Iklan-atas-was-info1

Pasar Kebon Empring Piyungan Yogyakarta

Pasar Kebon Empring Piyungan Yogyakarta - Jogja memang istimewa, Selain kota pendidikan, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan salah satu destinasti wisata yang cukup diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki 4 Kabupaten dan 1 Kota Madya yaitu: Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta. Dari ke 5 kabupaten/kota yang ada di yogyakarta, masing-masing memiliki obyek wisata andalan yang bisa dijadikan destinasti wisata. Hampir setiap tempat yang “unik” di yogyakarta ini dijadikan tempat wisata, dari mulai Laut, Sungai, Gunung, Pasar dan tempat-tempat lainya banyak yang telah dijadikan obyek wisata. Untuk mengisi liburan keluarga sebaiknya harus direncanakan sebelumnya, walaupun hanya liburan di rumah atau ke tempat-tempat wisata yang ada di sekitar. anda bisa membaca Tips merencanakan liburan keluarga agar menyenangkan dalam tulisan di blog ini sebelumnya.

Pasar Kebon Empring Piyungan Yogyakarta


Berikut ini adalah cerita kunjungan kami pada saat mudik ke yogyakarta. Kami sempatkan untuk berwisata ke tempat-tempat wisata “lokal” yang ada di perkampungan sekitar kampung orang tua kami. Kami mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di pedesaan yang nuansanya benar-benar “desa” yang penuh ketenangan. Tempat-tempat tersebut antara lain:

  • Pasar Kebon Empring
  • Gerbang Banyu Langit
  • Taman Glugut, dll

Tetapi dalam tulisan kali ini kami hanya menceritakan Pasar Kebon Empring saja karena memang Pasar ini sangat menarik perhatian kami. Untuk tempat yang lain akan kami ceritakan kemudian hari :)

Pasar Kebon Empring Piyungan Yogyakarta


Bagi anda yang sering berkunjung ke yogyakarta pasti kenal bahkan telah mengunjungi Malioboro, Keraton Jogja, Monjali dan tempat-tempat lain yang memang sudah terkenal cukup lama. Dari sekian banyak tempat yang ada, apakah sudah berkunjung ke Pasar Kebon Empring?. Bagi saya yang bukan warga asli jogja sangat tertarik dengan obyek wisata kuliner ala desa (kampung) ini. Pasar Kebon Empring ini memang keberadaanya disebuah perkampungan dikecamatan Piyungan. Obyek Wisata ala kampung ini bernama Pasar Kebon Empring yang terletak di desa Bintaran Wetan, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Walaupun keberadaanya di perkampungan, tetapi Pasar Kebon Empring ini mudah dijangkau oleh kendaraan roda 4 (mobil). Lokasinya hanya 300 meter dari jalan wonosari sehingga mudah dijangkau oleh siapapun yang ingin berkunjung. Memanfaatkan kebun kosong yang dipenuhi oleh pohon bambu, warga desa Bintaran Wetan menyulap lokasi ini menjadi obyek wisata lokal yang cukup ramai pengunjungnya sehingga dapat menghidupkan perekonomian warga sekitar.

Di Pasar Kebun Empring ini kita bisa menemui suasana jaman dulu, dari mulai jajanan/ makanan sampai permainan anak-anak jaman dulu. Bagi anda yang suka dengan air, dapat langsung bermain di sungai yang airnya jernih dan menyeberangi sungai lewat jembatan gantung. Makanan dan tempat yang disajikan di Pasar Kebon Empring ini adalah mencerminkan suasana tempo dulu, ini sangat cocok bagi anda yang ingin mengenang masa-masa kecil dikampung halaman.

Apa saja yang ada di pasar kebon empring ini?

Tempat Wisata

  • Jembatan Gantung ( untuk spot foto, bagi yang suka foto-foto)
  • Pasar kuliner tradisional yang menjajakan aneka makanan tradisional, terutama makanan tradisional khas jawa
  • Aneka permainan tradsional anak-anak seperti egrang, bakiak dan yang lainnya.
  • Aneka permainan di air sungai
  • Kebun bunga
  • Gazebo untuk spot foto yang cukup menarik
  • Melayani fasilitas booking tempat reuni
  • Senam sehat bersama untuk umum setiap hari Jumat

Fasilitas umum yang tersedia di Pasar Kebon Empring:

  • Spot foto yang menarik
  • Mushola
  • Toilet
  • Ruang terbuka untuk bermain anak-anak
  • Parkir yang cukup luas
  • Gazebo unik untuk beristirahat bersama keluarga

Pasar Kebon Empring Piyungan Yogyakarta

Pasar kebon empring ini buka dari jam 06.00 pagi sampai jam 18.00 (jam 6 sore), tetapi pada saat kami berkunjung ke pasar kebon empring piyungan ini sampai jam 18.00 belum tutup juga, mungkin karena pada saat itu adalah hari raya idul fitri (lebaran) maka jam tutupnya di perpanjang sampai malam.

Demikianlah sedikit cerita tentang wisata kuliner ala jaman dulu yang berada di piyungan, yogyakarta ini, bagi anda yang ingin berkunjung kesana jangan ragu karena tempatnya benar-benar keren dan asri mengingatkan kita pada suasana desa yang ayem tentrem :D

0 Response to "Pasar Kebon Empring Piyungan Yogyakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel