Iklan-atas-was-info1

Hubungan Revolusi Industri 4.0 dengan Siswa SMK untuk Text Amanat Pembina Upacara hari Senin

Teks amanat Pembina Upacara hari Senin ini adalah bahan saya ketika mendapat tugas menjadi Pembina Upacara hari Senin di sekolah tempat saya mengajar. Bagi bapak/ibu guru yang sedang mencari text sebagai bahan amanat saat menjadi pembina upacara, text ini bisa dikembangkan lagi sesuai dengan kebutuhan untuk dijadikan referensi. Baca : Contoh Sambutan dalam Kunjungan Industri

Bismillahirohmanirrohim

Assalamu’alaikum wr.wb

Yang saya hormati Bpk. Kepala Sekolah, Bpk. Drs. Seger Waras

Yang saya hormati Bpk/Ibu dewan guru dan Staff

Anak-anaku Siswa SMKN 1 Maju Terus yang saya banggakan.

Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga kita bersama-sama dapat berkumpul di lapangan ini dalam rangka melaksanakan kewajiban rutin kita, yaitu melaksanakan Upacara Bendera setiap hari senin dalam keadaan sehat, tanpa halangan suatu apapun (amin). Sholawat serta salam marilah senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita, Nabi besar Muhammad SAW yang kita nantikan safaatnya di yaumil kiamah kelak (amin..)

Hubungan Revolusi Industri 4.0 dengan Siswa SMK untuk Text Amanat Pembina Upacara hari Senin


Anak-anaku yang saya banggakan, sebelum saya memberikan amanat pada upacara bendera kali ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada petugas upacara yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik, selain itu saya juga mengucapkan terimakasih kepada semua peserta upacara yang telah bersedia mengikuti upacara ini penuh khidmat.

Pada upacara kali ini, saya akan memberikan Informasi/ pencerahan terkait dengan perkembangan Teknologi Industri yang makin pesat kita rasakan. Tak terasa saat ini kita telah berada pada era baru dalam dunia teknologi industri, yaitu Revolusi Industri 4.0.

Mungkin sebagian besar dari kalian telah mendengar, membaca, melihat TV yang menginformasikan tentang Revolusi Industri 4.0. Sebenarnya apa sih Revolusi Industri 4.0 itu? Dan apa hubunganya dengan siswa SMK?.

Revolusi Industri 4.0 merupakan nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik (industri). Istilah revolusi Industri 4.0 ini mencakup Sistem siber-fisik, Internet untuk segala/ Internet of Things (IoT), Komputasi awan/ Big data, Kecerdasan buatan/ Artifical Intellegence (AI), Robotik, dan sebagainya.

Pada Revolusi Industri ini yang paling menonjol dan kita rasakan saat ini adalah Internet of Things (Iot)/ Internet untuk segala dan Big data/ Computasi awan.

Internet of Things (Iot)/ Internet untuk segala memiliki kemampuan dalam menyambungkan dan memudahkan proses komunikasi antara mesin, sensor dan manusia. Sebagai contoh, pada era sebelum revolusi Industri 4.0, transaksi bank hanya dapat dilakukan dengan Teller Bank dan ATM saja, misal pengambilan uang, transfer dan sebagainya hanya dapat dilakukan melalui Teller maupun ATM. Tetapi saat ini untuk transaksi perbankan sudah bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja asalkan terhubung dengan internet dengan menggunakan Smart phone kita.

Internet of Things (Iot) telah merubah pola hidup kita, yaitu dengan bertindak cepat dan praktis. Dengan mengunakan Smartphone sebagian aktifitas dan pekerjaan kita dapat terselesaikan.

Cebagai contoh,

Kita akan transfer uang ke saudara kita, maka cukup mengunakan smartphone dengan fasilitas e-banking, kita dapat mentransfernya tanpa harus keluar rumah.

Kita akan berbelanja, maka cukup menggunakan smartphone kita dapat memilih barang sesuai dengan keinginan kita, serta dapat membandingkan harganya dari toko yang satu dengan toko yang lain secara cepat, kemudian membelinya tanpa harus keluar rumah karena pembayarannya bisa melalui e-banking dan barang belanjaanya dianter ke rumah. (banyak market place/ olshop yang bisa kita manfaatkan seperti Tokopedia, bukalapak, shopee, dll)

Kita akan pergi ke Surabaya, untuk membeli tiket pesawat cukup melalui Smartphone, pembayaranya juga menggunakan smartphone, kemudian kita datang ke bandara dengan menunjukan e-tiketnya maka kita sudah bisa naik pesawat tanpa harus beli tiket keluar rumah.(banyak aplikasi pembelian tiket online, seperti Traveloka, tiket.com, airy.com, dll)

Kita akan menginap di Hotel yang ada dibandung misalnya, kita dapat memilih hotelnya, memilih kamarnya, dan melakukan booking kamar tersebut cukup dari rumah, kemudian beli tiketnya pesawatnya juga dari rumah. Setelah sampai di hotel, kita cukup menunjukan kode booking kepada petugas hotel.

Kita akan pergi dari rumah ke mall, kita cukup dengan pencet-pencet HP maka tukang ojek/taksi sudah dateng kerumah kita.

Dan banyak contoh-contoh lainya yang dapat dilakukan secara praktis dan cepat.

Lalu apa hubunganya dengan Siswa SMK?

SMK merupakan Sekolah pencetak tenaga kerja level menengah, sehingga mau tidak mau harus mengikuti tren diatas, mulai dari Pengetahuan, Kompetensi dan Kreatifitas. Pola belajar harus diubah, kreatifitas belajar anak SMK akan menentukan kualitas lulusanya kelak. Sebagai contoh, untuk mengikuti Bimbel (Bimbingan Belajar) bisa dilakukan dari rumah (misalnya ruang guru dot com). Dan masih banyak hal lainya yang dapat dilakukan dalam kegiatan belajar.

Dari sekian banyak pengaruh Revolusi Industri 4.0 terhadap aktifitas dan pola hidup manusia, pasti akan melahirkan dampak pisitif dan negatif bagi manusia itu sendiri terutama bagi remaja seusia SMA/SMK. Semua tergantung bagaimana cara kita mensikapinya.

Demikian amanat dan pencerahan kali ini, lain waktu bisa disambung kembali dengan bahasan yang lebih mendalam terkait dengan revolusi industri 4.0. Kurang dan lebihnya saya mohon maaf, saya akhiri Wassalamu’alaikum wr.wb

0 Response to "Hubungan Revolusi Industri 4.0 dengan Siswa SMK untuk Text Amanat Pembina Upacara hari Senin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel