjali ini berisi tentang sejarah Yogyakarta dimasa lalu, dimana Ibu Kota Negara Republik Indonesia pernah berada di Yogyakarta ini

Diluar museum dapat digunakan untuk wisata keluarga sehingga sangat cocok sebagai tujuan wisata

Alamat Monumen Jogja Kembali

Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DIY (55581)
Jam Buka Museum: 08.00 - 16.00
Jam Buka Taman Pelangi (diluar museum): 08.00 - 21.00

3. Kraton Yogyakarta


Siapa yang tak kenal Kraton Yogyakarta?. Rasanya belum ke jogja kalau belum mengunjungi Kraton Yogyakarta ini. Tempat wisata edukasi Kraton Yogyakarta ini menyimpan banyak sejarah dan budaya Yogyakarta dan Jawa.

Selain sejarah dan budaya jogja, kraton yogyakarta ini juga banyak menyimpan sejarah negara dan bangsa indonesia terutama terutama pada masa kerajaan di nusantara.

Kraton Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata edukasi yang wajib dikunjungi jika kita berkunjung ke yogyakarta, terutama anak-anak sekolah agar dapat mengenal lebih jauh budaya dan sejarah indonesia.

Alamat Kraton Yogyakarta

Jalan Rotowijayan Blok No.1, Panembahan, Kraton, Yogyakarta (55132)
Jam Buka: 11.00 - 17.00

4. Museum Dirgantara

Wisata Edukasi Di Jogja dan Alamat

Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) berada di kompleks Pangkalan Udara Adisutjipto Yogyakarta.

Museum ini selalu ramai dikunjungi masyarakat, terutama di hari libur. Pengunjung di dominasi anak-anak, pelajar serta masyarakat umum baik masyarakat jogja dan sekitar maupun dari luar jogja.

Museum Dirgantara di jogja ini menyimpan banyak foto tokoh-tokoh sejarah dan peristiwa sejarah Angkatan Udara Indonesia pada masa perang melawan penjajah di indonesia.

Selain foto-foto sejarah, di museum dirgantara jogja ini juga terdapat miniatur, bahkan pesawat tempur asli yang pernah digunakan TNI AU untuk perang melawan penjajah dalam perjuangan maupun merebut kemerdekaan.

Museum ini sangat cocok dikunjungi untuk mengenang dan sekaligus belajar sejarah indonesia, khususnya yang berhubungan dengan kedirgantaraan.

Alamat Museum Dirgantara Jogja

Komplek Pangkalan TNI AU Lanud Adisutjipto, Yogyakarta
Telp. 0724-484453
Hari (Buka) Kunjungan: Senin - Minggu
Jam (Buka) Kunjungan: 08.30 - 15.00 WIB

5. Museum Gunung Merapi


Museum Gunung Merapi merupakan sebuah museum sebagai perekam jejak gunung api dari setia letusan. Dalam museum ini terdapat replika sebaran awan panas gunung merapi saat terjadi letusan. Selain replika awan panas, dalam museum ini juga terdapat benda-benda sisa letusan gunung dari tahun 2006 serta foto-foto koleksi gunung merapi dari zaman ke zaman.

Alamat Museum Gunung Merapi

Jl. Kaliurang KM.22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Kab. Sleman, D.I. Yogyakarta 55582
Email:mgm@slemankab.go.id
Waktu Buka: Selasa, Rabu, Kamis (08.00 - 15.30) Jum'at (08.00 - 14.30)

6. Museum Ullen Sentalu


Museum Ullen Sentalu merupakan sebuah museum yang mengisahkan peradaban Kerajaan Mataram yang terpecah menjadi 4 kraton di Solo dan Yogyakarta. Dalam Museum Ullen Sentalu terdapat banyak lukisan dan foto-foto bangsawan pada jaman Kerajaan Mataram dan 4 kraton hasil perpecahan dari Kerajaan Mataram tersebut.

Alamat Museum Ullen Sentalu

Jl. Boyong KM. 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, D.I. Yogyakarta 55582
Telp. 0274 895161

Waktu Buka:
Selasa-Jumat: 08.00-16.00 WIB
Sabtu-Minggu: 08.30-17.00 WIB

7. Museum De Mata


Museum De Mata merupakan museum yang berisi lukisan 3 dimensi terbanyak di dunia. Dalam Museum De Mata ini pengunjung dapat merasakan sensasi 3 dimensi dengan berbagai pose dan latar belakang seperti nyata.

Museum ini cocok dijadikan sebagai tujuan wisata edukasi, disamping unik museum ini juga merupakan museum pertama di jogja dan jawa tengah yang menghadirkan berbagai gambar mulai dari tema alam sampai ornamen yang unik.

Alamat Museum De Mata

Jl. Veteran No.150-151 Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, D.I. Yogyakarta 55161
Telp. 085647676669 (marketing)
Jam Buka: 10.00 – 20.00 WIB
Email: mkt.demata@gmail.com

8. Benteng Vredeburg

9 Tempat Wisata Edukasi Di Jogja dan Alamatnya

Museum Benteng Vredeburg merupakan museum tempat menyimpan koleksi sejarah perjuangan bangsa indonesia.

Dalam museum ini juga tersimpan koleksi dan benda yang dipakai untuk perang. Pengunjung museum dapat melihat secara langsung benda dan koleksi sejarah yang digunakan untuk perang pada jaman penjajahan.

Museum Benteng Vredeburg cocok digunakan untuk wisata edukasi sejarah untuk anak-anak sehingga bisa menjadi gambaran sejarah perjuangan bangsa indonesia dalam melawan penjajahan.

Alamat Benteng Vredeburg

Jalan Margo Mulyo No.6 Yogyakarta 55121

Telp: 0274 586934 / Fax : 0274 510996
Email: vredeburg@kemdikbud.go.id / museumbenteng.vredeburgjogja @gmail.com
Waktu (Buka) Kunjungan: Selasa - Jum'at (09.00 - 14:00 WIB)

9. Sindu Kusuma Edupark (SKE)


Sindu Kusuma Edupark merupakan taman (wahana) bermain sekaligus belajar untuk anak-anak. Di Sindu Kusuma Edupark ini sering diadakan Workshop dan Kompetisi bidang teknologi untuk anak-anak sehingga tempat ini sangat cocok untuk wisata edukasi.

Alamat Sindu Kusuma Edupark

JL. Magelang KM 3 (Jl. Jambon) Sinduadi, Mlati
Kab. Sleman, D.I.Yogyakarta
No. Telp: 0274-6429660
Email: marketing@skedupark.id
Jam Buka: 08.00 - 23.00 WIB

Hari-hari besar di Indonesia biasanya merupakan hari libur nasional yang dapat dimanfaatkan untuk berlibur di tempat wisata kesukaan anda dan keluarga. 

Selain wisata edukasi, di jogja juga banyak wisata kuliner seperti Pasar Kebon Empring di daerah Bantul yang menyediakan kuliner tradisional.

Jika anda sedang atau akan mengisi liburan di Yogyakarta, maka 9 tempat wisata edukasi di Jogja ini dapat menjadi tujuan anda dan keluarga. Disamping berlibur, anak-anak dan saudara anda dapat belajar di tempat-tempat tersebut.

No comments