Iklan-atas-was-info1

Tugas Pokok dan Fungsi Wali Kelas SD/SMP/SMA/SMK

Tugas Pokok dan Fungsi Wali Kelas - Sekolah merupakan Rumah ke dua bagi Guru dan Siswa, sebab guru disekolah memiliki Tugas Utama yaitu mendidik siswanya. Selain mengajar, guru merupakan orang tua ke dua bagi anak didiknya (siswa). Peran guru inilah yang tidak dapat tergantikan oleh Teknologi apapun, sehebat dan secanggih apapun teknologi belum bisa menggantikan peran guru. Teknologi hanya sebatas pengganti/ media transfer ilmu pengetahuan saja, tetapi keteladanan, bimbingan dan juga motivasi belum bisa digantikan dengan teknologi. Figur guru sangat berpengaruh terhadap pola pikir dan tumbuh kembang anak didiknya, dan akan berpengaruh sampai dia tua. Kadang guru disekolah juga masih mendapat tugas tambahan sebagai wali kelas, sehingga tugas pokok dan fungsi guru bertambah. Disambing mengajar dikelas, juga sebagai wakil/ perwakilan orang tua siswa ketika berada di sekolah.

Tugas Pokok dan Fungsi Wali Kelas - Wali kelas merupakan guru yang diberikan tugas tambahan khusus untuk mengelola satu kelas tertentu. Disamping mengajar, guru yang diberi tugas tambahan sebagai wali kelas juga bertanggung jawab membantu kegiatan bimbingan dan konseling terhadap siswanya dalam kelas tersebut.

Tugas Pokok dan Fungsi Wali Kelas SD/SMP/SMA/SMK

Wali kelas menjadi semang bagi perkembangan kemajuan didalam kelas. Wali kelas bertanggung jawab atas berhasil atau tidaknya komunitas kelas yang telah menjadi tanggung jawabnya. Hasil kerja wali kelas bisa dilihat dari bagaimana dia menjadi animator bagi kelas sebagai komunitas pembelajaran bersama. Peranan wali kelas yang paling menonjol adalah menjadi semacam kepala keluarga dalam kelas yang dikelolanya. Wali kelas memiliki tanggung jawab untuk menciptakan kondisi dan lingkungan belajar yang kondusif sehingga kelas menjadi komunitas belajar yang baik dalam proses pembelajaran.

Wali kelas bersama pihak sekolah bekerjasama untuk merencanakan program pendampingan bagi kelas yang dikelolanya. Tugas utama wali kelas adalah bersama siswa menciptakan suasana belajar yang baik sehingga berhasil menjalankan fungsi pembelajaran yang kriterianya adalah semua siswa dikelas tersebut memiliki kompetensi yang merata. Wali kelas secara periodik melakukan evaluasi terhadap kelasnya melalui pertemuan tidak formal dan dengan suasana yang santai dan rileks.

Secara rinci, selain mengajar tugas wali kelas disekolah adalah sebagai berikut:

  • Mengetahui Tugas pokok dan fungsinya
  • Mewakili Kepala sekolah dalam lingkungan belajar.
  • Membina kepribadian dan budi pekerti, membantu kecerdasan
  • Mengetahui nama anak didiknya
  • Mengetahui jumlah anak didiknya
  • Mengetahui identitas anak ddik, dengan cara memanggil dan memperhatikan satu persatu anak didiknya, dan menyesuaikan isi kartu pribadi dengan keadaan yang sebenarnya.
  • Membuat absen kelas
  • Mengetahu masalah anak didiknya (masalah pelajaran, ekonomi, sosial dan budayaaaaaaa)
  • Mengadakan penilaian dan kerajinan
  • Memperhatikan buku raprt ujian akhir dan kenaikan kelas
  • Mengambil tindakan – tindakan untuk mengatasi masalah
  • Memperhatikan kesehatan dan kesejahteraan siswanya 
  • Membina suasana yang kondusif dan kekeluargaan
  • Membuat laporan kepada Kepala Sekolah.

Tugas Pokok dan Fungsi Wali Kelas - Begitu beratnya amanah yang diberikan oleh orang tua siswa terhadap guru yang memiliki tugas tambahan sebagai wali kelas, sebab wali kelas harus mengetahui permasalahan-permasalahan anak didiknya dan membantu mencari jalan keluarnya (solusi)

Melihat tugas pokok guru yang diberi tugas tambahan wali kelas di atas, salah satunya adalah wali kelas harus mengetahui permasalahan-permasalahan anak didiknya, seperti masalah dalam belajar, masalah ekonomi, dan masalah sosial lainya.


1. Peran Wali Kelas disekolah

Wali kelas merupakan orang tua kedua di sekolah, sebab seorang wali kelas dapat berperan sebagai motivator, fasilitator dan mengetahui seluk beluk permasalahan siswa, baik permasalahan secara pribadi, social maupun masalah akademis

2. Peran wali kelas sebagai motivator

Wali kelas harus mampu memberi motivasi dan mendorong siswanya agar lebih semangat dalam belajar, wali kelas juga harus memberikan wawasan yang lebih luas, memberikan bekal untuk masa depan siswanya.

a. Peran wali kelas sebagai fasilitator.

Seorang wali kelas harus bisa menjalin hubungan kemitraan dengan siswa, hubungan kemitraan antara guru denagn siswa, guru bertindak sebagai pendamping belajar para siswanya dengan suasana belajar yang demokratis dan menyenangkan agar siswa dapat belajar dengan baik.

b. Teladan dan Pribadi yang baik.

Wali kelas harus mengetahui karakter dan sifat anak sehingga guru bisa memberikan pelayanan sesuai dengan sifat anak.

c. Sosial

Wali kelas harus mengetahui hubungan sosial anak dengan teman sebaya, dengan guru, dan orang tua agar wali kelas dapat menyesuaikan dengan kondisi yang sebenarnya.

d. Akademis

Wali kelas harus mengetahui kemampuan, prestasi siswa sehingga wali kelas bisa memberikan motivasi sesuai dengan masalah akademis dalam kemampuan siswa.

0 Response to "Tugas Pokok dan Fungsi Wali Kelas SD/SMP/SMA/SMK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel