Sekolah

Fitur Platform Merdeka Mengajar (PMM)

0 Comments
Home
Sekolah
Fitur Platform Merdeka Mengajar (PMM)
Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah platform edukasi yang di kembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) sebagai teman penggerak pendidik untuk mewujudkan profil pelajar pancasila.

Guru dapat mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan kurikulum merdeka berdasarkan referensi yang ada pada platform merdeka mengajar (PMM)

Dalam PMM terdapat fitur mengajar terdapat fitur Perangkat Ajar yang dapat di gunakan oleh guru dan Tenaga Kependidikan dalam mengembangkan diri.

Selain itu, juga terdapat fitur Asesmen Murid yang di kembangkan untuk membantu guru dan tenaga kependidikan melakukan analisis diagnostik terkait kemampuan peserta didik dalam literasi dan numerasi dengan cepat sehingga dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan peserta didik.

PMM merupakan sarana edukasi digital yang memiliki 3 fitur utama, diantaranya adalah

Kegiatan Belajar Mengajar



Pada fitur kegiatan belajar mengajar terdapat fitur Asesmen Murid, Perangkat Ajar, dan Capaian Pembelajaran (CP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Asesmen adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan dan pencapaian hasil belajar murid, yang hasilnya kemudian di gunakan sebagai bahan refleksi serta landasan untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Perangkat Ajar berisi Modul dan Bahan Ajar, Buku, dan Modul Projek setiap fase. Ada beberapa fase yang terdapat pada fitur ini, antara lain”

Fase Umum :

Fase Fondasi (Kelas PAUD),

Fase A (Kelas 1 – 2),

Fase B (Kelas 3 – 4),

Fase C (Kelas 5 – 6),

Fase D (Kelas 7 – 9),

Fase E (Kelas 10), dan

Fase F (kelas 11 – 12).

Fase SMK

Fase SMK terdiri dari

Fase E (Kelas 10 SMK), dan

Fase F (Kelas 11 dan 12 SMK)

Fase SLB

Fase Fondasi (Kelas PAUD),

Fase A (Kelas 1 – 2 Usia mental -+ 7 tahun),

Fase B (Kelas 3 – 4 Usia mental -+ 8 tahun),

Fase C (Kelas 5 – 6 Usia mental -+ 8 tahun),

Fase D (Kelas 7 – 9 Usia mental -+ 9 tahun),

Fase E (Kelas 10 Usia mental -+ 10 tahun), dan

Fase F (kelas 11 – 12 Usia mental -+ 10 tahun).

Fase Kesetaraan

Paket A - Fase A (Kelas 1 – 2),

paket A - Fase B (Kelas 3 – 4),

Paket A - Fase C (Kelas 5 – 6),

Paket B - Fase D (Kelas 7 – 9),

Paket C - Fase E (Kelas 10), dan

Paket C - Fase F (kelas 11 – 12).

Capaian Pembelajaran (CP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) terdiri dari berbagai jenjang, mulai dari PAUD, SD – SMA, SMK, SLB dan Kesetaraan. Sedangkan untuk mata pelajaran terdiri dari semua mata pelajaran untuk jenjang tersebut.

Pengembangan Diri


Fitur Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Fitur pengembangan diri terdiri dari Pelatihan Mandiri, Komunitas, Seleksi Kepala Sekolah, Refleksi Kompetensi. Untuk masing-masing fitur ini bisa lanjut baca di Fitur Pengembangan diri pada PMM

Mencari dan Berbagi Inspirasi

Fitur Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Pada fitur mencari dan berbagi inspirasi terdapat fitur Video Inspirasi dan Bukti Karya. Untuk fitur ini bisa di baca pada Fitur Mencari dan Berbagi Inspirasi pada PMM

Demikian 3 fitur utama pada Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebagai platform edukasi yang dapat di pelajari secara mandiri oleh pendidik.

Sumber: Platform Merdeka Mengajar Kemdikbud

No comments