Iklan-header

Arti dibalik kode angka NIK pada KTP dan KK


Arti dibalik kode angka NIK pada KTP dan KK
Setiap warga negara indonesia yang sudah tercatat sebagai penduduk Indonesia dapat dipastikan memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK). Nomor Induk Kependudukan (NIK) ini bersifat tetap dan berlaku seumur hidup sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

NIK tersebut merupakan deretan angka yang terdiri dari 16 digit, angka-angka ini dapat kita lihat pada Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan juga dokumen-dokumen lain yang berkaitan dengan kependudukan.

Ternyata deretan 16 digit NIK tersebut memiliki kode yang bisa kita ketahui kapan dan dimana pertama kali NIK tersebut diterbitkan. Lalu, apakah arti 16 digit angka-angka pada NIK tersebut? Berikut ini merupakan penjelasan dari 16 digit NIK, sehingga kita dapat membaca dan memahaminya.

Misalnya dari 16 digit deretan angka-angka tersebut kita tuliskan menjadi PPKKCC-DDMMYY-NNNN, maka:

6 digit pertama (PPKKCC) merupakan kode kecamatan tempat di mana NIK pertama kali didaftarkan.
PP :  merupakan kode provinsi,
KK :  merupakan kode kabupaten/kota dalam provinsi tersebut,
CC :  merupakan kode kecamatan dalam kabupaten/kota tersebut.

Kode-kode tersebut merupakan kode yang ditetapkan oleh Kementerian Dalam Negeri. (Untuk melihat kode kabupaten/kota dan kecamatanya yang ada di seluruh provinsi Lampung, silakan klik di sini)

6 digit kedua (DDMMYY) merupakan tanggal, bulan dan tahun lahir pemilik NIK dalam format dua digit hari (tanggal), dua digit bulan, dan dua digit tahun. Pada kode angka NIK tidak ada kode jenis kelamin laki-laki dan perempuan, untuk membedakan penduduk berjenis kelamin laki-laki dan penduduk perempuan maka untuk penduduk perempuan ditambahkan angka 40 pada tanggal lahir.

4 digit ketiga (NNNN) merupakan nomor urut atau nomor unik yang diberikan kepada setiap pemilik NIK. Nomor urut atau nomor unik inilah yang nantinya digunakan untuk membedakan NIK jika terdapat penduduk  yang memiliki tanggal lahir dan jenis kelamin yang sama pada satu kecamatan, dengan demikian maka tidak ada penduduk yang memiliki NIK sama.

Contoh:
Jika seorang penduduk yang lahir pada tanggal 18 Agustus 1945 dan terdaftar pertama kali di Kecamatan Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung akan memiliki NIK 1807081808450001 (jika laki-laki) dan 1807085808450001 (jika perempuan) di mana:
18 adalah kode Provinsi Lampung
07 adalah kode Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung
08 adalah kode kecamatan Purbolinggo, kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung

18 merupakan tanggal lahir, 08 merupakan bulan lahir, dan 45 merupakan tahun lahir yang diambil/ ditulis  dalam format dua digit untuk  laki-laki. Sedangkan untuk  perempuan, pada tanggal lahir ditambahkan 40 sehingga menjadi 580845.

0001 merupakan nomor urut atau nomor unik saat pendaftaran pertama kali.

Dengan demikian kita dapat  membaca deretan angka pada NIK, kita bisa tahu lokasi provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan di mana penduduk tersebut pertama kali didaftarkan, dan juga tanggal lahir, dan jenis kelaminya.

Setelah kita bisa membaca dan memahami arti dari deretan angka yang ada pada NIK tersebut, kita dapat memanfaatkan untuk kepentingan yang lain yang ada hubunganya dengan NIK

Semoga bermanfaat....

0 Response to "Arti dibalik kode angka NIK pada KTP dan KK"

Post a Comment

Recent Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel