Home
Artikel
Sekolah
Amanat Pembina Upacara Hari Senin
Amanat Pembina Upacara hari senin bisa menyampaikan beberapa informasi terkait dengan program sekolah, tata tertib sekolah, dan hal lain terkait dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Pada contoh amanat Pembina upacara hari senin di bawah ini adalah penyampaian tentang pentingnya melakukan Kunjungan Industri bagi Sekolah Menengan Kejuruan (SMK), oleh karena itu hampir setiap SMK memiliki program Kunjungan Industri.

Amanat Pembina Upacara hari senin

Berikut ini contoh amanat Pembina upacara hari senin yang pernah kami sampaikan

Bismillahirohmanirrohim
Assalamu’alaikum wr.wb
Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua

Yang kami hormati bapak kepala sekolah
Yang saya hormati bapak/ibu dewan guru beserta staf dan karyawan, dan
Yang saya banggakan siswa siswi SMKN 1 SUKA

Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa syukur kehadirat allah tuhan yang maha esa, yang mana telah memberikan nikmat kepada kita semua, terutama nikmat sehat sehingga kita bisa melaksanakan rutinitas kita, salah satunya yaitu melaksanakan upacara bendera pada pagi ini.

Kedua kalinya sholawat serta salam marilah kita haturkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, yang kita nanti-nantikan safa’atnya di yaumil akhir nanti. Ammin ya robal ‘alamin.

Anak-anak yang saya banggakan, sebelum saya menyampaikan amanat pada upacara pagi ini, saya ingin mengucapkan terimakasih kepada petugas upacara yang sudah melaksanakan tugasnya dengan baik, semoga hal yang baik ini bisa dipertahankan dan harapanya untuk petugas upacara yang akan datang bisa lebih baik lagi. Aamiin

Anak-anak yang saya banggakan, pada upacara senin yang lalu telah disampaikan bahwa sekolah kita memiliki program kegiatan yang penting, diantaranya adalah Kunjungan Industri (KI) dan Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas Kembali, seberapa pentingkah Kunjungan Industri (KI) dan Praktik Kerja Lapangan (PKL) tersebut?

Kita adalah SMK, yang mana output atau lulusan dari SMK salah satunya adalah siap bekerja, oleh karena itu Kunjungan Industri dan PKL merupakan salah satu komponen penting untuk mengenalkan kita kepada industry/ perusahaan mitra kita.

Kunjungan industry merupakan kegiatan mengunjungi industry/ perusahaan dengan tujuan agar anda dapat melihat langsung budaya kerja di industry. Selain itu, dengan kita berkunjung ke industry, kita akan tahu kompetensi apa yang di butuhkan di industry tersebut, sehingga kita dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi persaingan masuk ke dunia kerja.

Jadi, kunjungan industry bukan hanya sekedar jalan-jalan tetapi poin penting kita melaksanakan kunjungan industry adalah melihat secara langsung budaya kerja di industry dan mengetahui kompetensi apa yang dibutuhkan untuk bekerja di industry tersebut.

Oleh karena itu, kami berharap ketika nanti kita melakukan kunjungan industry kalian telah mempersiapkan beberapa pertanyaan kepada pihak industry, contohnya adalah:
  • Kompetensi apa yang di butuhkan untuk bisa bekerja di perusahaan ini?
  • Bagaimana jenjang karir dalam perusahaan ini?
  • Dan sebagainya

Selain itu, Kunjungan industry bisa menjadi pengalaman yang berharga bagi anda semua, karena sesuai dengan rencana kita melakukan kunjungan ke beberapa industry yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya, maka anda akan mendapatkan pengalaman diantaranya adalah:
  1. Melakukan perjaanan jauh menggunakan Bis Pariwisata
  2. Naik kapal ferry (kapal besar)
  3. Menginap di hotel
  4. Menikmati suasana jogja
  5. Dan lain sebagainya.

Saya yakin, diantara anda semua pasti ada yang belum pernah naik kapal ferry, apalagi menginap di hotel.

Coba saya tanya, apakah sudah ada yang pernah menginap diotel?

Nah, oleh karena itu Kunjungan industry ini merupakan momen yang akan sangat berharga bagi hidup kalian, momen ini akan terekam dalam memory anda sampai tuan nanti, dan bisa menjadi bahan cerita untuk keluarga anda nantinya.

Maka dari itu, kesempatan Kunjungan Industri (KI) ini jangan di sia-siakan, karena bisa saja momen itu akan menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi anda.

Selain Kunjungan Industri, Program sekolah yang penting lainya adalah Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan juga Uji Kompetensi (Ukom). Untuk program PKL dan Ukom ini akan saya bahas di lain kesempatan, tetapi sekilas inti dari program PKL adalah untuk ilmu dan keterampilan yang anda pelajari di sekolah untuk di praktikan secara nyata di industry, oleh karena itu bagi siswa kelas XI yang sebentar lagi melakukan PKL agar dapat menyiapkan diri sebaik mungkin.

Gunakan momen PKL untuk menunjukan bahwa diri anda memiliki karakter yang baik, etos kerja yang tinggi serta kompeten pada jurusan anda. Gunakan momen PKL untuk melakukan PDKT sehingga pihak perusahaan tertarik dengan anda. Ketika pihak perusahaan tertarik dengan anda, saya yakin jika ada lowongan kerja pada perusahaan tersebut maka anda adalah orang yang cocok untuk mengisi lowongan kerja tersebut.

Demikian amanat yang bisa saya sampaikan pada pagi ini, semoga apa yang telah saya sampaikan bisa menjadikan gambaran dan pembelajaran kedepanya.

Saya akhiri,Wassalamu’alaikum.wr.wb

No comments