Iklan-atas-was-info1

Cara Melihat Nilai Ujian Nasional (UN) secara online

Ujian Nasional (UN) merupakan rangkaian ujian yang dilaksanakan serentak secara nasional diseluruh Indonesia mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD) sampai Jenjang Pendidikan Menengah (SMA/SMK/MA). Pelaksanaan Ujian Nasional ini dilakukan menggunakan 2 model yaitu Ujian Nasional Berbasis Paper (kertas) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Output (hasil) dari Ujian Nasional ini adalah nilai murni. Nilai murni ini digunakan sebagai salah satu tolok ukur keberhasilan pendidikan di tanah air. Pemerintah, dalan hal ini adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan telah memiliki database nilai Ujian Nasional yang bisa diakses secara online oleh siapa saja. Kita bisa melihat Nilai Ujian Nasional (UN) secara online kapan saja dan dari mana saja, syaratnya adalah terhubung dengan internet

Masyarakat bisa mengakses database untuk melihat Nilai Ujian Nasional (UN) secara online semua sekolah dari berbagai jenjang, baik sekolah negeri maupun swasta di indonesia melalui alamat website punya puspendik secara online. Masyarakat bisa melihat rata-rata Nilai Ujian Nasional disetiap sekolah negeri maupun swasta.Hal ini merupakan keuntungan tersendiri bagi orang  tua (calon wali murid) untuk memilih menyekolahkan anaknya pada sekolah yang  yang dianggap “berhasil” dalam Kegiatan Belajar Mengajar pada sekolah tersebut karena bisa melihat nilai Ujian Nasional (UN) secara online pada sekolah yang di tuju. Walaupun Nilai Ujian Nasioanal bukan satu-satunya tolok ukur keberhasilan sekolah dalam melaksanakan KBM tetapi Ujian Nasional sudah menjadi lebih baik dibanding tahun-tahun terdahulu, apalagi masyarakat bisa melihat nilai Ujian Nasional (UN) secara online. Baca: Kelebihan dan Kekurangan Ujian Berbasis Komputer (UBK)

Ujian Nasional sekarang sudah menggunakan CBT (Computer Based Test) yang hasilnya murni tanpa rekayasa. Kita bisa mengakses database untuk melihat nilai Ujian Nasional (UN) secara online dan membandingkan Nilai Ujian Nasional tersebut antara sekolah yang satu dengan sekolah yang lainya. Dengan adanya database tersebut kita bisa melihat Nilai Ujian Nasional (UN) secara online untuk menilai dan membandingkan sekolah-sekolah yang ada kabupaten kita dengan kabupaten lainya secara nasional.

Bagaimana cara melihat Nilai Ujian Nasional (UN) tersebut secara online?

Untuk dapat melihat Nilai Ujian Nasional (UN) secara online kita bisa mengakses laman web Puspendik seperti gambar berikut

Cara Melihat Nilai Ujian Nasional (UN) secara online

Pilih Jenjang sekolah yang di inginkan (SMP/MTS)(SMA/MA)(SMK) kemudian pilih capaian sehingga tampil seperti gambar dibawah ini.

Cara Melihat Nilai Ujian Nasional (UN) secara online


  1. Pilih Unit Analisis (Propinsi, Kota/Kabupaten, Sekolah)
  2. Pilih Propinsi 
  3. Pilih Kota/Kabupaten
  4. Pilih status Satuan Pendidikan (Negeri, Swasta, Negeri dan Swasta)

Maka akan tampil Hasil Nilai Ujian Nasional persekolah dalam kabupaten di propinsi yang dipilih tadi. Dengan melihat nilai Ujian Nasional (UN) secara online, kita bisa membandingkan Nilai Ujian Nasional tersebut antara sekolah yang satu dengan sekolah yang lain

Nilai Ujian Nasional saat ini tidak digunakan untuk menentukan Kelulusan Siswa tetapi hanya sebagai Pemetaan Pemerintah terkait dengan penyebaran Pendidikan diseluruh pelosok Tanah Air. Kalau dulu Ujian Nasional merupan penentu LULUS/TIDAK siswa beda halnya dengan sekarang yang KELULUSAN siswanya tidak hanya berdasarkan Nilai UN semata tetapi dari beberapa ujian antara lain: Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Praktik Sekolah (SMK) dan nilai Raport pada semester-semester sebelumnya.

Sekarang UN tidak menjadi suatu kegiatan yang “menyeramkan” lagi yang mana sekolah selama 3 tahun hanya ditentukan oleh 4 hari saja yaitu melalui Ujian Nasional (UN). Ujian Nasional saat ini sudah menggunakan sistem komputerisasi yang dikenal dengan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) yang bisa meminimalisir kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, karena dengan UNBK nilai yang didapat bisa 100% murni tanpa kecurangan.


Dengan diadakanya Ujian Nasional Berbasis Komputer akan didapat nilai yang murni, bahkan nilainya juga dapat diakses sehingga kita bisa melihat nilai Ujian Nasional (UN) secara online dengan cara seperti diatas. Nilai diatas adalah Nilai Ujian Nasional (UN) pada tahun lalu, sedangkan untuk tahun ini belum bisa di akses sampai pengumuman kelulusan di umumkan nanti. Setelah kelulusan diumumkan maka database nilai UN tersebut dapat diakses secara umum dan kita bisa melihat nilai Ujian Nasional (UN) secara online seperti cara diatas.

Pengumuman UN adalah waktu yang sangat ditunggu-tunggu oleh siswa diseluruh pelosok tanah air. Pada momen tersebut, mereka akan mengetahui hasil yang diperoleh dalam mengikuti ujian nasional baik yang berbasis komputer (UNBK) maupun yang berbasis Kertas, LULUS atau TIDAK LULUS.

Walaupun UN tidak lagi menjadi satu-satunya faktor penentu kelulusan siswa, namun tetap saja momen ini sangatlah spesial. Maka dari itu, para siswa harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Supaya hasil UN Tahun ini bisa dinyatakan LULUS dengan nilai yang baik

0 Response to "Cara Melihat Nilai Ujian Nasional (UN) secara online "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel