Iklan-header

Bagaimana cara setting domain sendiri untuk blogspot ?

Bagaimana cara setting domain sendiri untuk blogspot
Setelah sekian lama menggunakan domain xxxx.blogspot.com akhirnya kepingin juga memiliki domain sendiri, dengan memiliki domain sendiri seperti namaku.com terlihat lebih serius dalam menangani/mengelola sebuah blog, dengan memiliki domain sendiri maka kita akan merasa sayang jika tidak mengelola blognya dengan baik walau hanya sederhana, ada beberapa petunjuk yang bisa dipelajari berkaitan dengan redirect blog kita ke domain sendiri.

Biasanya rumah hosting juga menyediakan tutorialnya ketika kita membeli domain pada rumah hosting. Kita bisa melakukuan pencarian atau searching pada mesin pencari dengan kata kunci "Mengarahkan blog ke domain sendiri" atau kata kunci lainya yang berkaitan dengan domain dan blog. Dari pada repot-repot mencari artikel setting domain sendiri untuk blogspot, berikut saya tuliskan cara setting domain sendiri untuk blog.

Blogger adalah layanan blog hosting yang disediakan oleh google. Default url yang diberikan google adalah namablog.blogspot.com namun kita juga bisa menggunakan domain dan hosting yang telah kita pesan sehingga lebih private. Caranya cukup mudah, anda bisa ikuti langkah-langkah berikut:

Setting di Blogspot

Silahkan anda login ke account blogspot anda, lalu klik tanda panah ke bawah pada blog yang ingin di setting, kemudian pilih menu setelan/setting. Terlihat seperti gambar berikut:
setelan blogspot
 Gambar 1

 Setelah itu anda akan dibawa ke halaman setelan. di bagian penerbitan, silahkan klik link tambahkan domain ubah dan sesuaikan seperti gambar dibawah:

setelan dasar blogspot

Gambar 2 

Di halaman selanjutnya silahkan masukkan nama domain misalnya www.namadomain.com kemudian klik link “petunjuk setelan” sesuai dengan gambar berikut ini:

memberikan nama domain

Gambar 3

Setelah itu akan muncul halaman panduan setting DNS

setting dns

Gambar 4

Silahkan membuat setting DNS sesuai dengan petunjuk diatas
Setting DNS yang harus dibuat ada dua yaitu A Records dan CNAME Records, Berikut Records yang harus dibuat

A Records :

Hostname
IP
TTL
@.namadomain.com
216.239.32.21
14400
@.namadomain.com
216.239.34.21
14400
@.namadomain.com
216.239.36.21
14400
@.namadomain.com
216.239.38.21
14400

CNAME Records :

Hostname
Canonical Name
TTL
www.namadomain.com
ghs.google.com
14400
4ME74TNZAIUA.namadomain.com
gv-TANE3GEW7JWX6DXQOTQFZQYQ34IELNFCS5QDUL5AAGQF
4GPWUHYQ.domainverify.googlehosted.com
14400

* Untuk CNAME Record yang kedua (4ME74TNZAIUA.namadomain.com) harus sesuai dengan panduan yang muncul pada gambar 4 diatas (yang digarisbawahi) sehingga setiap domain berbeda-beda.

Setelah semua setting DNS selesai, masuk kembali ke blogger.com dan seting kembali sesuai gambar berikut ini
pengalihan domain

Gambar 5

Jika sudah benar maka ketika klik tombol “Simpan” tidak ada pesan error yang muncul. Proses perubahan DNS memerlukan waktu propagasi antara 1-24 jam sehingga jika domain yang Anda setting custom ke blogspot belum bisa diakses kemungkinan proses propagasinya belum selesai dan tinggal menunggu saja.

0 Response to "Bagaimana cara setting domain sendiri untuk blogspot ?"

Post a Comment

Recent Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel