Iklan-atas-was-info1

Panduan mengikuti Ujian Online untuk siswa

Panduan Kelas dan Ujian Online untuk siswa

Aplikasi ini dirancang untuk Pembelajaran Online (e-learning) dan Ujian Online (online test). Dengan aplikasi ini siswa dapat belajar kapanpun dan dimanapun selama siswa dapat terhubung dengan koneksi internet, baik menggunakan komputer/ laptop/Tablet maupun Telpon Pintar (Smart Phone) dengan dukungan berbagai sistem operasi seperti Linux, Windows maupun Android.

Dalam aplikasi ini Siswa dapat melihat/mendownload materi ajar, download dan mengirim tugas serta mengerjakan soal-soal ujian yang telah diaktifkan oleh guru Mata Pelajaran yang mengampunya. Setelah mengerjakan soal ujian siswa dapat langsung melihat hasinya sehingga siswa tidak merasa penasaran terkait berapa hasil/ nilai ujian yang baru saja dikerjakan. Jika nilai belum mencukupi KKM (Belum Lulus) maka siswa dapat menghubungi Guru mata pelajaran tersebut untuk melakukan perbaikan maupun ujian ulang.

Berikut langkah-langkah menggunakan aplikasi kelas dan ujian online
  1. Buka browser anda (Chrome, Mozila, Opera, dll)
  2. Ketikan alamat http://soal.wasito.zz.mu pada browser maka akan tampil halaman login seperti gambar  1
  3. Masukan Username dan Password yang telah diberikan oleh guru

Panduan ujian online siswa

Setelah Login maka akan tampil dashboard seperti gambar 2 dibawah yang terdiri menu Dashboard, Ujian, Tugas dan Materi.


Panduan ujian online siswa

Klik menu Materi untuk melihat materi ajar yang telah diberikan oleh guru mapel, kemudian klik atau download file materi yang ada untuk dapat dipelajari seperti terlihat pada gambar 3 dibawah

Panduan ujian online siswa

Untuk melihat Tugas yang ada, anda bisa klik menu Tugas sehingga akan tampil daftar tugas seperti gambar 4 dibawah. Anda bisa mendownload file tugas yang ada dan mengerjakanya di komputer maupun laptop sebelum mengirimkanya kembali.

Panduan ujian online siswa

Untuk melihat atau mengirim file tugas yang telah selesai dikerjakan anda bisa meng-klik Kirim/Lihat Tugas seperti gambar 5 dibawah ini.

Panduan ujian online siswa


Kemudian klik choose File untuk memilih atau mengambil file tugas yang ada di drive penyimpanan anda dan kemudian klik Submit untuk mengirimnya seperti yang terlihat pada gambar 6 dibawah.

Panduan ujian online siswa


Klik menu Ujian untuk melihat daftar ujian yang ada seperti gambar 7 dibawah, Kemudian klik tombol Ikuti Uijan untuk mengikuti ujian yang anda pilih/ yang ada.

Panduan ujian online siswa


Setelah anda meng-klik tombol Ikuti Ujian maka akan tampil seperti gambar 8 dibawah ini yang terdiri dari konfirmasi data anda, dan anda diminta memasukan TOKEN yang telah diberikan oleh guru anda untuk dapat mengerjakan saol-soal yang ada.

Panduan ujian online siswa

Jika token yang anda masukan benar, maka akan tampil soal-soal ujian seperti gambar 9 berikut.

Soal ujian akan ditampilkan perhalaman, untuk berpindah dari halaman satu ke halaman lainya anda bisa meng-klik tombol NEXT atau nomor pada navigasi soal di sebelah kanan

Panduan ujian online siswa

Jika soal sudah dikerjakan semua, anda bisa meng-klik tombol Selesai Ujian untuk mengakhiri ujian anda. Kemudian muncul jendela konfirmasi yang bertuliskan “Anda yakin akan mengakhiri ujian ini..?” seperti terlihat pada gambar 10, klik oke jika setuju dan klik cancel untuk membatalkan.

Panduan ujian online siswa


Jika anda meng-klik OK maka ujian telah diselesaikan dan anda langsung bisa melihat nilainya seperti gambar 11 dibawah ini.

Panduan ujian online siswa

Klik LOGOUT untuk keluar dari aplikasi, atau klik menu-menu lainya untuk melihat melanjutkan mengerjakan soal maupun tugas-tugas yang ada.

Demikian panduan singkat ini, semoga bermanfaat. Selamat Belajar.... J         

0 Response to "Panduan mengikuti Ujian Online untuk siswa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link-was-info

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel