Iklan-header

Cara mengetahui status dan identitas guru melalui info gtk

Guru merupakan Pegawai yang paling mudah untuk ditelusuri identitasnya, semenjak pendataan guru dan siswa serba online maka siapapun dapat melihat identitas guru secara detail dengan mudah. Hal ini bisa dimanfaatkan apabila kita mempunyai saudara, teman maupun orang lain yang ingin kita lihat status kepegawaian dan juga identitas dari guru tersebut. Misalkan kita ingin mengetahui teman SMP kita dulu yang “katanya” sekarang menjadi guru di suatu tempat yang jauh dengan kita maka kita dapat menelusuri identitas dan status teman kita tersebut.

Dengan adanya info gtk yang dapat diakses oleh siapapun di internet maka, kita dapat dengan mudah untuk mengetahui status dan identitas guru melalui info gtk tersebut. Dengan bermodalkan situs info gtk dan padamu negeri kita dapat mengetahui status dan identitas guru serta dimana tempat tugasnya.
Sebagai contoh, kita ingin mengetahui identitas guru  X  di daerah Y maka dengan bermodalkan website padamu negeri di https://padamu.siap.web.id dan http://info.gtk.kemdikbud.go.id kita dengan mudah dapat mengetahui identitas dan status guru tersebut.

Info gtk merupakan portal Guru dan Tenaga Kependidikan yang datanya sangat lengkap, data inipun dapat diakses dengan mudah oleh siapapun di portal http://info.gtk.kemdikbud.go.id. Dengan mengakses alamat portal web info gtk tersebut kita dapat mengetahui identitas dan status guru yang kita inginkan seperti Status Kepegawaian, Tunjangan Guru dan informasi lainya.

Walaupun ketika kita mengakses http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ harus memasukan Username dan Password, tetapi Username dan Password tersebut sangat mudah untuk didapatkan. Berikut ini merupakan keterangan dan cara mendapatkan username dan password tersebut.
Username : Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)
Password : yyyymmdd (Tahun, Bulan dan Tanggal Lahir Guru)   
Untuk Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) bisa kita dapatkan di website padamu negeri, dengan mengetikan alamat https://padamu.siap.web.id pada browser maka akan terbuka halaman web dari padamu negeri tersebut seperti dibawah ini

Cara mengetahui status dan identitas guru melalui info gtk
Klik saja “Lihat Status NUPTK” maka akan tampil halaman seperti di bawah ini

Cara mengetahui status dan identitas guru melalui info gtk
Isi nama guru yang ingin kita cari dan isikan juga kabupaten dimana guru tersebut bertugas, kemudian klik cari sehingga muncul banyak nama yang ada di kabupaten tersebut dengan berbagai sekolah tempat tugasnya seperti contoh di bawah ini:

Cara mengetahui status dan identitas guru melalui info gtk
Gambar diatas menunjukan bahwa nama “seseorang” yang ingin kita ketahui status dan identitas guru melalui info gtk sudah terlihat NUPTKnya sebagai User di info gtk. Sedangkan untuk melihat/ mengetahui Tahun, Bulan dan Tanggal lahirnya (yyyymmdd) sebagai passwornya klik saja detail dari nama tersebut. Ketika kita klik detil maka banyak data/ informasi yang bisa kita dapatkan, seperti dibawah ini:

Cara mengetahui status dan identitas guru melalui info gtk
Walaupun data diatas tidak ada/menunjukan Tempat dan Tanggal Lahir, tetapi kita bisa mengetahui tempat dan tanggal lahir tersebut dari Nomor Induk Kependudukan (NIK). Dengan menggunakan NIK kita dapat mengetahui Tahun, Bulan dan tanggal lahir seseorang yang akan kita gunakan sebagai Password untuk login di web info gtk. Untuk mengetahui Tahun, bulan dan tanggal lahir yang terdapat pada NIK kita dapat melihatnya di sini.

Kemudian setelah kita dapatkan NUPTK dan Tahun, Bulan dan Tanggal lahir dari guru yang ingin kita lihat status dan identitasnya, langkah berikutnya kita dapat membuka http://info.gtk.kemdikbud.go.id sehingga tampil seperti gambar dibawah ini:
Cara mengetahui status dan identitas guru melalui info gtk

Keterangan:

  1. masukan NUPTK/ NRG (untuk impasing)/ NIK 
  2. masukan Tahun/Bulan/Tanggal lahir (misal : 19801212 berarti anda lahir tahun 1980 bulan desember tanggal 12)
  3. semester pada saat ini
  4. masukan angka yang tertera sebagai kode capca
kemudian jika semua isian sudah benar, anda bisa menekan tombol enter atau klik Login
jika isian benar dan koneksi internet anda baik maka akan tampil data PTK seperti dibawah ini:
Cara mengetahui status dan identitas guru melalui info gtk

Dari keterangan diatas dapat diketahui secara detil data GTK tersebut, mulai dari Tempat Tanggal Lahir, Status Kepegawaian, Gaji dan lain sebagainya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat :)

0 Response to "Cara mengetahui status dan identitas guru melalui info gtk"

Post a Comment

Recent Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel