Iklan-header

Tips liburan dirumah agar tetap menyenangkan

Libur, merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh siapapun. Siapa yang tak suka liburan?,  rasanya hampir semua orang  suka akan liburan. Liburan merupakan saat yang sangat dinantikan oleh pegawai/karyawan dan mahasiswa/pelajar. Waktu libur biasanya dimanfaatkan oleh kebanyakan orang untuk jalan-jalan dan berwisata, bahkan tak sedikit dari mereka memanfaatkan libur untuk mudik ke kampung halaman dan mengunjungi keluarga dikampung. Liburan biasanya telah direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya, dengan membuat perencanaan liburan anda dapat mengatur waktu dan juga mempersiapkan biaya/ dana. Dengan berlibur, kita bisa santai sejenak dari rutinitas yang membosankan dan melelahkan sehingga kita mendapatkan semangat baru untuk melakukan rutinitas setelah liburan.
          Baca : Tips merencanakan liburan keluarga agar menyenangkan
Sebagian orang yang memiliki uang lebih akan memilih pergi berlibur ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. Mereka biasanya tak peduli seberapa banyak harus menghabiskan uang, yang penting mereka dapat menikmati liburan yang menyenangkan.

Lalu bagaimana jika kondisi keuangan pas-pasan? Jangankan untuk pergi berlibur keluar kota atau ke luar negeri, untuk liburan ke tempat wisata yang dekat rumah saja rasanya perlu banyak pertimbangan.

Bagi anda yang tak bisa pergi keluar kota apalagi ke luar negeri tidak usah berkecil hati. Liburan di rumah bersama keluarga pun bisa menjadi moment yang menyenangkan dengan melakukan berbagai aktivitas yang seru dan tentunya berguna. Berikut merupakan hal-hal yang bisa dilakukan dirumah agar waktu libur anda tetap seru dan menyenangkan. Anda dapat melakukan kegiatan berikut ini bersama anggota keluarga untuk mengisi liburan anda.

1. Bersilaturahmi dengan tetangga
tips liburan dirumah yang menyenangkan
Kadang, dengan kesibukan dan rutinitas kita sehari-hari sampai lupa untuk bersilaturahmi dengan tetangga kita. Nah.., dalam kesempatan liburan inilah anda dapat meluangkan waktu untuk bersilaturahmi dengan tetangga kita. Coba kita ingat-ingak kembali, kapan terakhir kita bersilaturahmi dengan tetangga? Mungkin ada yang sampai berbulan-bulan tidak pernah mengunjungi tetangga. Dengan mengunjungi tetangga akan terjalin tali silaturahmi yang baik sehingga kerukunan bertetangga semakin harmonis.

Anda juga bisa mengunjungi teman anda yang sudah lama tak ketemu. Bisa juga mengunjungi saudara yang tinggalnya tidak satu kampung dan jarang bisa ditemui kecuali kalau lagi liburan. Dengan begini, liburan anda dan keluarga jadi asyik dan yang tak kalah penting adalah tali silaturahmi tetap terjaga. Anda bisa berbagi pengalaman dan cerita hingga bisa juga melakukan hobi bersama.

2. Membersihkan Rumah dan pekarangan
tips liburan dirumah yang menyenangkan
Ajaklah anak-anak dan seluruh anggota keluarga anda untuk bersama-sama membersihkan rumah dan pekarangan. Buatlah kegiatan liburan menjadi bermanfaat tanpa mengurangi kebahagiaan anda dan keluarga, anda bisa mengajak anak-anak anda dan seluruh anggota keluarga untuk membersihkan pekarangan, halaman rumah, mengepel bersama dan kegiatan lain yang bermanfaat. Buatlah kegiatan tersebut seolah-olah sedang bermain sehingga anak-anak dan anggota keluarga tidak merasa terbebani.

3. Mendekor ulang kamar anak
tips liburan dirumah yang menyenangkan
Ajaklah anak-anak anda untuk merubah tampilan kamarnya supaya lebih menarik. Dengan mengganti warna cat tembok, menggeser posisi barang untuk mendapatkan suasana baru, mengganti gorden kamar sesuai keinginan anak, hiasan dinding, dan sebagainya. Mintalah anak anda untuk melakukannya sendiri agar dia bisa berkreasi sesuai dengan imajinasi si anak. Jika dia ingin cat dinding kamar berwarna-warni, anda dapat mengarahkan dan memberi masukan agar tetap enak dilihat dan nyaman untuk tidur. Dengan demikian anak anda akan senang dan kegiatanyapun bermanfaat.

4. Berkebun
tips liburan dirumah yang menyenangkan
Anda dapat mengajak anak dan anggota keluarga untuk berkebun. Berkebun merupakan kegiatan yang sangat seru yang bisa anda lakukan bersama keluarga. Ajaklah anak dan anggota keluarga untuk lebih mencintai lingkungan dengan cara menanam pohon di halaman rumah. Jika rumah anda tidak memiliki halaman, anda cukup menanam di dalam pot saja. Ajaklah mereka untuk memperhatikan tanaman tumbuh tiap hari. Ajarkan mereka cara merawat tanaman dengan memberi pupuk,  menyiramnya setiap hari dan membersihkan rumput-rumput liar yang mengganggu.

Selain menanam pohon dihalaman rumah, jika anda masih memiliki lahan dibelakang rumah anda bisa mengajak anak dan anggota keluarga untuk menanan sayuran, buah-buahan dan tanaman-tanaman lain seperti tanaman obat-obatan atau “apotik hidup”.  Walaupun kegiatan ini mungkin akan berkotor-kotor tetapi  tetap seru, dan yang tak kalah pentingya adalah “Bermanfaat”.

5. Memancing
tips liburan dirumah yang menyenangkan
Kegiatan ini merupakan hobi dari kebanyakan orang. Anda bisa mengajak anak-anak anda dan keluarga untuk pergi mancing. Banyak kolam-kolam pemancingan yang menyediakan tempat untuk mancing. Dengan mengajak anak anda mancing, secara tidak langsung anda telah melatih kesabaran anak anda. Memancing dibutuhkan tingkat kesabaran yang cukup tinggi, buatlah mereka tidak merasa bosan dan tetap menyenangkan.

6. Memasak bersama anak
tips liburan dirumah yang menyenangkan
Memasak adalah sesuatu kegiatan yang cukup menyenangkan. Ajaklah anak anda untuk berkreasi dengan bahan makanan untuk menciptakan sesuatu rasa atau makanan baru sesuai dengan resep yang mereka buat sendiri. Walaupun anda tergolong orang yang tak pandai memasak, tidak ada salahnya kalau anda dan anak anda membuat resep masakan sendiri sesuai dengan selera. Banyak resep-resep masakan di internet yang bisa anda jadikan referensi untuk membuat resep baru sesuai kreatifitas anda dan anak anda.

7. Bermain game
tips liburan dirumah yang menyenangkan
Bermain game tidak selalu identik dengan hal yang negatif, banyak game-game online yang besifat edukasi. Pilihlah game yang bisa meng-edukasi anak. Selama disikapi dengan bijaksana, games ini bisa melatih keterampilan anak dalam segala hal. Anda sebagai orang harus bijak untuk mengatur waktu anak supaya tidak kecanduan. Jangan lupa mendampingi anak saat bermain game online dan batasi waktunya.

8. Bersepeda keliling komplek/ kampung
tips liburan dirumah yang menyenangkan
Bersepeda adalah kegiatan menyenangkan dan pastinya seru. Dengan bersepeda, tubuh anda menjadi sehat, bersepeda juga bisa mengusir kejenuhan dari rutinitas sehari-hari dengan melihat-lihat pemandangan sekitar perumahan/ perkampungan. Selama liburan, ajak anak untuk bersepeda setiap pagi atau sore hari. Upayakan masing-masing bersepeda sendiri-sendiri , mintalah anak anda bersepeda di depan sebagai penunjuk jalan. Selain sebagai penunjuk jalan, anda juga bisa mengawasi anak anda jika kelelahan anda bisa mengajak untuk istirahat sejenak, kemudian melanjutkan bersepeda lagi. Sehat dan menyenangkan bukan?

9. Menulis cerita atau dongeng
tips liburan dirumah yang menyenangkan
Bagi sebagian anak menulis merupakan hal yang kurang disukai, karena sebagian anak merasa kesulitan untuk mengungkapkan suatu ide dalam bentuk tulisan. Mereka sulit mengungkapkan saat merasa sedih atau marah. Kebiasaan menulis akan bermanfaat bagi penambahan kosa kata, merangsang kreativitas dan daya imajinasinya. Saat liburan di rumah, beri kesempatan pada anak anda untuk lebih banyak menumpahkan imajinasinya ke dalam tulisan. Setelah selesai menulis, mintalah dia untuk membacakannya. Agar anak merasa senang, berikan pendapat yang positif untuk menambah semangatnya.

Di era yang serba digital seperti sekarang ini sepertinya semakin jarang orang tua yang mau mendongeng untuk anaknya. Suruhlah anak anda untuk melihat/ membaca dongeng di internet, atau mungkin dengan imajinasi sendiri, dengan tokoh yang dibuat sendiri, kemudian menuliskan dongeng tersebut pada sebuah buku.

10. Menggambar dan mewarnai
tips liburan dirumah yang menyenangkan
Anak-anak biasanya sangat suka dengan gambar, menggambar dan mewarnai merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Waktu liburan mereka memiliki banyak waktu untuk menggambar dan mewarnai. Berikan mereka alat menggambar dan mewarnai yang mereka sukai. , misalnya cat air, pensil warna atau crayon. Ajaklah anak anda keluar rumah, biarkan anak-anak berkreasi menggambar apapun sesuai dengan imajinasinya.

Demikian hal yang dapat anda lakukan bersama keluarga untuk mengisi liburan, walaupun hanya diburan dirumah saja tetapi cukup menyenangkan.

0 Response to "Tips liburan dirumah agar tetap menyenangkan"

Post a Comment

Recent Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel