Iklan-header

Tips merencanakan liburan keluarga agar menyenangkan

Tips merencanakan liburan agar libur anda menyenangkan
Musim libur telah tiba, saatnya anda mengatur jadwal untuk merencanakan liburan bersama keluarga anda. Musim libur adalah masa yang sangat ditunggu-tunggu, terutama oleh anak anak dan sebagian dari orang dewasa dan juga orang tua. Senang-senang sambil quality time bisa mendekatkan/ mempererat hubungan keluarga agar semakin harmonis. Tidak  perlu menunggu libur panjang, anda bisa meluangkan waktu untuk berjalan-jalan ditempat wisata dan bahkan mungkin mudik ke kampung halaman. Kadang kala, perbedaan umur dan keinginan tujuan sering membuat salah satu pihak merasa tertekan dan harus mengikuti keinginan anggota keluarga lainya. Baca : Wisata Pasar Kebon Empring Piyungan Yogyakarta

Bagi anda yang ingin mengeksplorasi tempat tempat wisata sebanyak mungkin bisa saja hanya membuat orang tuamu merasa kelelahan. Sebelum pergi liburan seharusnya ada rencana yang sudah anda persiapkan agar semua berjalan dengan lancar sesuai keinginan semua anggota keluarga dan bukan hanya keinginan dari salah satu anggota keluarga saja.

Sebelum pergi berlibur,  sebaiknya anda memberi kesempatan kepada anggota keluarga untuk mengeluarkan pendapat kepada orang tua, anak-anak dan anggota keluarga lainya dengan cara mendiskusikan segala hal yang akan dilakukan selama berlibur. Anda dapat meminta mereka untuk membebaskan dalam hal membawa mainan, buku bacaan dan lainya untuk dibawa berlibur. Selain itu, Anda juga harus mendiskusikan destinasi wisata yang ingin dikunjungi bersama keluarga.

Liburan keluarga adalah sesuatu hal yang penting dan sebaiknya diagendakan secara rutin. Liburan keluarga juga bisa menjadi cara untuk refreshing, traveling  dan yang paling penting adalah dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga. Dengan berlibur, anda dan keluarga bisa mendapatkan pengalaman berkesan yang bisa jadi anda dan keluarga ingat seumur hidup.
Sebelum berlibur, tentunya anda dan keluarga harus membuat perencanaan yang matang seperti: waktu, tujuan wisata, tempat menginap, dana yang harus dikeluarkan, dan lain sebagainya.

Berikut ini tips yang bisa anda terapkan untuk membuat liburan keluarga jadi menyenangkan.

  1. Menentukan tujuan wisata yang sesuai. Pergi bersama anak-anak dan keluarga tentunya memerlukan penyesuaian tersendiri. Anda dapat menentukan destinasi liburan di dalam negeri maupun di luar negeri dengan tempat-tempat yang berkesan, misalnya pulau Bali, Yogyakarta, Bandung dan kota-kota lain di indonesia yang tak  kalah menariknya. Selain didalam negeri anda juga dapat menentukan destinasi ke luar negeri. Jika ingin berlibur ke luar negeri untuk pertama kali, anda dapat memulai dengan destinasi yang tidak terlalu jauh seperti Singapura, Malaysia, atau Hong Kong. Ketiga negara tetangga tersebut cukup aman dan yang pasti punya banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi anda, anak-anak dan seluruh anggota keluarga. 
  2. Cari kegiatan yang menyenangkan. Kegiatan yang menyenangkan artinya bisa membuat semua anggota keluarga senang, bukan hanya orang tua (ayah dan ibu) tetapi juga menyenagkan untuk anggota keluarga yang lainya. Jika anda dan keluarga menyukai aktivitas esktrem, bukan berarti anda mengajak bayi anda dan balita bisa langsung diajak arung jeram atau mendaki gunung. Pilihlah kegiatan yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga, mulai dari anak-anak sampai orang tua, seperti berkunjung ke taman bermain, kebun binatang, atau bermain pasir di pantai. 
  3. Bawa semua perlengkapan yang dibutuhkan. Bagi anak-anak kenyamanan merupakan hal paling diutamakan. Jangan sampai lupa untuk membawa berbagai perlengkapan khusus mereka, mulai dari susu formula, popok hingga obat-obatan.  Anda juga bisa menyiapkan benda-benda kesukaan anak anda yang mengingatkan si kecil pada rumah, misalnya mainan kesukaanya, bantal atau selimut favorit mereka. Dengan begitu, si kecil tidak merasa bosan karena tetap merasa ‘di rumah’ meskipun sedang liburan keluarga di tempat yang asing. 
  4. Berkemas dengan cerdas. Barang bawaan saat liburan sendirian dan saat liburan bersama anggota keluarga sudah pasti berbeda. Walaupun harus membawa lebih banyak barang, usahakan tetap cerdas dalam mengemas barang bawaan keluarga anda. Anda dan keluarga tidak perlu membawa baju terlalu banyak karena kamu bisa mencucinya di tempat tujuan. Biarkan si kecil memilih beberapa pakaian favorit mereka agar mereka tidak protes selama liburan karena harus memakai baju yang tidak mereka sukai. Tempatkan barang-barang yang paling dibutuhkan di bagian paling  atas agar mudah menjangkau tanpa harus membongkar seluruh isi tas bawaan anda.
  5. Pilih hotel yang cocok untuk keluarga. Untuk masalah penginapan, hotel merupakan tempat yang paling cocok untuk menginap. Pilihlah hotel yang cocok untuk keluarga, hotel yang cocok adalah hotel yang dilengkapi fasilitas ramah anak. Pastikan hotel yang anda pilih dilengkapi taman dan juga kolam renang khusus anak, kamar keluarga, dan juga hotel yang menyajikan pilihan menu makanan untuk anak.   Selain punya fasilitas lengkap, pilihlah hotel yang tidak menguras kantong anda. 

Untuk menghemat, anda bisa jauh-jauh hari memesan hotel untuk liburan keluarga, biasnya kalau memesan jauh-jauh hari anda bisa mendapatkan promo. Banyak hotel yang memberikan promo untuk pemesanan kamar melalui aplikasi mobile yang dapat anda akses dengan smartphone anda. Seperti traveloka.com, tiket.com, tokopedia.com dan masih banyak lainya. Gunakan aplikasi-aplikasi tersebut untuk memesan kamar hotel sehinga anda tidak perlu keluar rumah untuk memesankamar Hotel.

Demikian trik merencanakan liburan keluarga yang menyenangkan, selamat menikmati liburan bersama keluarga anda.

0 Response to "Tips merencanakan liburan keluarga agar menyenangkan"

Post a Comment

Recent Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel