Artikel Pendidikan

Peluang kerja lulusan Perhotelan dan gaji yang besar

0 Comments
Home
Artikel
Pendidikan
Peluang kerja lulusan Perhotelan dan gaji yang besar
Peluang Kerja Lulusan Perhotelan dan Gaji yang menggiurkan - Negara Indonesia merupakan negara kepulauan. Indonesia memiliki destinasti wisata cukup banyak, baik wisata alam, laut maupun budaya yang menjadi andalan indonesia.

Dengan banyaknya tempat wisata yang ada maka tak heran jika sektor pariwisata merupakan salah satu penyumbang pendapatan negara yang cukup banyak, oleh karena itu peluang kerja lulusan perhotelan SMK dan Perguruan Tinggi banyak terserap di sektor pariwisata. Seiring makin tumbuh kembangnya pariwisata di indonesia ini, maka mau tidak mau industri perhotelanya pun mengikuti. Hal ini yang menjadi pendorong pelaku industri untuk mengembangkan industri pariwisata dan perhotelan. Peluang-peluang baru yang di manfaatkan oleh pengusaha dibidang perhotelan tentunya juga membuka peluang baru untuk lulusan perhotelan.

Pekerjaan jurusan perhotelan antara lain: Manager Hotel, Front Office, HouseKeeping, Pramu saji, dll. Gaji lulusan perhotelan juga terbilang lumayan, biasanya melebihi Upan Minimum Regional (Propinsi). Untuk UMR saat ini (saat tulisan ini di pulish) di jakarta sudah mencapai 3 juta dan tentunya tiap propinsi berbeda sesuai dengan ketentuan yang sudah diatur oleh pemerintah terkait dengan UMR. Apalagi jika mendapat posisi yang cukup baik di hotel, maka gaji yang didapatkan juga cukup tinggi.

Peluang kerja lulusan Perhotelan dan gaji yang besar
 
Banyak perguruan tinggi dan Sekolah Mennegah Kejuruan membuka jurusan perhotelan, sehingga lulusan perhotelan memiliki peluang untuk bekerja dihotel dengan berbagai bidang pekerjaan. Perguruan Tinggi Perhotelan dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki syarat khusus untuk mahasiswa/ siswanya. Syarat masuk SMK Perhotelan biasanya dilihat dari tinggi badan, tidak buta warna, kerapihan, dll. Tes masuk perhotelan, baik Perguruan Tinggi maupun SMK biasanya menggunakan bahasa inggris atau bahasa asing lainya.

Pariwisata dan Hotel adalah pasangan yang tidak bisa di pisahkan. Tempat penginapan yang nyaman tentunya menjadi pilihan utama bagi wisatawan, baik manca maupun lokal. Dengan maraknya pertumbuhan hotel di negara ini maka dunia pendidikanpun harus menyiapkan sumberdaya manusianya yang akan menangani masalah tersebut. Sekolah-sekolah dan Perguruan Tinggi membuka jurusan Perhotelan yang diharapkan bisa mengisi Sumber daya manusia di sektor tersebut.

SMK adalah salah satu jenjang pendidikan menengah yang memiliki Jurusan Perhotelan tersebut. Di SMK jurusan Perhotelan kamu akan diajari seluk beluk pekerjaan di hotel berbintang antara lain : Industri Perhotelan, Front Office, Housekeeping, Laundry, Food and Beverage, Produk Kreatif dan Kewirausahaan dan lain sebagainya. Baca: Mata Pelajaran SMK Jurusan Perhotelan

Bagi kamu yang ingin berkarir dan suka dengan Hotel, jurusan ini sangat membantu sebagai modal dasar pengetahuan dan keterampilan di bidang Perhotelan. Yang memiliki anggapan bahwa jurusan perhotelan hanya akan mencetak tukang bersih-bersih kamar atau menjadi pelayan hotel harus diluruskan, bahwa pada jurusan ini kamu akan belajar banyak hal tentang dunia perhotelan. Banyak jenis pekerjaan di hotel, mulai dari Front office, sampai manager hotel.

SMK yang membuka jurusan Perhotelan masih terbilang langka dibanding dengan Jurusan lainya, jurusan ini biasanya hanya ada di kota-kota saja. Setiap Kabupaten/Kota biasanya hanya memiliki 1 atau 2 Sekolah saja yang membuka jurusan ini, kecuali di kota-kota besar yang memiliki jumlah SMK yang banyak

Prospek kerja dari lulusan jurusan SMK Perhotelan sangat banyak, apalagi sekarang tumbuh subur industri perhotelan sedangkan jurusan ini termasuk jarang sehingga alumninya dapat langsung bekerja. Pada jurusan ini banyak tawaran-tawaran dari hotel untuk mengisi kekurangan tenaga kerja di hotel berbintang. Biasanya alumni perhotelan tidak menungu terlalu lama untuk mendapatkan kerja setelah lulus, malah sebelum lulus saja sudah dipesan oleh beberapa hotel yang menjadi mitra sekolah/ perguruan tinggi tersebut.

Ingin berkarir di perhotelan?. Silahkan persiapkan dari sekarang, untuk dapat masuk di SMK Jurusan Perhotelan atau Perguruan Tinggi Perhotelan terbaik menurut anda. Salah satu tips memilih sekolah jurusan perhotelan adalah dengan melihat sebaran alumni dari sekolah tersebut. Alumni jurusan perhotelan disekolah tersebut kerja dimana saja, berapa yang terserap/ bekerja di hotel, bagaimana fasilitas sekolahnya, dll.

No comments