Pendidikan Tugas-tugas

Penyusunan Laporan Best Practice PPG Daljab 2023

0 Comments
Home
Pendidikan
Tugas-tugas
Penyusunan Laporan Best Practice PPG Daljab 2023
Penyusunan Laporan Best Practice adalah salah satu tugas individu guru dalam melaksanakan PPG Dalam Jabatan. Pada penilisan Best Practice diberikan panduan sehingga peserta PPG memiliki rambu-rambu dalam penulisanya.

Pada tugas ini Anda diminta untuk menuliskan Laporan Best Practice tentang pembelajaran yang inovatif di SMK merupakan best practice berupa lesson learned dari kegiatan PPL PPG Daljab. Laporan ini berbentuk esai dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

Penyusunan Laporan Best Practice PPG Daljab 2023

Pilihlah salah satu pembelajaran inovatif yang Anda lakukan selama PPL PPG Daljab yang menurut Anda paling berhasil dalam aspek peningkatan proses dan hasil belajar siswa/i.

Deskripsikan pembelajaran tersebut dalam bentuk esai dengan salah satu rujukan menggunakan kerangka STAR (situasi-tantangan-aksi-refleksi) yang sesuai dengan kondisi riil di kelas. Sertakan argumentasi Anda bahwa pembelajaran yang dipilih merupakan best practice.

Format penulisan esai menggunakan font Times New Roman ukuran 12 dengan spasi 1.
Struktur penulisan esai terdiri dari:
  1. Judul
  2. Pendahuluan (berisi analisis situasi)
  3. Pembahasan (berisi tentang implikasi dari situasi yang dianalisis di pendahuluan yang meliputi tantangan, tindakan yang dilakukan dan refleksi)
  4. Kesimpulan ( berisi tentang rencana tindak lanjut
  5. Daftar Pustaka

Salah satu referensi Penulisan esai menggunakan prinsip STAR, mencakup hal-hal di bawah ini

Situasi

Mendeskripsikan: (1) hal hal yang benar benar terjadi selama proses pembelajaran( misalnya tentang keaktifan siswa dalam belajar, capaian kompetensi oleh siswa, kegiatan yang dilakukan guru, kendala, penghambat dan pendukung),(2) membandingkan dengan apa yang direncanakan dalam RPP, (3) menyimpulkan apa yang telah berhasil dan dengan yang belum berhasil.

Tantangan

Apa saja yang menjadi tantangan yang dihadapi guru dalam situasi yang telah dianalisis.

Aksi

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut, strategi apa yang digunakan, bagaimana prosesnya, apa saja sumber daya/materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi tersebut.

Refleksi

Refleksi hasil: bagaimana dampak dari aksi terhadap langkah-langkah yang dilakukan, apakah hasilnya efektif/tidak, mengapa dan bagaimana respon siswa terkait strategi yang dilakukan, apa yang menjadi faktor keberhasilan/ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan.

Contoh Penyusunan Laporan Best Practice PPG Daljab 2023 dapat di unduh pada link berikut ini:

Penyusunan Laporan Best Practice PPG Daljab 2023

No comments