Artikel

Cara setting blogspot ke domain sendiri

0 Comments
Home
Artikel
Cara setting blogspot ke domain sendiri
Cara setting blogspot ke domain sendiri
Cara setting blogspot ke domain sendiri. Setelah sekian lama menggunakan domain xxxx.blogspot.com akhirnya kepingin juga memiliki domain sendiri, dengan memiliki domain sendiri seperti namaku.com, namamu.net, namakita.id, dll terlihat lebih serius dalam menangani/mengelola sebuah blog. Dengan memiliki domain sendiri maka kita akan merasa sayang jika tidak mengelola blognya dengan baik walau hanya sederhana. Ada beberapa petunjuk yang bisa dipelajari berkaitan dengan redirect blog kita ke domain sendiri.

Biasanya rumah hosting juga menyediakan tutorialnya untuk cara setting blogspot ke domain sendiri ketika kita membeli domain pada rumah hosting. Kita bisa melakukuan pencarian atau searching pada mesin pencari dengan kata kunci "Mengarahkan blog ke domain sendiri" atau "Cara setting blogspot ke domain sendiri" dan kata kunci lainya yang berkaitan dengan domain dan blog. Dari pada repot-repot mencari artikel cara setting setting blogspot ke domain sendiri, berikut saya tuliskan cara Setting blogspot ke domain sendiri dengan mudah untuk di ikuti.

Blogger adalah layanan blog hosting yang disediakan oleh google. Default url yang diberikan google adalah namablog.blogspot.com namun kita juga bisa menggunakan domain dan hosting yang telah kita pesan sehingga lebih private. Caranya cukup mudah, anda bisa ikuti langkah-langkah berikut:

Setting di Blogspot

Silahkan anda login ke account blogspot anda, lalu klik tanda panah ke bawah pada blog yang ingin di setting, kemudian pilih menu setelan/setting. Terlihat seperti gambar berikut:

Cara setting blogspot ke domain sendiri
Gambar 1

Setelah itu anda akan dibawa ke halaman setelan. di bagian penerbitan, silahkan klik link tambahkan domain ubah dan sesuaikan seperti gambar dibawah:

Cara setting blogspot ke domain sendiri
Gambar 2

Di halaman selanjutnya silahkan masukkan nama domain misalnya www.namadomain.com kemudian klik link “petunjuk setelan” sesuai dengan gambar berikut ini:

Cara setting blogspot ke domain sendiri
Gambar 3

Setelah itu akan muncul halaman panduan setting DNS

Cara setting blogspot ke domain sendiri
Gambar 4

Silahkan membuat setting DNS sesuai dengan petunjuk diatas

Setting DNS yang harus dibuat ada dua yaitu A Records dan CNAME Records, Berikut Records yang harus dibuat

Hostname IP TTL
@.namadomain.com 216.239.32.21 14400
@.namadomain.com 216.239.32.21 14400
@.namadomain.com 216.239.36.21 14400
@.namadomain.com 216.239.38.21 14400

CNAME Records :

Hostname Canonical Name TTL
www.namadomain.com ghs.google.com 14400
4ME74TNZAIUA.namadomain.com gv-TANE3GEW7JWX6DXQOTQFZQYQ34IEL NFCS5QDUL5AAGQF4GPWUHYQ. domainverify.googlehosted.com 14400

* Untuk CNAME Record yang kedua (4ME74TNZAIUA.namadomain.com) harus sesuai dengan panduan yang muncul pada gambar 4 diatas (yang digarisbawahi) sehingga setiap domain berbeda-beda.

Setelah semua setting DNS selesai, masuk kembali ke blogger.com dan seting kembali sesuai gambar berikut ini

Cara setting blogspot ke domain sendiri
Gambar 5

Jika sudah benar maka ketika klik tombol “Simpan” tidak ada pesan error yang muncul. Proses perubahan DNS memerlukan waktu propagasi antara 1-24 jam sehingga jika domain yang Anda setting custom ke blogspot belum bisa diakses kemungkinan proses propagasinya belum selesai dan tinggal menunggu saja. Demikian cara setting blogspot ke domain sendiri yang cukup mudah dilakukan.

No comments