Pendidikan Sekolah

Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) TBKR - Teknik Bodi Kendaraan Ringan

0 Comments
Home
Pendidikan
Sekolah
Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) TBKR - Teknik Bodi Kendaraan Ringan
Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) TBKR - Teknik Bodi Kendaraan Ringan - Kurikulum Merdeka SMK Kelas 11. Materi pada kelas 11 atau Fase F merupakan Konsentrasi Keahlian pada bidang TBKR - Teknik Bodi Kendaraan Ringan. Pada Fase F ini juga di pelajari di kelas 11 dan 12.

Pemerintah telah menyiapkan bahan ajar Kurikulum Merdeka SMK untuk semua jurusan yang bisa didapatkan di website milik kurikulum kemdikbud. Pada blog ini hanya sekedar contoh ATP TBKR - Teknik Bodi Kendaraan Ringan yang dapat dijadikan referensi oleh guru yang sekolahnya melaksanakan Kurikulum Merdeka


Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) TBKR - Teknik Bodi Kendaraan Ringan

Perangkat ajar Kurikulum Merdeka yang disediakan pemerintah antara lain Buku teks dan buku non-teks, contoh-contoh modul ajar, alur tujuan pembelajaran (ATP), contoh projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh kurikulum operasional satuan pendidikan

Berikut contoh Alur Tujuan Pembelajaran ATP TBKR Teknik Bodi Kendaraan Ringan

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN


NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI INDONESIA
BIDANG KEAHLIAN : TEKNOLOGI DAN REKAYASA
KOMPETENSI KEAHLIAN : TEKNIK BODI KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF
MATA PELAJARAN : KEJURUAN TEKNIK OTOMOTIF
DURASI : ……. JP @ 45 MENIT
TAHUN PELAJARAN : 2022-2023
FASE : F

RASIONAL DAN KONTEKS

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) ini disusun dengan asumsi bahwa peserta didik sudah melewati Capaian Pembelajaran pada Fase E Dasar-dasar Otomotif dan di sekolah tersedia peralatan yang dapat dipergunakan oleh Peserta didik, baik secara individu maupun berkelompok untuk mendukung pembelajaran Konsentrasi Keahlian Teknik Bodi Kendaraan Ringan (KKTBKR). Mengingat bahwa pelajaran ini berkaitan langsung dengan perkembangan teknologi otomotif yang sangat pesat, maka materi yang disusun ini dirancang sedemikian rupa agar peserta didik dapat mempelajari dengan mudah dan tidak mengalami kesulitan.

TUJUAN PEMBELAJARAN

Dalam menentukan ATP disesuaikan dengan Ketersediaan alat dan bahan, Sumber Daya Manusia (SDM) antara peserta didik dan tenaga pendidik /kependidikan serta disesuaikan kebutuhan Industri Dunia Usaha Dunia Kerja (IDUKA) dan waktu proses Pembelajaran. Hubungan antara Elemen, Deskripsi, Capaian Pembelajaran dan tujuan Pembelajaran KKTBKRO sebagai berikut :

Elemen

Panel Bodi dan Rangka

Capaian Pembelajaran

Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami klasifikasi konstruksi bodi kendaraan, menganalisis efek tumbukan, menerapkan prosedur estimasi kerusakan bodi kendaraan. menerapkan pelepasan, pemasangan dan perbaikan ringan panel bodi, pintu, fender, perbaikan panel tertutup

prosedur pengelasan pada panel, menerapkan prosedur penyambungan panel dengan teknik pengelasan

mengevaluasi penggantian dan pengukuran dimensi panel utama; melakukan proses perataan panel dengan dempul

merancang dan membuat panel dari bahan baja dan fiberglass atau bahan lain (gambar teknik manual atau CAD Computer Aided Design, melakukan proses perbaikan panel dari bahan baja dan fiberglass atau bahan lain.

Semua pekerjaan dilakukan dengan Prosedur Operasional Standar (POS) yang tepat. Penerapan K3LH dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai jenis pekerjaan.

Elemen

Kelistrikan Bodi dan Aksessoris

Pada akhir fase F, peserta didik mampu menganalisa gangguan pada sistem lampu otomotif, gangguan pada power window, gangguan pada central lock, gangguan pada sistem wiper, gangguan pengaturan mirror, gangguan pengaturan sunroof, mengevaluasi kinerja kelistrikan bodi

pelepasan dan pemasangan pelindung/moulding, pelepasan dan pemasangan sticker/wrapping, pelepasan dan pemasangan spoiler, pemasangan body kit, penerapan hiasan trim. Semua pekerjaan dilakukan dengan Prosedur Operasional Standar (POS) yang tepat.

Penerapan K3LH dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai jenis pekerjaan.

Contoh lengkap Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) Dasar-dasar Teknik Pemesinan - Frais bisa di unduh di SINI

No comments