Artikel Sekolah

Prospek SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

2 Comments
Home
Artikel
Sekolah
Prospek SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
Prospek SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) - Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), penjurusan akan langsung dilakukan sejak pertama mendaftar sehingga kamu langsung bisa memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat yang kamu miliki. 

Bagi kamu yang masih bingung mau pilih jurusan apa di SMK, karena tidak tahu mau kemana dan mau jadi apa setelah lulus SMK, berikut ini Prospek SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yang perlu kamu ketahui.

Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) mempelajari mata pelajaran seperti Komputer dan Jaringan dasar,  Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN), Administrasi Infrastruktur Jaringan, Administrasi Sistem Jaringan, dan masih banyak mata pelajaran lainya. 

Untuk daftar mata pelajaran SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) silahkan baca pada halaman lain di blog ini.

Prospek SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) ini cukup menjanjikan untuk masa depan kamu. Setelah lulus dari SMK kamu bisa langsung bekerja maupun melanjutkan ke Perguruan Tinggi (Kuliah)

Jurusan di SMK yang cukup menjanjikan masa depan kamu salah satunya adalah jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. 

Prospek SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) untuk bekerja maupun berwira swasta cukup menjanjikan bagi kamu yang hobi komputer. 

Di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan ini kamu akan mempelajari perangkat keras (hardware) komputer maupun laptop sebagai dasar/ media dalam pembangunan dan pengembangan jaringan komputer.

Prospek SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan

Di SMK jurusan ini kamu tidak hanya belajar teori perangkat keras komputer, tetapi kamu juga bakalan mempelajari bagaimana cara mendiagnosa dan memperbaiki kerusakan komputer maupun laptop. 

Kamu akan belajar secara praktik mulai dari perbaikan komputer/ laptop, pembuatan jaringan LAN, WAN maupun Internet dengan media dan perangkat terbaru. 

Selain itu, kamu juga bakalan di ajarkan bagaimana mengkonfigurasi perangkat jaringan seperti Mikrotik, Cisco, dll yang merupakan perangkat jaringan paling banyak digunakan oleh perusahaan saat ini. 

Kamu juga akan belajar mengkonfigurasi Server sehingga ketika kamu lulus siap menjadi Administrator Jaringan Muda yang dapat mengelola sistem jaringan skala kecil maupun menengah.

Dengan daftar mata pelajaran smk jurusan tkj yang sudah sesuai dengan kebutuhan industri maka lulusanya akan memiliki keterampilan sebagai bekal bekerja maupun berwira usaha dimasa mendatang. 

Prospek SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) tidak perlu dipertanyakan lagi, sebab hampir semua perusahaan kecil maupun besar menggunakan komputer sebagai pengolah datanya. 

Inilah yang menjadi alasan kenapa Prospek SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) cukup menjanjikan masa depan kamu.

Prospek SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Peluang kerja dari jurusan ini antara lain: Operator komputer, Teknisi Komputer/ Laptop, Teknisi Jaringan, Sistem Administrator baik di instansi Pemerintah maupun di Perusahaan kecil dan juga perusahaan besar. 

Selain bekerja di perusahaan, lulusan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan juga bisa berwirausaha dengan membuka service dan penjualan komputer/ laptop, Jasa pemasangan jaringan komputer dan internet, provider internet, dll. 

Jurusan Teknik komputer ini juga memiliki peluang yang besar untuk melanjutkan ke perguruan tinggi baik di jurusan komputer maupun jurusan lainya

Di era informasi seperti sekarang  ini, para lulusan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan banyak dicari. karena hampir semua kantor membutuhkan seorang operator, teknisi komputer maupun teknisi jaringan. 

Jadi kamu yang memiliki hobi utak atik komputer maka tidak usah ragu untuk masuk pada jurusan ini, karena Prospek SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) ini cukup menjanjikan masa depan kamu.

2 comments

  1. wasito
    wasito
    February 18, 2022
    Betul.... :)
    Mungkin ada 50 persen lebih SMK di setiap Kabupaten/Kota memiliki Kompetensi Keahlian ini sehingga lulusanya over load
  2. MATEMATIKA CEPAT
    MATEMATIKA CEPAT
    February 16, 2022
    Luar biasa mantap untuk Komptensi Keahliah TKJ memang banyak peluang untuk bekerja maupun melanjutkan keperguruan tinggi, xaking banyaknya peluang akibatnya Kompetensi Keahlian ini menjamur dibuka di hampir semua SMK akibat over load...kebanyakan stok Lulusan ini ujung-ujung nya yang tadinya peluangnya luas akhirnya makin menyempit